Rudi DPR 'Tegor' Mensos Kenapa Blusukan Cuma di Jakarta? Kenapa Tidak Seluruh Indonesia, Risma: Ketemu Tunawisma Tidak Sengaja, Tak Ada Niat!

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Januari 2021 - 17:40 WIB

Rudi DPR dan Mensos Risma (foto Kolase)
Rudi DPR dan Mensos Risma (foto Kolase)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Melihat polemik terkait blusukan yang dilakukan Mensos Risma, Anggota Komisi VIII DPR RI Rudi Hartono menyarankan mantan Wali Kota Surabaya itu untuk melakukan blusukan ke seluruh Indonesia, bukan hanya di wilayah DKI Jakarta.

“Teman-teman cerita kinerja ibu yang baik banyak turun ke lapangan. Ibu Risma jalan-jalan turun ke bawah, tapi kenapa cuma di Jakarta? Kenapa tidak seluruh Indonesia?” kata Rudi saat rapat kerja dengan Mensos Risma seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Kamis (14/1/2021).

Rudi menegaskan, pihaknya mendukung aksi Risma yang turun ke jalan, tapi Indonesia ini luas dan tidak hanya di Jakarta. Itu semua kritik dan masukan dari masyarakat.

“Masyarakat senang dengan kinerja ibu tapi telusurilah Indonesia yang penduduknya banyak, Jawa Timur tempat ibu, Jawa Tengah, Sumatera juga bu, Sulawesi, Irian, Aceh tempat Pak Husni (Anggota Komisi VIII). Itu masukan dari masyarakat ibu,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Rudi juga mengajukan berbagai pertanyaan yang menjadi aspirasi masyarakat daerah pemilihannya sewaktu menjalani masa reses. Salah satunya, persoalan terkait pemutakhiran data penerima bansos. 

“Anggaran itu (program bansos, red) benar-benar terserap tidak dan proyek pemutakhiran data 96 juta, apakah sudah valid dan selesai? Saya ditanya kawan-kawan wartawan tentang anggaran Rp405 miliar di Setjen yang dipakai untuk pemutakhiran data,” lontar politisi Fraksi NasDem ini.

Legislator asal Sumatra Utara III ini menengarai kemungkinan banyaknya masyarakat data penerima bansos yang masih tumpang tindih dengan program bantuan lainnya, seperti program bantuan langsung tunai (BLT), program keluarga harapan (PKH), dan program bansos dalam bentuk sembako. 

“Jangan-jangan itu hanya copy paste dari database lama, lalu di-input ke data baru. Dari total dana Rp405 miliar, berapa ratus miliar dana yang dipakai untuk pemutakhiran 96 juta data tersebut? Ini beberpa pertanyaan kawan-kawan wartawan, saya saya tanyakan ke Ibu Risma tapi tidak dijawab," tegasnya.

Ia berharap, Mensos yang baru dipilih Presiden Jokowi pada akhir Desember lalu itu harus mampu bekerja keras memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar bantuan sosial menjadi lebih tepat sasaran.

"Permasalahan terkait keakuratan DTKS sudah sangat merugikan masyarakat kurang mampu," pungkasnya.

Sementara itu, Risma menjawab sejumlah kritikan dengan menegaskan dirinya tidak ada niatan untuk mencari perhatian dan hanya berniat untuk membantu. 

“Jadi tidak ada niat, demi Allah saya berani disumpah dengan Quran, saya tidak pernah niat blusukan atau cari-cari (perhatian),” kata Risma beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pertemuannya dengan beberapa tunawisma di DKI Jakarta terjadi secara tidak sengaja saat dirinya hendak berangkat ke kantor. 

“Jadi terus terang bapak ibu sekalian, saya ini kebiasaan berangkat itu setelah Subuh. Saya keluar itu sejak kepala dinas kebersihan, saya kontrol kota itu bersih atau enggak. Nah di situ saya ketemu (para tunawisma),” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split Jangkau Investor Ritel

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:10 WIB

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split Jangkau Investor Ritel

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen be ras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, telah mendapatkan restu dari para pemegang saham untuk melakukan perubahan/…

PT Asabri (persero)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:54 WIB

Mengerikan! Kerugian Korupsi Asabri Capai Rp 22 Triliun Melebihi Jiwasraya

JAKARTA. Belum selesai kasus Jiwasraya, kini negara kembali dirugikan akibat dugaan korupsi di Asabri. Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut, kerugian negara akibat kasus Asabri mencapai Rp 22…

Petani membasmi hama tikus di persawahan

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:48 WIB

Kementan Kawal Pengendalian Hama Tikus di Ciamis

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat terhadap serangan hama tikus yang menyerang puluhan hektar pertanaman padi di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis,…

Ilustrasi Rupiah (ist)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:29 WIB

Catat! Kemenag Pastikan Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan ke Produk Keuangan Syariah

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada Senin, 21 Januari 2021. GNWU ini kemudian mendapat respon beragam dari masyarakat, terutama terkait penggunaan…

Buah Manggis (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:24 WIB

Konsumsi Buah Matang Alami, Tingkatkan Imunitas Diri

Kandungan yang terdapat pada buah-buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu sistem imunitas untuk melawan penyakit dan virus corona. Di sisi lain, kebutuhan akan buah menjadi prospek…