Dihantam Pandemi dan PSBB, Shinta KADIN: Industri Pariwisata Rugi Rp10 Triliun

Oleh : Candra Mata | Selasa, 12 Januari 2021 - 10:30 WIB

WKU KADIN Indonesia Shinta Sukamdani Foto Tempo.co
WKU KADIN Indonesia Shinta Sukamdani Foto Tempo.co

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terpuruk dihantam pandemi Covid-19. 

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Kamdani beberapa saat lalu.

Menurutnya, salah satu sektor andalan RI ini mengalami kerugian mencapai Rp 10 triliun sejak Indonesia dilanda wabah pandemi Covid-19.

“Kadin Indonesia mencatat hingga akhir 2020 total kerugian sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19 mencapai lebih dari Rp10 triliun,” sebut Shinta dalam keterangannya seperti dilansir redaksi Industry.co.id pada Selasa pagi (12/1/2021).

Menurut Shinta, kontraksinya terlihat jelas dalam PDB dua kuartal sebelumnya dan akan tercermin juga pada PDB di akhir tahun 2020.

Tak hanya itu, kebijakan pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus corona seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga menjadi sebab makin terpuruknya sektor pariwisata sepajang tahun lalu.

Meski demikian, ditahun ini Ia memproyeksikan kondisi akan berangsur membaik. Dan pelaku usaha juga telah mulai terbiasa kebijakan PSBB termasuk Pembatasan di Jawa-Bali yang diterapkan pemerintah sejak 11 Januari kemarin hingga dua pekan kedepan.

“Pelaku usaha juga semakin familiar dengan protokol-protokol PSBB. Hanya saja proyeksi ini amat sangat tergantung pada penerapannya, khususnya metode pendisiplinannya,” paparnya.

Untuk itu, Ia berharap koordinasi pemerintah daerah dalam penerapan kebijakan dilapangan akan berjalan baik, karena hal tersebut akan menjadi penentu kinerja ekonomi kedepan.

"Karena skala PSBB kali ini mencakup banyak provinsi padat secara serentak, ancaman terbesar terhadap kinerja ekonomi ada pada koordinasi antar pemerintah terkait logistik barang antar wilayah,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Denjaka Korps Marinir

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:56 WIB

KASAL Laksamana Yudo Akui Kemampuan Pasukan Denjaka

Pada kunjungan sekaligus acara olah raga bersama Kepala Staf Angkatan Laut beserta rombongan pejabat Utama Mabes TNI AL juga didampingi langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menjalal Fin Komodo

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:20 WIB

Cantiknya Fin Komodo, Hasil Kawin Teknologi Pesawat Terbang dan Kendaraan Darat

Jakarta-PT Fin Komodo Teknologi yang berasal dari Cimahi, Jawa Barat, dengan menciptakan desain Fin Komodo KD 250 X. Fin Komodo, yang didesain oleh Ibnu Susilo

Uji Swab Covid-19

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:06 WIB

Pengakuan Mengejutkan dari Menkes: Kita Tidak Disiplin, Cara Testing Salah!

Jakarta- Strategi tracing, tracking, dan treatment atau 3T yang dikembangkan Indonesia untuk atas pandemi Covid-19 salah sasaran, demikian pengakuan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin…

Siloam Hospital Balikpapan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:00 WIB

Siloam Hospital Balikpapan Berhasil Lakukan Operasi Bypass Jantung

Diharapkan dengan adanya pelayanan ini, masyarakat Balikpapan tidak perlu lagi ke luar kota ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung. Tentunya layanan bedah jantung yang ada di…

Komjen Listyo Sigit(ist)

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:30 WIB

Komjen Pol Listyo Sigit Harus Perkuat Soliditas Polri

Dipilihnya Listyo juga menuai sorotan, karena akan melangkahi dua angkatan setelah kapolri saat ini Jenderal Idham Azis, yang merupakan Akpol Angkatan 1988.