Harga Kedelai Diperkirakan Naik, Harga Tahu dan Tempe Bisa Naik Lagi

Oleh : Kormen Barus | Senin, 01 Februari 2021 - 07:41 WIB

IKM Tahu Tempe
IKM Tahu Tempe

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperkirakan harga kedelai impor pada Februari akan berkisar Rp 9.500 per kg di tingkat pengrajin tahu dan tempe. Angka ini meningkat dari harga saat ini yang sekitar Rp 9.100 hingga Rp 9.200 per kg.

Kemendag pun mengatakan bisa terjadi penyesuaian harga tahu dan tempe kembali. Harga tahu akan disesuaikan menjadi sekitar Rp 650 per potong dari sebelumnya Rp 600 per potong, dan harga tempe disesuaikan menjadi sekitar Rp 16.000 per kg dari sebelumnya Rp 15.000 per kg.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menjelaskan, penyesuaian harga tahu dan tempe ini ini tak terlepas dari kenaikan harga kedelai. Apalagi, kedelai memberikan kontribusi yang cukup besar sebagai bahan baku produksi tahu dan tempe. 

"Penyesuaian harga tahu dan tempe di pasar merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Sebabnya, mayoritas kebutuhan kedelai Indonesia masih dipenuhi melalui impor dan dipengaruhi pergerakan harga kedelai dunia yang berdampak pada harga bahan baku kedelai untuk tahu dan tempe di Indonesia,” ujar Syailendra  dalam keterangan tertulis, Minggu (31/1), seperti dikutip dari KONTAN.CO.ID.

 Adapun, sejak paruh kedua tahun 2020 hingga akhir 2020, harga kedelai dunia meningkat 30% dari sebelumnya. Kenaikan tersebut membuat harga tahu dan tempe di pasar turut mengalami kenaikan rata-rata 20%.     

Berdasarkan Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia pada Desember 2020 masih sebesar US$ 13,12/bushels untuk penyediaan pada Januari 2021. Pada saat ini, harganya telah naik 4,42% menjadi US$ 13,7/bushels untuk penyediaan kedelai pada Februari. Namun, harga kedelai dunia diharapkan dapat segera menurun pada periode selanjutnya.

Meski terjadi kenaikan harga kedelai impor, Syailendra menegaskan, hingga saat ini pasokan kedelai masih cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional. Pengrajin tahu dan tempe pun dijamin akan terus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut, Kemendag memastikan akan memantau dan mengevaluasi pergerakan harga kedelai dunia baik ketika terjadi penurunan dan kenaikan harga. Hal ini untuk memastikan harga kedelai di tingkat pengrajin tahu dan tempe serta harga tahu dan tempe di pasar masih pada tingkat wajar.

Syailendra pun meminta importir yang memiliki stok kedelai terus memasok kedelai secara kontinu kepada pengrajin tahu dan tempe Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo), baik di Puskopti provinsi maupun Kopti kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Diharapkan produksi tahu dan tempe tetap terus berjalan dan masyarakat masih tetap mendapatkan tahu dan tempe dengan harga terjangkau,” katanya. KONTAN.CO.ID

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…