Luar Biasa Dahsyat! Sandi Siapkan Uang Rp3 Triliun, 60 Ribu Pelaku UMKM Bakal Diguyur Bantuan Rp50 Juta

Oleh : Candra Mata | Rabu, 03 Februari 2021 - 16:13 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan akan mengucurkan bantuan kredit sebesar Rp50 juta kepada 60 ribu pelaku UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Bantuan ini menurutnya sebagai upaya pemerintah dalam membantu pelaku UMKM agar dapat tetap bertahan menghadapi masa pandemi Covid-19.

Sandi menyatakan pada tahap awal, dana sebesar Rp3 triliun akan disalurkan kepada 60 ribu pelaku usaha.

"Bantuan kredit ini merupakan program Kredit Pemilihan Parekraf (KPP) yang sudah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Skema pembiayaan ini diharapkan bermanfaat bagi UMKM parekraf agar mereka dapat bangkit dari pandemi Covid-19 dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandi seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Rabu (3/2/2021) saat menerima kunjungan pengurus HIPMI.

Saat ini, dikatakannya lebih lanjut, kemanprekraf juga sedang menyiapkan sejumlah skema pembiayaan murah dan cepat bagi para pelaku UMKM parekraf.

Di antaranya, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor parekraf yang akan tetal dilanjutkan pada tahun ini. 

Sandi juga akan memanfaatkan skema kredit sosial, yaitu lewat bank wakaf mikro untuk memulihkan sektor parekraf.

Semua program tersebut paparnya akan ditargetkan bisa mulai dilaksanakan pada 1 hingga 3 bulan ke depan. 

Sandi berharap, sederet program pembiayaan pemulihan sektor parekraf itu bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Karena melihat bahwa ini salah satu cara kita untuk mendorong pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang notabene menjadi sumber mata pencaharian bagi 34 juta masyarakat Indonesia yang bergantung pada sektor parekraf," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk terus bersama-sama membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

"Sebagai mantan Ketua Umum HIPMI, saya senang sekali kedatangan adik-adik saya, anak-anak muda penuh semangat yang siap untuk berkolaborasi menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ucapnya.

"Teruslah semangat, tebar optimisme kepada teman-teman pelaku parekraf. Jaman sekarang bukan lagi jaman kompetisi, tetapi jamannya kolaborasi. Sukses HIPMI, pengusaha pejuang, pejuang pengusaha!," pungkas Sandi.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming mengaku senang mendengar program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno untuk memberikan bantuan kredit sebesar Rp50 juta kepada pelaku UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor prioritas sehingga perlu didorong.

"Pak Sandi, HIPMI mengapresiasi program Kemenparekraf yang akan mengucurkan bantuan kredit sebesar Rp50 juta kepada pelaku UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, total skema pembiayaan bisa mencapai Rp3 triliun akan disalurkan kepada 60 ribu pelaku usaha," papar Maming.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia