Mufti Anam 'Tegor' PT Semen Indonesia: Semen Asing Mulai Mengancam, Jangan Lengah! 

Oleh : Candra Mata | Minggu, 31 Januari 2021 - 12:11 WIB

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - (SIG)
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - (SIG)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam saat berkunjung kepabrik PT Semen Indonesia di Narogong Jawa Barat baru-baru ini mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini telah bekerja luar biasa dengan berhasil menghasilkan laba hingga Rp 1,5 triliun pada kuartal I tahun 2021. 

Namun demikian, ia meminta agar perusahaan pelat merah ini tidak mudah terbuai dengan pencapaiannya serta tidak lengah dalam menghadapi persaingan industri saat ini.

PT Semen Indonesia diminta harus cermat dalam membaca landscape perkembangan industri semen di Indonesia, sehingga tidak menyadari kehadiran perusahaan asing yang mulai mengancam.

“Tentu kami melihat PT. Semen Indonesia ini kurang cermat dalam melihat landscape dari perkembangan industri semen di Indonesia dengan masuknya beberapa industri semen asing. Kalau kita lihat mungkin kecil-kecil. Mereka hanya mengambil 1-2 persen pasar. Tapi kalau kita jumlahkan dari beberapa competitor industry, semen ini ada sekitar 15 persen yang bergerak di situ, ujarnya dalam keterangan tertulis dilansir redaksi Industry.co.id pada Minggu (31/1/2021).

Politisi PDI-Perjuangan ini juga menyatakan, 15 persen saham yang bergerak dalam industri semen ini merupakan potensi yang seharusnya dapat dikuasai juga oleh PT Semen Indonesia. 

Untuk itu ia berharap PT Semen Indonesia segera menyiapkan perencanaan semisal membentuk jenis usaha secondline untuk dapat mempertahankan pasar.

“Kami ingin mereka memiliki usaha secondline agar mereka bisa merebut pasar seperti strategi yang dilakukan beberapa perusahaan bumn lainnya," ujar Mufti Anam.

"Mereka harus pasang strategi dengan menciptakan produk yang dapat bersaing untuk menyibukkan kompetitor serta mengambil pasar mereka,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Resmikan Lanal Saumlaki Tanimbar Maluku

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan…

Batalyon Polisi Militer 1 Marinir Cilandak Jakarta

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:40 WIB

Yonpom 1 Marinir Cilandak Laksanakan Apel Organik Satuan

Dalam rangka menjelang dilaksanakannya latihan pasukan pendarat (Latpasrat) dan mengecek kesiapan tempur satuan, Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar) mengelar Apel organik satuan…

Prajurit Kompi Dragon Yonif 3 Marinir

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:20 WIB

Prajurit Kompi Dragon Yonif 3 Marinir Laksanakan Latihan Evakuasi Medis Lapangan

Dalam rangka lanjutan latihan Pembinaan Satuan Batalyon Infanteri 3 Marinir, Prajurit Kompi Latihan Dragon melaksanakan evakuasi medis lapangan di Bhumi Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.…

Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. Radito Soesanto,Sp.THT-KL, Sp.KL

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:00 WIB

Kepala RSPAL dr. Ramelan Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Kafaskes TNI AL Wilayah Surabaya

Dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di Surabaya yang tengah meningkat tajam, Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. Radito Soesanto,Sp.THT-KL,…

Kogartap I /Jakarta

Jumat, 18 Juni 2021 - 04:30 WIB

Kogartap I Jakarta dan Satpol PP Pemprov DKI Jakarta Tingkatkan Kebersamaan

Kepala Staf Komando Garnisun Tetap (Kas Kogartap) I/Jakarta, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P. menerima kunjungan dan silaturahmi dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat…