Rumah Sakit Tolong Catat! Kondisi Kritis, Kemenkes Minta Ketersediaan Tempat Tidur Ditambah 40%

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 30 Januari 2021 - 14:45 WIB

Ilustrasi Perawatan Rumah Sakit (Foto: AnalisaDaily)
Ilustrasi Perawatan Rumah Sakit (Foto: AnalisaDaily)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Melonjaknya jumlah pasien positif Covid-19 akhir-akhir ini di Indonesia membuat pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengizinkan seluruh rumah sakit membuka pelayanan pasien COVID-19. 

''Pemerintah memberikan kesempatan atau mengizinkan semua rumah sakit Indonesia termasuk rumah sakit swasta untuk memberikan layanan pasien COVID-19 asalkan mereka mengikuti SOP kita, tatalaksana, juga mempunyai fasilitas,'' Kata Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof. Kadir dalam keterangannya dilansir redaksi Industry.co.id pada Aabtu (30/1/2021).

Menurutnya, sampai saat ini sudah tercatat 1.600 rumah sakit yang telah melaksanakan layanan COVID-19. 

Selain itu, rumah sakit diminta juga untuk menambah ketersediaan tempat tidur antara 30 sampai 40%.

Pasalnya, ada beberapa rumah sakit di beberapa kota atau provinsi yang jumlah keterpakaian tempat tidurnya berada di posisi 80% bahkan lebih, seperti Jakarta, demikian pula dengan Yogyakarta dan Jawa Barat.

Untuk daerah yang berada di zona kuning maka dianjurkan oleh menteri kesehatan untuk semua rumah sakit melakukan konversi tempat tidur sebanyak 30% dan melakukan penambahan ruang isolasi sebanyak 20%. 

Sementara untuk zona hijau diperlukan konversi tempat tidur sebanyak 20% dan penambahan ruang ICU sekitar 15%.

''Penambahan tempat tidur ini tentunya tidak bersifat permanen cuman dilakukan dalam waktu yang sangat kritis seperti sekarang ini. Oleh karena itu kita lakukan dalam rangka menangani penaikan COVID-19,'' Imbuh Prof. Kadir

Di sisi lain, ia juga menyadari bahwa dengan ditambahnya jumlah tempat tidur maka harus ditambah pula SDM Kesehatan.

"Oleh karena itu, untuk sementara ini dapat dilakukan dengan mengkonversi dalam artian mengubah fungsi tempat tidur yang selama ini digunakan oleh pasien non COVID -19, menjadi tempat tidur bagi pasien COVID-19," pungkasnya.

Perlu diketahui, kasus positif di Indonesia terkonfirmasi hingga Sabtu siang totalnya telah mencapai 1.051.795 kasus, dengan penambahan pasien baru perhari sebanyak 13.802.

Menurut Kemenkes, Penambahan kasus harian atau pasien baru terbanyak terjadi di Jawa Barat berjumlah 3.835 kasus. 

Kemudian disusul secara berurutan, DKI Jakarta (3.448 kasus), Jawa Tengah (1.495 kasus), Jawa Timur (1.006 kasus), dan Sulawesi Selatan (667 kasus).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…