Pak Nadiem...Para Guru Non-PNS Minta Tunjangan Profesinya Jangan Disetop, Forum Guru SPK: Kami Juga Mendidik Anak Bangsa, Mengapa Kami Dibedakan!

Oleh : Candra Mata | Senin, 25 Januari 2021 - 18:55 WIB

Menteri Nadiem Makarim
Menteri Nadiem Makarim

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Forum Komunikasi Guru SPK Indonesia (FKGSI) Ricky Zulkifli mengkritisi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang menghentikan tunjangan profesi guru non-PNS di satuan pendidikan kerja sama (SPK).

"Persekjen Nomor 6/2020 ini sangat mencederai kami sebagai guru SPK," kata Ricky Zulkifli dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Senin (25/1/2021).

Menurutnya, berdasarkan pasal 14 UU Nomor 14 Tahun 2005 guru yang telah melakukan sertifikasi, berhak mendapatkan tunjangan profesi.

"Untuk itu kami meminta dengan hormat kepada Kemendikbud untuk meninjau kembali peraturan tersebut dan segera mencairkan tunjangan SPK yang menjadi hak kami," ujarnya.

Selain itu, Rifky juga menepis anggapan yang menyebut bahwa guru non-PNS disekolah swasta mahal telah mendapat kesejahteraan yang berlebih.

Menurutnya, banyak dari  guru SPK di daerah yang gajinya tidak lebih dari UMR. Dan kalah jauh dibanding guru PNS maupun swasta non-SPK yang ada di Jakarta.

"Intinya, kami meminta Kemdikbud segera mencairkan TPG guru SPK yang menjadi hak kami, guru yang memiliki sertifikat pendidik, sebagaimana diamanatkan oleh peraturan undang-undangan," kata Rifky.

"Kami juga mendidik anak bangsa. Mengapa kami dibedakan?" Pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kamis, 04 Maret 2021 - 16:03 WIB

Pariwisata Indonesia Diprediksi Bangkit Semester II - 2021

Optimistis kebangkitan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif kini makin menguat seiring program vaksinasi covid-19 dan berbagai kebijakan pemerintah terkait sektor pariwisata. Namun untuk…

PT PP

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:59 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek MUTIP Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism…

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:31 WIB

Tahun 2020, Pendapatan Semen Indonesia Melorot Sebesar 12,87 Persen

penurunan disebabkan oleh turunnya permintaan akan produk bahan bangunan serta beberapa proyek strategis nasional yang mengalami penundaan, akibat kebijakan realokasi anggaran pemerintah.

Label Kemasan

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:24 WIB

Cegah Diabetes, Nutrifood: Masyarakat Harus Cerdas Baca Label Kemasan

Jakarta– Dalam rangka peringatan Hari Obesitas Sedunia, Nutrifood bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengedukasi…

PT Brantas Abipraya (persero)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:20 WIB

Mantap!!! Brantas Abipraya Raih Penghargaan K3L Tingkat Dunia

Level ini menunjukkan bahwa Brantas Abipraya telah teruji proaktif sistem budaya K3L-nya baik di lapangan maupun di bagian administrasi melalui hasil survei dan observasi mendalam.