Banyak Negara Minta Tesla Berinvestasi, 'Elon Musk' Kepincut dan Mantap Pilih Indonesia

Oleh : Candra Mata | Jumat, 05 Februari 2021 - 21:21 WIB

Box penyimpanan listrik milik Tesla (foto Ist)
Box penyimpanan listrik milik Tesla (foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah mengungkapkan fakta menarik bahwa Tesla inc perusahaan milik orang terkaya sejagat Elon Musk sebenarnya menjadi rebutan banyak negara dan bukan hanya indonesia.

Negara seperti Thailand dan India juga berlomba-lomba meng-approach produsen mobil listrik ini agar dapat membenamkan modalnya.

"Mereka (Tesla), sebenarnya dari sisi permintaan dengan negara lain sudah sangat tinggi. Namun mereka ingin kerja sama dengan Indonesia," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto kepada media secara virtual di Jakarta Jumat (5/2/2021).

Kepastian kerjasama tersebut menurut Seto sebagaimana tertuang dalam isi proposal Non-Disclosure Agreement (NDA) dari Tesla Inc yang telah diterima pemerintah RI pada Kamis kemarin.

Tesla menilai cadangan nikel yang dimiliki Indonesia sangat besar. 

Selain itu sumber daya energi baru terbarukan juga berlimpah, hal ini juga menjadi alasan kuat bagi sang CEO Elon Musk memilih indonesia.

Menurut Seto, Tesla sendiri akan segera membangun sebuah proyek energy storage system (ESS) atau sejenis power bank berkapasitas besar yang bisa menyimpan tenaga listrik besar hingga puluhan mega watt, bahkan hingga 100 MW.

"Mereka sampaikan ke kita mau kerja sama dengan Indonesia dengan negara kepulauan potensi EBT, mereka bisa kombinasikan teknologi ESS di Indonesia, Ini lagi dipelajari studinya. Mereka mencontohkan kesuksesan di Australia," jelasnya.

Namun Seto tidak merinci berapa nilai inveatasi Tesla dalam membangun proyek ESS di Indonesia. Sementara di Australia, proyek pembangunan power bank raksasa Tesla tersebut bernilai AUD 550 juta atau setara Rp 5,6 triliun. Namun, nilai untuk baterainya sendiri perseroan enggan mempublikasikan.

Sementara itu, terkait rincian kerjasama, Seto menyatakan kedua belah pihak akan bertemu pekan depan.

"Minggu depan kita akan diskusi langsung dengan mereka (Tesla inc-red) secara virtual dengan melibatkan Antam dan Inalum," pungkas Seto.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:22 WIB

Menperin Agus Pastikan Industri Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat di Masa PPKM Darurat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri (KI) tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…