Wow Dahsyat! RI Bakal Kebanjiran Dana Triliunan dari AS Usai Joe Biden Dilantik

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 Januari 2021 - 14:30 WIB

Dolar AS (Foto Dok Industry.co.id)
Dolar AS (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Joe Biden akan dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) hari ini Rabu (20/1/2021). Pelantikan ini diyakini akan memberikan beberapa keuntungan bagi ekonomi Indonesia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhina Yudistira menyebut, salah satu keuntungan itu berupa sentimen positif untuk pasar modal yang cenderung menguat. IHSG terdorong ke level 6.351 atau naik 0,47% karena dana asing yang mengalir deras.

"Arus dana asing yang masuk mencapai Rp286 miliar pada sesi pembukaan hari ini. Sementara dolar indeks melemah 0,18% menjadi 90.3. Pelemahan dolar indeks menguntungkan penguatan kurs negara berkembang, khususnya rupiah," kata Bhima dilansir SINDOnews, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, Presiden Joe Biden akan meembawa harapan stimulus ekonomi di AS yang lebih besar sehingga akan mengangkat kinerja ekspor Indonesia.

"Kemudian, meredanya tensi perang dagang juga membawa percepatan pemulihan ekonomi global. Ini yang membuat investor mulai berani masuk ke aset berisiko seperti saham," terangnya.

Di sisi lain, Presiden AS terpilih Joe Biden akan segera menghadapi rangkaian bencana yang belum pernah terjadi. Joe Biden bersiap selama berbulan-bulan untuk mengatasi pandemi yang menewaskan empat ribu warga Amerika sehari.

Ditambah lagi krisis ekonomi yang menyebabkan jutaan orang di-PHK. Pun, pemberontakan bersenjata di Gedung Capitol yang menimbulkan pertanyaan baru tentang cara Biden dapat mulai menyatukan AS yang sangat terpecah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…

Akun media sosial YADIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:05 WIB

Sambut Era Digital, Yadin Resmi Luncurkan Akun Media Sosial di Tiga Platform

PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan Yanmar Holdings Co., Ltd. meluncurkan akun media sosial resminya di 3 platform berbeda yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.

PT PP

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:53 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, (“PTPP”) telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (“MUTIP”) di Nusa Tenggara…

Global Forum Human Capital Project 2021

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:52 WIB

Pemerintah Indonesia Tegaskan Akan Terus Fokus Tuntaskan Stunting

Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus fokus menuntaskan stunting meski dihadapkan pada keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Hal ini karena peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)…

MenkopUKM Teten Masduki (tengah) seusai menyaksikan penandatanganan MoU antara Smesco Indonesia dengan PT Kimia Farma

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:50 WIB

Perluas Pasar Produk Herbal dan Spa UMKM, Smesco Indonesia Teken MoU dengan Kimia Farma

Sebagai tindak lanjut dari MoU antara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dengan Menteri BUMN Erick Thohir tentang sinergi membantu UKM di sektor ritel, Smesco Indonesia (BLU dari Kemenkop…