Presiden Tertua dalam Sejarah, Joe Biden Resmi Menjadi Presiden Ke-46 Amerika Serikat

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 21 Januari 2021 - 09:55 WIB

Joe Biden
Joe Biden

INDUSTRY.co.id, WASHINGTON- Joe Biden menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat menggantikan Donald Trump. Biden yang kini berusia 78 tahun, menjadi presiden AS tertua dalam sejarah. Sebelum Biden dilantik, Kamala Harris lebih dulu dilantik sebagai Wakil Presiden AS.

Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), setelah dilantik di halaman Gedung Capitol, Rabu (20/1) waktu setempat. Biden mengambil sumpah jabatan di hadapan Hakim Agung AS John Robert.

Kamala Harris, putri imigran dari Jamaika dan India, menjadi orang kulit hitam pertama, wanita pertama dan orang Amerika keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai wakil presiden setelah dia dilantik oleh anggota Hakim Agung AS Sonia Sotomayor.

Seperti dikutip Reuters, kontan.co.id, beberapa tokok Partai Republik, termasuk Wakil Presiden Mike Pence dan pemimpin kongres partai, menghadiri pelantikan Biden, bersama dengan mantan Presiden AS Barack Obama, George W. Bush, dan Bill Clinton.

Dalam acara tersebut, Donald Trump tak terlihat batang hidungnya. Trump diketahui meninggalkan Washington pada Rabu (20/1), menjelang pelantikan Joe Biden.

Trump meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya tepat setelah pukul 8 pagi Rabu (20/1) waktu AS dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews.

Penolakan Trump untuk menyapa penggantinya sebelum menghadiri pelantikan merupakan putusnya tradisi politik selama lebih dari satu setengah abad, yang dipandang sebagai cara untuk menegaskan transfer kekuasaan secara damai.

Upacara pelantikan Biden digelar di depan Gedung Kongres AS atau Gedung Capitol yang dijaga ketat, tempat kerumunan pendukung Trump menyerbu gedung tersebut dua minggu lalu.

Kekerasan tersebut mendorong Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dikendalikan Partai Demokrat untuk memakzulkan Trump minggu lalu untuk kedua kalinya yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Biden, telah berjanji untuk "memulihkan jiwa Amerika," akan menyerukan persatuan Amerika pada saat krisis dalam pidato pengukuhannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…

Outlet Paris Baguette

Senin, 23 Mei 2022 - 11:46 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet Baru di Bekasi dan Tangerang

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya d pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment (EFN) meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka 4 outlet baru Paris…

Beras (Doc: Kementan)

Senin, 23 Mei 2022 - 11:24 WIB

Akademisi UI: 3 Tahun Indonesia Tidak Impor Beras, Pemerintah Buktikan Kinerjanya

Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia, Riyanto menilai salah satu keberhasilan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian adalah meningkatnya…

Stok beras

Senin, 23 Mei 2022 - 11:20 WIB

Irma Suryani: 3 Tahun Tidak Impor Beras Bukti Mentan SYL Jalankan Perintah Presiden

Pemerhati Pangan, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja cerdas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang mampu menjalankan semua perintah dan arahan Presiden Joko Widodo.