Bamsoet Pastikan Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung Jadi Tuan Rumah Sprint Rally Championship 2021

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Januari 2021 - 11:57 WIB

Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung
Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo(Bamsoet)  yang juga dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mendukung Sirkuit Badak di kawasan Tanjung Lesung menjadi tuan rumah penyelenggaraan 3 dari total 6 balapan dalam ajang Kejuaraan Nasional Sprint Rally Open Championship 2021.

Kerjurnas ini akan diadakan pada tanggal 28 Maret, 12 September, dan 24 Oktober 2021.

"Berada di pinggir pantai Tanjung Lesung serta didukung bentangan alam yang eksotis, menjadikan Sirkuit Badak yang memiliki trek sekitar 5 Km dengan karakter gravel dan hanya sedikit area yang bermedan tarmac (aspal) ini sebagai salah satu sirkuit off road terbaik di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motor cross, drag, drift, carting, hingga safety driving course," ujar Bamsoet usai bertemu panitia Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Selasa (19/1/21).

Turut hadir antara lain Wakil Ketua Umum IMI Bidang Mobilitas Rifat Sungkar; dan VP Business Development Jababeka Ardiansyah Djafar.

Ketua DPR RI ke-20 ini menilai keberadaan Sirkuit Badak yang dikembangkan Jababeka menjadikan Banten sebagai salah satu provinsi yang memiliki kawasan sport automitive tourism.

Kawasan tersebut juga bisa dikembangkan menjadi motor sport city, dengan melengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti paddock, motor sport research and development workshop, hotel, hingga pusat industri modifikasi otomotif.

"Sebagai salah satu daerah yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai destinasi wisata unggulan dalam 10 Bali Baru, pengembangan Tanjung Lesung mendapatkan banyak prioritas dari pemerintah. Antara lain, Kementerian PUPR terus mengebut penyelesaian progres tol Serang-Panimbang yang sudah 84 persen. Ditargetkan tengah tahun ini sudah selesai," tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, tol yang melintasi tiga kabupaten tersebut, yaitu Kabupaten Serang, Lebak, dan Pandeglang, berperan sentral terhadap penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar wilayah Banten. Seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Sekaligus memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan Jakarta-Merak.

"Dari sisi konektifitas, akan semakin memudahkan tim balap dari luar negeri yang datang dari Bandara Soekarno Hatta, maupun masyarakat Jabodetabek yang ingin menyaksikan balapan di Sirkuit Badak, sambil menikmati keindahan alam di Tanjung Lesung," terang Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, semakin banyak pihak swasta yang berkontribusi membangun sirkuit di berbagai daerah, seperti yang dilakukan Jababeka melalui Sirkuit Badak, akan semakin bagus bagi masa depan olahraga otomotif Indonesia.

Sekaligus akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui multiplier effect ekonomi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan di sirkuit tersebut.

"Melalui event olahraga otomotif, selain bisa mendorong pengembangan sektor pariwisata juga bisa mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Karena pengembangan sektor pariwisata akan berdampak pada peningkatan pelaku usaha UMKM di berbagai bidang seperti kerajinan, kuliner, fashion, hingga penginapan," pungkas Bamsoet

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…