Aprindo Terang-terangan Tolak Penerapan Lockdwon: RI Engga Cocok Terapkan Lockdown, Justru Akan Matikan Ekonomi Daerah

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Februari 2021 - 13:05 WIB

Mall Ilustrasi
Mall Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey menyatakan keberatan atau tidak setuju dengan wacana Penerapan lockdown atau karantina wilayah.

Menurutnya, hal ini justru akan mematikan pergerakan ekonomi daerah. 

"Lockdown total itu nggak mungkin di Indonesia dengan penduduk 270 juta jiwa. Jerman berhasil karena luas wilayahnya kecil tidak seperti Indonesia," katanya di Jakarta (4/2/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, lockdown parsial atau lockdown akhir pekan ini jelas akan mematikan pergerakan ekonomi. Jika dilihat penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang membatasi jam operasi pelaku usaha juga tidak efektif. 

Jadi, menurut Roy ini masalahnya bukan berada di ritel atau mal, tapi masalah kedisiplinan masyarakat.

Jadi kalau ditanya napasnya peritel sampai kapan? Menurut Roy saat ini pelaku usaha masih bisa berjalan selagi toko atau mal masih diperbolehkan buka hingga pukul 8.00 malam.

"Kalau bisa ditingkatkan sampai jam 9 itu lebih bagus, tentunya kita masih punya napas selagi situasi dan kondisi keputusan yang diambil pemerintah masih melihat kepentingan pelaku usaha," jelas Roy.

"Kalau masih boleh buka dan pengetatan mikro masih bisa jalan, ya lebih dari 6 bulan nafas kita masih bisa bertahan. Saat ini sudah dalam takaran memprihatinkan sudah jelas ada PHK yang berkelanjutan," tutupnya.

Penerapan lockdown atau karantina wilayah mulai digaungkan pimpinan daerah melihat angka penyebaran Covid -19 yang meningkat. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang akan menutup seluruh tempat wisata dan pasar di Jawa Tengah pada 6-7 Februari 2021.

Selain itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga akan mengkaji opsi lockdown akhir pekan dalam penanganan pandemi.

Awalnya usulan ini disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR Ri dari Fraksi Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay, usai pernyataan presiden yang menganggap Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak efektif. Sehingga ingin memadukan PSBB atau PPKM dengan apa yang disebut lockdown akhir pekan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…