Menggarap Industri Halal Penguat Sektor Ekonomi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 20 Januari 2021 - 21:59 WIB

Webinar PWI dan IKWI
Webinar PWI dan IKWI

INDUSTRY.co.id-Jakarta-- Berhijrah kini menjadi trend masyarakat, khususnya muslim Indonesia yang mengubah gaya hidupnya menjadi lebih syar'i dengan mengedepankan industri halal, mulai dari sistem keuangan hingga sektor ekonomi lainnya seperti pariwisata, makanan dan fashion.

Head of Financing Card Business BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari, melalui produk BNI iB Hasanah Card senantiasa mendukung halal lifestyle. BNI iB Hasanah Card hadir sebagai solusi kartu pembiayaan sesuai syariah dan memposisikan diri menjadi kartu halal lifestyle serta menjadi alternatif solusi hijrah dari transaksi ribawi. Selain itu BNI Syariah juga menjadi kartu yang tidak mendorong pengeluaran yang berlebihan.

Berbicara dalam webinar yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Rabu (20/1) Rima mengaku, Produk BNI iB Hasanah Card merupakan kartu pembiayaan yang berfungsi sebagai kartu kredit berdasarkan prinsip syariah dengan akad kafalah, qardh, dan ijarah. BNI iB Hasanah Card memiliki keunggulan diantaranya tidak dapat digunakan untuk transaksi di merchant non halal, tidak ada denda keterlambatan; tidak ada biaya overlimit; dan pengenaan biaya yang sudah jelas di depan, yaitu monthly fee. Dengan ini biaya yang dikenakan ke nasabah sudah dapat diketahui di depan.

Dikatakan, yang ditawarkan BNI iB Hasanah Card diantaranya adalah dapat digunakan untuk segala macam transaksi dari donasi, sampai dari transaksi online di e-commerce maupun aplikasi berbayar, pembayaran tagihan rutin bulanan, donasi rutin tiap bulan, hingga cicilan pembayaran biaya kuliah.

BNI iB Hasanah Card juga melakukan inovasi, untuk mengajak masyarakat berhijrah ke bank syariah diantaranya adalah Smart Shadaqah, Smart Donation, pembayaran biaya kuliah dengan Program Cicilan 0% 3 Bulan, peluncuran Hasanah Card Desain Khusus Qanun Aceh, dan Virtual Event. Sampai Desember 2020, jumlah pengguna BNI iB Hasanah Card secara nasional sebanyak 351.231 dengan sales volume sebesar Rp977 miliar.

Menurut Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, sejak 20 tahun lalu ekonomi syariah sudah tumbuh dan banyak melibatkan pihak pers. Karena itu pemerintah juga mendorong untuk pengembangan ekonomi syariah ini.

“Indonesia termasuk sebagai pusat produk halal, sehingga masyarakat perlu didorong untuk memproduksi, menggunakan produk halal termasuk dalam gaya hidup halal. Kita berharap pengelola industri halal ikut berperan,” kata Atal Depari saat memberi sambutan.

Lutfi Adhiansyah, CEO PT Ammana Fintech Syariah, melihat bahwa peluang pasar melalui teknologi finansial berbasis syariah, masih sangat terbuka lebar di Indonesia. Terutama saat masa Pandemi Covid-19 sekarang ini. Dari 267 juta jiwa penduduk Indonesia, 43 persen di antaranya butuh talangan.

Sedang Afdhal Aliasar, Direktur Industri Produk Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), menjelaskan peran institusinya yang dilaunching presiden sejak 2019 yakni pengembangan ekonomi syariah Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…