Teruslah Berkarya Insan Film

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Januari 2021 - 14:00 WIB

Deddy Mizwar, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia.
Deddy Mizwar, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Gedung Bioskop yang tutup berkepanjangan lantaran wabah Pandemi ccovid 19 melumpuhkan industri film Indonesia yang sedang menikmati puncak kejayaan. Berbagai upaya agar gedung bioskop kembali dijubeli penonton sudah diupayakan para.pemilik bioskop dan produser film. Tapi tetap saja belum berhasil. Ditengah kegalauan dan ketidakpastian, para pelaku industri film menemukan tempat penayangan bioskop. Yakni platform digital Over The Top atau OTT.

Menonton film secara streaming diharapkan menjadi alternatif produser untuk menayangkan film produksinya agar tidak mengalami kerugian lebih besar dan roda bisnisnya bisa terus bergerak.

"Wabah Pandemi Covid 19 menjadi pukulan telak para pelaku industri film, karena bioskop tidak diijinkan dibuka. Akhirnya teman-teman produser pada menahan diri. Akhir tahun 2020 beberapa produser dan bioskop mencoba menggeliatkan kembali bioskop. Tapi tidak berhasil karena masyarakat masih takut datang ke gedung bioskop, " ujar Deddy Mizwar saat didapuk menjadi narasumber Bioskop atau OTT diskusi secara virtual yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan komunitas Demi Film Indonesia belum lama ini.

Ketika gedung bioskop belum lagi bersahabat dengan penikmat film dan produser mulai frustasi. Kehadiran OTT stay televisi berbayar bisa menjadi alternatif.

"Ada tiga film yang mencoba keberuntungan di OTT yakni Sejuta Sayang Untuknya, Bidadari Mencari Sayap dan Nona itu hasil kerjasama dengan Disney + hotstar. saya kira ini menjadi salah satu alternatif yang perlu di coba sampai kita tahu bahwa, kita menghadapi persaingan yang ketat sesama mereka," ujar Deddy Mizwar.

Sejak beberapa tahun belakangan layanan hiburan secara streaming yang masuk ke Indonesia  saat ini semakin banyak seperti HOOQ, Netflix, Iflix, Goplay, Disney + Hotstar, Vidio, Youtube, yang bisa dinikmati oleh masyarakat indonesia secara berbayar, langganan maupun gratis dengan didukung oleh iklan - iklan.

Serta menurut YanWidjaya selaku Nontoners dan Jurnalis Senior menegaskan kalau OTT menjadi sarana alternatif masyarakat untuk nonton bioskop dan produser bisa menjual filmnya disana.

"OTT bisa menjadi sarana alternatif masyarakat untuk nonton bioskop dan produser film bisa menjual filmnya disana," tegas Yan Widjaya.

Sementara Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru, saat membuka webinar  tetap memberi semangat bagi para pelaku industri perfilman untuk tetap kreatif di tengah Pandemi Covid-19, baik lewat bioskop maupun OTT.

“Kemendikbud melalui Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru menyemangati pelaku film untuk tetap berkarya film, “ ujar Ahmad Mahendra

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…