Luar Biasa Dahsyat! Sandi Siapkan Uang Rp3 Triliun, 60 Ribu Pelaku UMKM Bakal Diguyur Bantuan Rp50 Juta

Oleh : Candra Mata | Rabu, 03 Februari 2021 - 16:13 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan akan mengucurkan bantuan kredit sebesar Rp50 juta kepada 60 ribu pelaku UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Bantuan ini menurutnya sebagai upaya pemerintah dalam membantu pelaku UMKM agar dapat tetap bertahan menghadapi masa pandemi Covid-19.

Sandi menyatakan pada tahap awal, dana sebesar Rp3 triliun akan disalurkan kepada 60 ribu pelaku usaha.

"Bantuan kredit ini merupakan program Kredit Pemilihan Parekraf (KPP) yang sudah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Skema pembiayaan ini diharapkan bermanfaat bagi UMKM parekraf agar mereka dapat bangkit dari pandemi Covid-19 dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandi seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Rabu (3/2/2021) saat menerima kunjungan pengurus HIPMI.

Saat ini, dikatakannya lebih lanjut, kemanprekraf juga sedang menyiapkan sejumlah skema pembiayaan murah dan cepat bagi para pelaku UMKM parekraf.

Di antaranya, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor parekraf yang akan tetal dilanjutkan pada tahun ini. 

Sandi juga akan memanfaatkan skema kredit sosial, yaitu lewat bank wakaf mikro untuk memulihkan sektor parekraf.

Semua program tersebut paparnya akan ditargetkan bisa mulai dilaksanakan pada 1 hingga 3 bulan ke depan. 

Sandi berharap, sederet program pembiayaan pemulihan sektor parekraf itu bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Karena melihat bahwa ini salah satu cara kita untuk mendorong pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang notabene menjadi sumber mata pencaharian bagi 34 juta masyarakat Indonesia yang bergantung pada sektor parekraf," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk terus bersama-sama membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

"Sebagai mantan Ketua Umum HIPMI, saya senang sekali kedatangan adik-adik saya, anak-anak muda penuh semangat yang siap untuk berkolaborasi menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ucapnya.

"Teruslah semangat, tebar optimisme kepada teman-teman pelaku parekraf. Jaman sekarang bukan lagi jaman kompetisi, tetapi jamannya kolaborasi. Sukses HIPMI, pengusaha pejuang, pejuang pengusaha!," pungkas Sandi.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming mengaku senang mendengar program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno untuk memberikan bantuan kredit sebesar Rp50 juta kepada pelaku UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor prioritas sehingga perlu didorong.

"Pak Sandi, HIPMI mengapresiasi program Kemenparekraf yang akan mengucurkan bantuan kredit sebesar Rp50 juta kepada pelaku UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, total skema pembiayaan bisa mencapai Rp3 triliun akan disalurkan kepada 60 ribu pelaku usaha," papar Maming.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Daniel Hermansyah, CEO Kopi Chuseyo

Senin, 12 April 2021 - 14:45 WIB

Kopi Chuseyo Hadirkan Menu Baru Hingga Promo Spesial

Gandeng Chef William Gozali (Willgoz) Juara MasterChef Indonesia season 3 dan kolaborasi dengan JOOX, Kopi Chuseyo tawarkan menu terbaru Korean Beef Bowl ala Chef Willgoz dan rilis promo VIP…

Inovasi mahasiswa Institut Teknologi Indonesi (foto ANTARA)

Senin, 12 April 2021 - 14:25 WIB

Komisi VII Dorong ITI Bermitra dengan Industri Nasional

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendorong Institut Teknologi Indonesia (ITI) untuk bermitra dengan dunia industri nasional. Menurutnya, ITI telah memnuhi syarat sumber daya manusia…

Makan malam Keluarga Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Senin, 12 April 2021 - 14:25 WIB

Unggah Potret Bareng Keluarga, Anies: Bahagia Itu Sederhana! Netizen: Aku yang di Mexico Senang Melihatnya...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banjir apresiasi usai mengunggah sejumlah potret makan malam bersama keluarga di akhir pekan. "Kebahagiaan itu sederhana. Makan malam bersama sekeluarga.…

Anubis digadang – gadang oleh banyak pihak akan menjadi kendaraan listrik roda dua favorit generasi milenial

Senin, 12 April 2021 - 14:23 WIB

Dahsyat, Baran Energy Luncurkan Anubis, Sepeda Motor Listrik Bergaya Adventure Futuristic

Bogor – Baran Energy, salah satu perusahaan baterai listrik dan otomotif terdepan dan terinovatif di Indonesia, Senin (12/4/21), bertempat di Sirkuit Sentul, Bogor, secara resmi meluncurkan…

BSD City TOD

Senin, 12 April 2021 - 14:20 WIB

Mantap! Mitsubishi Corporation dan BSD City Bangun Proyek TOD Senilai Rp2 Triliun

Lebih dari sekedar TOD, proyek tersebut akan menjadi pengembangan pertama di Jabodetabek yang akan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi sekaligus. Proyek ini merupakan proyek pertama…