Luar Biasa Dahsyat! Hanya Dalam Waktu 3 Minggu, Perusahaan Peralatan Medis Ini Mampu Jual 1,7 Swab Antigen Test Covid-19

Oleh : Ridwan | Kamis, 21 Januari 2021 - 16:45 WIB

Ilustrasi Tes Swab
Ilustrasi Tes Swab

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA), emiten yang bergerak di bidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi (HiTech Healthcare Solutions) mendulang cuan cukup signifikan di masa pandemi Covid-19.

Dalam keterbukaan informasi BEI, perseroan melaporkan dalam minggu ketiga Januari telah berhasil menjual 1,7 juta unit Swab Antigen Test Covid-19. Adapun di kuartal I 2021 IRRA menargetkan dapat menjual 2,5 sampai 3 juta unit Swab Antigen Test.

"Pencapaian awal tahun yang sangat baik, sudah 1,7 juta di pekan ke-3 Januari. Di kuartal I, target kami bisa menjual 2,5 - 3 juta unit Swab Antigen Test. Kami optimistis, apalagi dengan adanya hasil evaluasi Balitbang Kemenkes yang dikeluarkan 15 Januari 2021, Swab Antigen Test Panbio memiliki tingkat sensitivitas dan spesifisitasnya mencapai 100 persen," ujar Direktur Pemasaran IRRA Hendry Herman dilansir Kumparan, Kamis (21/1/2021).

Dijelaskan Hendry, permintaan di awal tahun ini seluruhnya berasal dari swasta khususnya ritel. Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat Swab Antigen Test Panbio laku keras di pasaran. Pertama, harga produk cukup terjangkau. Kemudian penggunaannya mudah dan sudah mendapat rekomendasi WHO.

Terlebih, produk Swab Antigen Test Panbio yang di produksi Abbott ini baru saja mendapat hasil evaluasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan sebagai alat rapid antigen dengan tingkat sensitifitas dan spesifisitasnya mencapai 100 persen.

Melihat tingginya permintaan, sepanjang tahun ini IRRA menargetkan mampu menjual sebanyak 5-10 juta unit swab antigen. Besaran ini naik 100-300 persen dari realisasi volume penjualan tahun 2020 yang hanya sebesar 2,4 juta.

Dengan target yang cukup fantastis tersebut, perseroan menargetkan total penjualan dan laba bersih di 2021 tumbuh 80-100 persen dibandingkan tahun lalu. Adapun tahun lalu, pendapatan perseroan berkisar Rp 540-Rp 550 miliar, sementara untuk perolehan laba bersih di kisaran Rp 56-60 miliar.

"Perseroan optimistis mampu mencapai target di tahun ini," ujar Hendry.

Selain produk Swab Antigen Test, Perseroan juga optimistis penjualan Jarum Suntik ADS dan Mesin Plasma Darah mampu tumbuh di tahun ini.

Dalam waktu dekat, Perseroan akan memulai menjual produk barunya Avimac, yaitu immunomodulator untuk peningkatan imun tubuh yang dapat mendukung percepatan penanganan Covid-19 di lndonesia.

"Produk ini sudah di produksi di Australia dan saat ini sudah dalam proses produksi karena sudah mendapat izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.

Acara penyerahan bantuan CSR BTN kepada 71 Desa di Surabaya

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:52 WIB

Wakil Bupati Lamongan Ingin Mengembangkan Perumahan Baru dan Butuh Bantuan Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengajak pemerintah daerah untuk membantu dan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui sektor properti. Salah satunya dengan kemudahan perizinan dan penyediaan…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:38 WIB

Dahsyat, BSI Geber Pembiayaan KPR Syariah

Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan langkah agresif dalam mendorong pertumbuhan pembiayaan kepemilikan rumah. Salah satunya melalui program pembiayaan BSI Griya Hasanah yang menggunakan akad…

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:34 WIB

Catat! Tugas Bulog Bantu Serap Beras Petani, Panen Raya di Depan Mata

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Suryo Banendro meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan penyerapan padi secara maksimal. Ini perlu dilakukan…

Dok. SMSI

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:04 WIB

SMSI: Adam Malik, PK Ojong-Jakob Oetama, Hamka, Fachrodin Tokoh Inspiratif di RI

Para pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sependapat, setidaknya ada lima tokoh nasional yang patut menjadi teladan bagi dunia pers di Indonesia serta menginspirasi lahirnya SMSI, yakni…