Diah DPR ke Menag Yaqut: Pak Menteri, Ibadah Haji Ada Atau Ditunda Lagi? Masyarakat Nunggu Kepastian...

Oleh : Candra Mata | Selasa, 19 Januari 2021 - 14:23 WIB

Menag Yaqut di DPR
Menag Yaqut di DPR

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka dalam rapat kerja bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta sang menteri baru tersebut memberikan pendekatan secara psikologis terhadap calon jemaah haji asal Indonesia tahun 2020 yang gagal berangkat akibat pandemi Covid-19. 

Ia menilai pendekatan tersebut penting dilakukan agar meminimalkan gangguan stres.

“Pak Menteri (Agama) banyak masyarakat kita yang gagal berangkat haji akibat pandemi Covid-19, padahal mereka itu sudah menunggu sekian lama sekali. Bagaimana caranya agar mereka itu tidak stress,” tanya Diah dalam keterangannya seperri dikutip redaksi Industry.co.id pada Selasa (19/1/2021).

Diah juga meminta ketegasan Menag soal kepastian keberangkatan calon jemaah ibadah Haji tahun 2020 asal Indonesia yang sempat tertunda. 

“Harus segera dipastikan, apakah ibadah Haji ditunda lagi atau gimana? Karena masyarakat ini sudah menunggu lama hingga belasan-puluhan tahun,” tegas politisi PDI-Perjuangan itu.

Dalam kesempatan itu, Menag Yaqut Cholil Quomas mengklaim belum bisa memastikan apakah Pemerintah Arab Saudi akan membuka pintu kembali untuk ibadah Haji di masa pandemi Covid-19. 

Meski begitu Kemenag terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan otoritas terkait di Arab Saudi.

“Ada atau tidaknya penyelenggaraan ibadah Haji 2021 sepenuhnya menjadi kewenagan Pemerintah Arab Saudi. Kita semua menginginkan agar wabah ini segera berakhir agar pelaksanaan ibadah Haji 2021 kembali normal,” harap menteri yang akrab disapa Gus Yaqut itu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Seorang karyawan sedang mendata hasil mixgas PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (Foto: Humas SBMA)

Selasa, 16 April 2024 - 06:08 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Catat Pendapatan dan Laba 2023 Kompak Naik

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) sukses menorehkan kinerja cemerlang di sepanjang tahun 2023. Emiten gas industri ini mampu mengumpulkan pendapatan hingga Rp113,36 miliar atau naik 9,38…

Siap Jelajahi Potensi Desa, BSI Explore 2025 Jadi Rebutan Mahasiswa

Selasa, 16 April 2024 - 04:56 WIB

Siap Jelajahi Potensi Desa, BSI Explore 2025 Jadi Rebutan Mahasiswa

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengumumkan pembukaan tahap seleksi administrasi untuk BSI Explore 2025, yakni program menjelajahi dan menggali potensi 37 Desa yang akan dilaksanakan…

Teknologi QRIS Soundbox DANA Beraksi Lancarkan Transaksi Burno Coffee

Selasa, 16 April 2024 - 04:45 WIB

Teknologi QRIS Soundbox DANA Beraksi Lancarkan Transaksi Burno Coffee

Apakah kamu pernah menunggu terlalu lama untuk secangkir kopi? Zaman serba cepat saat ini ternyata tidak sepenuhnya menjamin otomatisasi memberikan layanan yang cepat dan murah, seperti halnya…