Tinggalkan Ego Sektoral, MenParekraf Sandiaga Uno Ajak MenkopUKM Teten Kembangkan Lima Destinasi Super Prioritas

Oleh : Ridwan | Selasa, 19 Januari 2021 - 20:05 WIB

MenParekraf Sandiaga Uno bersama MenkopUKM Teten Masduki
MenParekraf Sandiaga Uno bersama MenkopUKM Teten Masduki

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen untuk konsisten mengembangkan potensi di lima Destinasi Super Prioritas antara lain, Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobudur (Jateng). 

"Sesuai arahan Presiden RI agar tidak ada lagi ego sektoral antar kementerian. Kita harus sinergi dan kolaborasi," tandas MenKopUKM Teten Masduki, usai audiensi dengan MenParekraf Sandiaga Uno, di kantor KemenKopUKM Jakarta, Selasa (19/1/2021). 

Menurut Teten, kerjasama ini akan maksimal jika KemenParekraf telah menentukan faktor unggulan sampai dengan value creation sebuah destinasi, contoh seperti wahana, event, promosi, infrastruktur, hingga hospitality, yang kemudian akan dibantu dengan keberadaan dan pengembangan UMKM sebagai pelaksana usaha serta menciptakan added value turunannya. 

"Artinya UMKM ini merupakan support system yang bisa hadir melalui ketersediaan pelaku usaha kuliner, souvernir, dan ekonomi kreatif yang di dalamnya mencakup fesyen, kuliner, dan kriya," tambah MenkopUKM. 

Teten optimis, semua ini bisa berjalan dengan baik jika ada kerjasama yang solid antar KemenKopUKM dan KemenParekraf. 

"Kita akan exercises langsung di lapangan, khususnya di lima destinasi super prioritas untuk hand in hand dan kolaborasi," imbuh Teten. 

Dalam kesempatan yang sama, MenParekraf Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan membentuk klaster ekonomi kreatif menjadi subsektor di berbagai destinasi. Setidaknya ada 5 yang menjadi destinasi prioritas antara lain Toba, Bajo, Mandalika, Borobudur dan Likupang.

"Tugas kami bersama bagaimana meningkatkan value dari pada produk ekonomi kreatif local berkolaborasi dengan kementrian koperasi dan UKM untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya,”" ungkapnya.

Dengan strategi tersebut diharapkan bisa mempertahankan mata pencarian untuk 34 juta masyarakat yang hidup dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Di sisi lain, dia juga akan mengadakan event-event mulai dari bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia dan beli kreatif lokal.

"Jadi kita akan melihat bagaimana dari seni pertunjukannya, dan juga dari bagaimana film, Music, seni lukis, animasi, Art design, isport sampai kepada hal-hal yang berkaitan dengan spa, produk-produk kesehatan seperti minyak kayu putih dan sebagainya," imbuhnya.

Nantinya, produk-produk kreatif ini kita akan kolaborasikan dengan program unggulan kita yaitu desa wisata, di mana kita akan memastikan di Lima destinasi Super prioritas dan destinasi pariwista prioritas lainnya, agar desa wisata ini menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Memang pariwisata dan ekonomi kreatif ini memiliki satu tantangan yang luar biasa, Covid-19 ini ternyata menghantam industri pariwisata dan ekonomi kreatif," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:15 WIB

Ucapkan Dirgahayu Satpol PP! Anies Tuai Pujian Netizen: Terpesona Aku Terpesona...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banyak pujian usai mengunggah video ucapan selamat ulang tahun kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. "Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan…

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…

Akun media sosial YADIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:05 WIB

Sambut Era Digital, Yadin Resmi Luncurkan Akun Media Sosial di Tiga Platform

PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan Yanmar Holdings Co., Ltd. meluncurkan akun media sosial resminya di 3 platform berbeda yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.

PT PP

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:53 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, (“PTPP”) telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (“MUTIP”) di Nusa Tenggara…

Global Forum Human Capital Project 2021

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:52 WIB

Pemerintah Indonesia Tegaskan Akan Terus Fokus Tuntaskan Stunting

Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus fokus menuntaskan stunting meski dihadapkan pada keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Hal ini karena peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)…