Khawatir Sepi Kayak Bandara Kertajati, DPR Minta Pemerintah Permudah Akses dari Kawasan Industri Cikarang Menuju Pelabuhan Internasional Patimban

Oleh : Candra Mata | Jumat, 15 Januari 2021 - 13:05 WIB

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)
Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo meminta pemerintah dapat mempermudah akses ke Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat, yang diproyeksikan sebagai alternatif Pelabuhan Tanjung Priok. 

Sigit mengungkapkan, hal itu bisa mendukung tercapainya pemindahan angkutan peti kemas ke pelabuhan yang baru bila akses dipermudah. 

"Saya mengimbau pemerintah agar pembangunan jalan akses menuju pelabuhan tersebut menjadi prioritas tahun ini. Karena diproyeksikan sebagai alternatif dari Pelabuhan Tanjung Priok, sudah semestinya akses dari kawasan industri di Cibitung-Cikarang-Karawang dipermudah," ujar Sigit dalam rilis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (15/1/2020). 

Politisi Fraksi PKS itu mencontohkan, jarak tempuh perjalanan darat saat ini dari Kawasan Industri Jababeka atau juga EJIP di Cikarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok sekitar 50 km dengan waktu tempuh sekitar 70 menit.

Sementara itu, dari lokasi yang sama menuju Pelabuhan Patimban jarak tempuhnya 108 km dengan waktu tempuh sekitar 130 menit atau hampir dua kali lipat.

Sigit mengingatkan, jangan sampai pengalaman buruk pada Bandara Kertajati yang sepi akan terulang lagi akibat jalan akses yang masih terbatas.

Pasalnya, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) hingga saat ini, tuturnya, belum juga selesai. 

Maka, wajar jika warga dari Bandung dan sekitarnya enggan memilih Bandara Kertajati.

“Bandara Kertajati sudah beroperasi sejak Mei 2018 dan konon akan memiliki kapasitas total hingga 29 juta penumpang setiap tahun. Namun berdasarkan data AP II, jumlah penumpang di Bandara Kertajati sepanjang tahun 2019 baru 519.287 penumpang. Penyebab sepi salah satunya kan akses menuju lokasi yang masih terbatas," tandas Sigit mengingatkan. 

Seperti diketahui, Pelabuhan Internasional Patimban mulai dibangun pada 2019 dan diprediksi selesai pada 2027 dengan total investasi sekitar Rp50 triliun. 

Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat tersebut diproyeksikan sebagai alternatif dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang kapasitas angkutnya sudah begitu padat.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis Pelabuhan Patimban apabila disinergikan dengan baik dengan Pelabuhan Tanjung Priok akan mampu mengalahkan Pelabuhan Shanghai dan Singapura sebagai satu niat bangsa sebagai pelabuhan yang tak hanya membanggakan tapi memberikan nilai fungsi ekonomi yang baik (World Connecting Port).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…

Sri Mulyani Bertakziah kerumah Prof Emil Salim

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:05 WIB

[BREAKING] Prof Dr Emil Salim Berduka, Sri Mulyani: Innalillahi, Alamarhumah Adalah Istri dari Guru Saya

Menteri Keuangan Sri Mulyani datang bertakziah ke rumah duka, alamarhumah Ibu Roosminnie Salim m istri dari Prof Dr Emil Salim yang meninggal pada Hari Sabtu Tanggal 27 Februari 2021. "Innalilahiwainnailahi…

Ilustrasi jamaah haji. (Pradita Utana/NurPhoto)

Minggu, 28 Februari 2021 - 16:20 WIB

Dear Bapak Ibu Calon Jemaah Haji, DPR Minta Bersabar Menunggu Kepastian Ada Atau Tidaknya Haji Tahun Ini

Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis meminta masyarakat bersabar menunggu kepastian keberangkatan ibadah Haji tahun 2021, sebab saat ini pihak Kerajaan Arab Saudi belum memberikan perkembangan…