Donorkan Darah Plasma Konvalesen, Warganet Puji Habis-habisan Gubernur Anies!

Oleh : Candra Mata | Jumat, 15 Januari 2021 - 08:35 WIB

Gubernur Jakarta Anies Baswedan Donor Darah Plasma
Gubernur Jakarta Anies Baswedan Donor Darah Plasma

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta  Anies Rasyid Baswedan mengunggah beberapa potret dirinya saat sedang melakukan donor darah plasma konvalesen di kantor PMI DKI Jakarta.

"Saya baru saja selesai donor plasma konvalesen di PMI DKI Jakarta di Kramat Raya," kata Anies seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman Facebook miliknyapada Kamis malam (14/1/2021).

Menurutnya, sebagai penyintas COVID-19, dirinya sangat bersyukur sekali, karena telah bisa berkumpul bersama keluarga.

Tapi pada saat yang bersamaan, sebut Anies, masih ada saudara-saudara (masyarakat-red) yang terpapar COVID-19 dan sedang dirawat di rumah sakit. 

"Dengan donor plasma konvalesen kita bisa membantu agar mereka segera sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarga," imbuhnya.

Dalam unggahan tersebut, Anies juga menjelaskan bahwa para pendonor di Ibu Kota akan difasilitasi dengan optimal, hal tersebut karena Unit Transfusi Darah (UTD) PMI DKI Jakarta telah menerima mandat sebagai penyedia plasma konvalesen bagi pasien COVID-19 sejak Juni 2020 lalu. 

"Bagi teman-teman penyintas COVID-19, mari kita bantu saudara-saudara kita agar merasakan apa yang kita rasakan saat ini, bisa kembali bersama keluarganya," katanya.

"Hanya dengan setengah jam anda datang ke PMI, seumur hidup siapapun akan terselamatkan. Kami mengundang semuanya untuk menjadi donor plasma konvalesen," imbau Anies.

Selain itu, Anies juga menyampaikan beberapa kriteria khusus yang perlu diperhatikan bagi para pendonor konvalesen, antara lain; 

a). Pernah terdiagnosis konfirmasi COVID-19 (hasil swab PCR dan/atau swab antigen positif).

b). Telah bebas gejala COVID-19 (demam/batuk/sesak/diare) sekurang-kurangnya 14 hari.

c). Usia 18-60 tahun.

d). Disarankan Laki-laki, dan wanita yang belum pernah hamil.

e). Berat badan minimal 55 kilogram. 

f). Tidak memiliki penyakit yang berat (gagal ginjal, jantung, kanker, kencing manis, darah tinggi tidak terkontrol).

"Bagi calon pendonor plasma konvalesen yang ingin berkontribusi di DKI Jakarta bisa menghubungi nomor PMI DKI Jakarta di 021 - 390 6666 serta email untuk layanan pelanggan di [email protected]," pungkas Anies.

Hingga berita ini diturunkan, potret unggahan Anies menjalankan donor darah plasma konvalesen telah menuai ribuan komentar pujian dari para warganet.

"Masyaa Allah.....tabarakallahu pak Anies Baswedan...smg sll sehat n dlm lindungan Allah azza wa jalla beserta keluarga n staffnya.....Aamiin," tulis Carla Carasiva.

"Barakallah pak Anies..terima kasih pak, semoga d ikuti pejabat lain..sehat selalu pak," kata Ida Hazali.

"Alhamdulillah ...pemimpin teladan,.sehat slalu bang Anies..Aamiin," ucap Halim.

"Wah A, sama kita pak golongan darah nya," ucap Volta Irwan.

"Selamat pak anis, dan terima kasih untuk donor plasma darahnya semoga berguna untuk pasien covid yg sudah di ICU dan kritis. Sayang saya donor plasma nya kemarin, jd gak ketemu deh. Mgkn dpt dibantu ditambahkan unit alat untuk donor plasma ini pak, di PMI kramat cuma ada 3 unit," sebut Bobi Ferdyan.

"Saya ingin berpartisipasi ,tapi karena Saya dulu OTG ( saat terkonfirmasi positif covid) jadi dianggap tidak memenuhi syarat, jadi tidak bisa berpartisipasi. Karena dianggap imunitasnya rendah," ungkap Muchty Zarlynda.

"Pak usul semua pasien yang sudah sembuh di wisma atlet sebelum pulang diminta donor dulu pak," sebut Puspita Sari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…

Sri Mulyani Bertakziah kerumah Prof Emil Salim

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:05 WIB

[BREAKING] Prof Dr Emil Salim Berduka, Sri Mulyani: Innalillahi, Alamarhumah Adalah Istri dari Guru Saya

Menteri Keuangan Sri Mulyani datang bertakziah ke rumah duka, alamarhumah Ibu Roosminnie Salim m istri dari Prof Dr Emil Salim yang meninggal pada Hari Sabtu Tanggal 27 Februari 2021. "Innalilahiwainnailahi…