Banyak Negara Minta Tesla Berinvestasi, 'Elon Musk' Kepincut dan Mantap Pilih Indonesia

Oleh : Candra Mata | Jumat, 05 Februari 2021 - 21:21 WIB

Box penyimpanan listrik milik Tesla (foto Ist)
Box penyimpanan listrik milik Tesla (foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah mengungkapkan fakta menarik bahwa Tesla inc perusahaan milik orang terkaya sejagat Elon Musk sebenarnya menjadi rebutan banyak negara dan bukan hanya indonesia.

Negara seperti Thailand dan India juga berlomba-lomba meng-approach produsen mobil listrik ini agar dapat membenamkan modalnya.

"Mereka (Tesla), sebenarnya dari sisi permintaan dengan negara lain sudah sangat tinggi. Namun mereka ingin kerja sama dengan Indonesia," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto kepada media secara virtual di Jakarta Jumat (5/2/2021).

Kepastian kerjasama tersebut menurut Seto sebagaimana tertuang dalam isi proposal Non-Disclosure Agreement (NDA) dari Tesla Inc yang telah diterima pemerintah RI pada Kamis kemarin.

Tesla menilai cadangan nikel yang dimiliki Indonesia sangat besar. 

Selain itu sumber daya energi baru terbarukan juga berlimpah, hal ini juga menjadi alasan kuat bagi sang CEO Elon Musk memilih indonesia.

Menurut Seto, Tesla sendiri akan segera membangun sebuah proyek energy storage system (ESS) atau sejenis power bank berkapasitas besar yang bisa menyimpan tenaga listrik besar hingga puluhan mega watt, bahkan hingga 100 MW.

"Mereka sampaikan ke kita mau kerja sama dengan Indonesia dengan negara kepulauan potensi EBT, mereka bisa kombinasikan teknologi ESS di Indonesia, Ini lagi dipelajari studinya. Mereka mencontohkan kesuksesan di Australia," jelasnya.

Namun Seto tidak merinci berapa nilai inveatasi Tesla dalam membangun proyek ESS di Indonesia. Sementara di Australia, proyek pembangunan power bank raksasa Tesla tersebut bernilai AUD 550 juta atau setara Rp 5,6 triliun. Namun, nilai untuk baterainya sendiri perseroan enggan mempublikasikan.

Sementara itu, terkait rincian kerjasama, Seto menyatakan kedua belah pihak akan bertemu pekan depan.

"Minggu depan kita akan diskusi langsung dengan mereka (Tesla inc-red) secara virtual dengan melibatkan Antam dan Inalum," pungkas Seto.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

sumber : pinterest.com

Senin, 12 April 2021 - 14:01 WIB

Catat ya Kaum Hawa, Ada 5 Merk Sheet Mask yang Bikin Wajahmu Cerah dan Kenyal, Cocok untuk Semua Jenis Kulit!

Jakarta-Beberapa tahun kebelakang memiliki wajah glowing bak artis Korea memang menjadi impian banyak perempuan. Tapi mungkin, saat ini menjadi glowing bukan lagi impian para kaum hawa.

Pencuri Ikan Ilegal

Senin, 12 April 2021 - 13:58 WIB

Ya Ampun, 43 Nelayan RI Ditangkap Otoritas Thailand! DPR Desak Pemerintah Bantu Pembebasan

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin meminta pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan…

Di usia ke 60 Tahun, Gubernur Anies Berharap Bank DKI Terus Berinovasi

Senin, 12 April 2021 - 13:41 WIB

Bank DKI Berusia 60 tahun, Gubernur Anies: Saya Sangat Mengapresiasi Kinerja Bank DKI, Selamat!

Jakarta – Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang genap berusia 60 tahun diharapkan dapat terus berinovasi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada…

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang

Senin, 12 April 2021 - 13:30 WIB

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang Berkolaborasi dengan Ayang Cempaka

Thermos, produsen global dan pelopor produk wadah insulasi vakum inovatif dan berteknologi tinggi, kembali memperkenalkan botol minuman terbarunya dengan tema tokoh Legenda Wayang Indonesia…

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso

Senin, 12 April 2021 - 12:55 WIB

Raih 7 Penghargaan dalam Sepekan, Sunarso Dipuji Habis Menteri BUMN RI Pertama: Pencapaian Luar Biasa, CEO Bank BRI Tidak Diragukan Lagi...

Direktur Utama BRI Sunarso diganjar dua penghargaan sekaligus sebagai The Best CEO dan juga sebagai CEO Strategic Orientation Terbaik. Penghargaan diberikan kepada BRI berdasarkan hasil penilaian…