Reaksi Masyarakat Pasca di Vaksinasi COVID-19, KIPI: Hanya Pegal, Lapar, dan Ngantuk

Oleh : Candra Mata | Minggu, 24 Januari 2021 - 13:40 WIB

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 (foto/Tribunnews.com)
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 (foto/Tribunnews.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) terus memantau pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, termasuk mendengarkan laporan masyarakat. 

Menurut Ketua Komnas KIPI, Prof. DR Dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M. TropPaed, sejauh ini ada 30 laporan yang bersifat ringan dan tidak ada reaksi serius yang memerlukan perawatan intensif setelah tenaga kesehatan (nakes) mendapat vaksinasi.

“Dari laporan KIPI yang masuk ke kami, semua bersifat ringan dan sesuai dengan yang dilaporkan jurnal-jurnal, dan di tempat lain, semua kondisinya sehat. Jadi, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini.” ujarnya seperti dilansir redaksi Industry.co.id pada Minggu (24/1/2021).

Sementara itu, dr. Muhammad Fajri Adda’i selaku tenaga kesehatan yang juga telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama mengungkapkan bahwa dirinya tidak merasakan reaksi yang tidak wajar, tidak sakit saat disuntik dan sampai sekarang juga terasa normal-normal saja. 

"Hanya pegal sedikit, merasa lapar terus, hingga ngantuk," ungkapnya.

Hal serupa, menurutnya juga dialami oleh tenaga kesehatan yang lain, umumnya merasakan reaksi yang wajar dan masuk dalam kategori berdampak ringan.

"Jadi, vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kombinasi tepat untuk melindungi diri dan melindungi negeri," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:31 WIB

Tahun 2020, Pendapatan Semen Indonesia Melorot Sebesar 12,87 Persen

penurunan disebabkan oleh turunnya permintaan akan produk bahan bangunan serta beberapa proyek strategis nasional yang mengalami penundaan, akibat kebijakan realokasi anggaran pemerintah.

PT Brantas Abipraya (persero)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:20 WIB

Mantap!!! Brantas Abipraya Raih Penghargaan K3L Tingkat Dunia

Level ini menunjukkan bahwa Brantas Abipraya telah teruji proaktif sistem budaya K3L-nya baik di lapangan maupun di bagian administrasi melalui hasil survei dan observasi mendalam.

Anggota HIPMI

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:05 WIB

Siap-siap! Jumat Besok, Bos-bos Muda di RI Bakal 'Serbu' Jakarta, Presiden Jokowi Dipastikan Hadir!

Ketua Panitia Rakernas HIPMI XVII Rohalim Boy Sangadji mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) merangkul dan mengajak tokoh nasional baik pengusaha…

Apotik PT Kimia Farma (Persero) (BeritaSatu)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:03 WIB

Kabar Baik untuk Pelaku UKM, Produknya Bisa Jualan di Apotek Kimia Farma, Begini Caranya

Jakarta - Kabar baik datang untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM) karena produknya berpeluang masuk apotek PT Kimia Farma Tbk.

Pencuri Ikan Ilegal

Kamis, 04 Maret 2021 - 14:53 WIB

Tenggelamkan 10 Kapal Asing Pelaku Illegal Fishing, Ini Penjelasan Kementerian Kelautan Perikanan

Jakarta (4/3) – Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Kejaksaan Agung Republik Indonesia dalam hal ini melalui Kejaksaan Negeri Batam selaku eksekutor melaksanakan penenggelaman 10 kapal…