Tol Serang-Panimbang Dikebut! Jakarta-Tanjung Lesung Bakal 2-3 Jam, BPJT: Lebaran Sudah Bisa Beroperasi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 Januari 2021 - 21:00 WIB

Pembangunan jalan tol Serang - Panimbang
Pembangunan jalan tol Serang - Panimbang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah terus menggenjot pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang yang melintasi tiga kabupaten yakni Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang.

Kehadiran tol ini akan menjadi penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar wilayah Banten seperti KSPN Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Jalan Tol sepanjang 83,67 Km ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi sebesar Rp 5,33 triliun.

Pembangunannya sendiri dibagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung (26,50 Km), Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles swjauh 24,17 Km (tol ini menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang) dan Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang (33 Km) porsi Pemerintah.

Adapun hingga pertengahan Januari 2021 ini progres konstruksi tol seksi 1 ini telah mencapai 88,89 persen.

Menurut Kepala BPJT Danang Parikesit, secara prinsip proyek Tol Serang-Panimbang ruas Serang-Rangkasbitung berjalan lancar, dengan capaian konstruksi pada jalan utama (main road-red) hampir 100%.

"Untuk progres konstruksi Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 (Serang-Rangkas Bitung) sepanjang 26,5 Km saat ini progresnya telah mencapai 88,89%, ditargetkan penyelesaian konstruksinya akan rampung pada bulan Juni 2021 mendatang," kata Danang saat di hubungi INDUSTRY.co.id lewat pesan singkat, Kamis (14/1/2021).

Meski demikian, BPJT berharap Ruas Serang-Rangkas Bitung ini akan dapat digunakan secara fungsional pada musim mudik lebaran 2021 mendatang.

"Mungkin lebaran nanti (bisa di operasikan-red) secara fungsional," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Mahbullah Nurdin berharap Tol Serang-Panimbang Ruas Serang-Rangkas Bitung ini akan bisa dilakukan uji laik fungsi pada Maret 2021, sehingga dapat mendukung arus mudik Lebaran 2021.

"Barangkali ada orang Jakarta yang mau mudik Lebaran ke Rangkasbitung sudah bisa melewati jalan tol tersebut," kata Nurdin.

Menurutnya secara keseluruhan Jalan Tol Serang-Panimbang ditargetkan selesai konstruksinya pada bulan April tahun 2022.

Saat ini, Ia mengatakan, progres pembebasan lahan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 hingga 3 sudah mencapai 70,66 persen.

"Nantinya diharapkan dapat memberikan dukungan konektivitas logistik, barang, dan jasa serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di provinsi Banten dan sekitarnya," katanya.

Kehadiran tol ini disebutnya juga akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan.

"Misalnya dari Jakarta menuju Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh sekitar 4-5 jam, nantinya hanya menjadi sekitar 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam," paparnya.

Dihubungi secara terpisah, Indah, Asda II Pemkab Pandeglang Bidang Ekonomi dan Pembangunan mengatakan bahwa tol Serang-Panimbang akan diresmikan sesuai jadwal pada tahun 2022.

"Tol Serang-Lebak dijadwalkan selesai lebih dulu yakni pada bulan April tahun ini, selanjutnya Tol Serang - Panimbang," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Laptop Acer yang terus berinovasi

Senin, 01 Maret 2021 - 05:40 WIB

Acer Enduro N3 Hadir sebagai Laptop Tahan Banting Kondisi Ekstrem

Acer menghadirkan lini terbaru bernama Acer Enduro, perangkat komputasi tangguh yang memenuhi standar sertifikasi militer. Perangkat ini didesain untuk mereka yang bekerja di lingkungan keras…

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…