Pahami 5 Hal Ini Saat Memilih Jurusan Kuliah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 Januari 2021 - 17:14 WIB

Sampoerna University
Sampoerna University

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketika akan memasuki jenjang universitas, Anda  perlu lebih dahulu menentukan jurusan atau program studi. Di bangku kuliah Anda akan diajak lebih fokus pada satu bidang di masing-masing jurusan. 

Program belajar di universitas pun akan jauh berbeda dengan di bangku sekolah. Anda akan dituntut lebih mandiri selama proses belajar. Untuk itu, sebaiknya Anda tak salah dalam memilih jurusan. Jika masih belum memiliki pilihan tepat, coba simak beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah berikut ini.

 
1. Temukan minat dalam diri
Minat adalah dorongan kuat untuk melakukan suatu hal. Dari definisi tersebut, Anda bisa lebih menggali hal-hal apa saja yang sering kamu lakukan tanpa ragu. Dengan begitu, saat menjalani kuliah yang sesuai minat, Anda akan terus terdorong untuk belajar.
Selain itu, minat juga akan membuat Anda menjalani setiap proses belajar terasa menyenangkan. Dibanding terus mengejar nilai, sebaiknya pastikan dulu Anda senang dengan suatu jurusan. Nantinya, segala sesuatu yang dikerjakan dengan bahagia tentu akan membuahkan hasil yang optimal.
2. Kenali bakat dan potensi
Selain minat, kamu juga bisa mengenali bakat dan potensi dalam diri. Bakat sendiri terlihat saat Anda mampu melakukan suatu hal dengan baik. Meski begitu, bakat tak akan terasah tanpa dilatih dan dikembangkan. Jadi, tak ada salahnya untuk terus mengembangkan bakat yang Anda miliki di bangku kuliah. 
Dengan adanya landasan dalam bakat, menjalani kuliah tentu akan lebih mudah. Namun, Anda pun tak boleh lengah hanya karena merasa sudah mampu di bidang tersebut. Jurusan kuliah bisa Anda jadikan wadah sekaligus pijakan agar bakat yang dimiliki terus terlatih. 
3. Berdiskusi dengan mentor dan orang tua
Jika Anda kurang percaya diri dengan minat dan bakat, tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan orang terdekat. Agar tidak terbawa arus yang salah, berdiskusi dengan orang tua maupun mentor adalah pilihan tepat. 
Bagaimana pun orang tua adalah relasi terdekat yang paham betul perjalanan hidup Anda. Orang tua tentu dapat melihat potensi atau pun hal yang dikuasi oleh Anda. Sedangkan mentor, biasanya dapat menjadi teman diskusi tepat karena akan menjelaskan kamu berbagai sisi positif maupun negatif dalam memilih jurusan tersebut.
4. Mempelajari peluang kerja
Hal yang tak kalah penting dalam memilih jurusan adalah melihat peluang kerja selepas berkuliah. Salah satu tujuan berkuliah tentu untuk memperbesar peluang Anda dalam bekerja, bukan? Meski begitu, saat ini jutaan lulusan akan ada setiap tahunnya. Kondisi tersebut tentu akan membuat peluang karir semakin ketat.
Agar tak kehilangan peluang, Anda perlu lebih jeli sejak memilih jurusan. Biasakan untuk memproyeksikan peluang kerja di 3 - 5 tahun mendatang di mana waktu kelulusan Anda. Pasalnya, dunia kerja pun dapat berubah dengan cepat. Dengan proyeksi tersebut, diharapkan Anda bisa mengisi salah satu peluang karir tersebut. 
5. Memilih universitas berkualitas
Setelah memahami beberapa poin di atas, Anda masih perlu memilih universitas. Selain memastikan ketersediaan jurusan yang Anda pilih, pelajari pula kualitas pembelajaran universitas tersebut. Salah satu yang tak perlu diragukan adalah Sampoerna University, satu-satunya universitas internasional di Indonesia yang menerapkan gaya pembelajaran perguruan tinggi Amerika. 
Tentunya, setiap program yang berlaku telah diakui langsung oleh kementerian pendidikan Indonesia. Tujuan Sampoerna University tak hanya membentuk sisi akademis, namun juga kemampuan berpikir dan berkembang tiap mahasiswanya. Nantinya, diharapkan setiap lulusan mampu mendapat peluang karir baik nasional maupun internasional. 
Jadi, tunggu apalagi? Segera pahami kelima hal di atas agar tak salah pilih jurusan atau program studi kuliah. Dengan begitu, Anda memiliki jalan terbaik menuju masa depan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…