Panasonic Gandeng Anchanto untuk Ekspansi e-commerce di Asia Pasifik

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 12 Januari 2021 - 09:15 WIB

Vaibhav Dabhade - Founder & Chief Executive Officer Anchanto
Vaibhav Dabhade - Founder & Chief Executive Officer Anchanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Panasonic, sebuah konglomerasi elektronik multinasional, resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan produk perangkat lunak (SaaS) Anchanto. Kemitraan ini akan menyederhanakan proses operasional dan memperluas layanan e-commerce Panasonic ke seluruh kawasan Asia-Pasifik.

Dengan memanfaatkan SelluSeller, sebuah sistem pengelolaan pesanan multi kanal dari Anchanto, Panasonic dapat menjalankan satu sistem terintegrasi yang dapat memantau penjualan secara real time, mengelola inventaris dengan lebih mudah, dan mengatur informasi produk di berbagai saluran e-commerce.

Sejalan dengan rencana pertumbuhannya di tahun 2021, Panasonic berupaya mendorong engagement dengan para pelanggannya melalui strategi ritel multi kanal yang kali ini dikelola dengan mengandalkan teknologi dari Anchanto.

Panasonic juga hendak meningkatkan pengalaman para pelanggan dengan menghadirkan pengalaman unik di berbagai aspek dan proses transaksi.

Sistem SaaS yang diterapkan ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan operasional, model, dan sistem bisnis Panasonic di seluruh negara. Dalam jangka panjang, perusahaan membidik 4x pertumbuhan pendapatan.

Panasonic menyadari adanya perubahan besar di industri ritel yang menuntut setiap brand untuk secara konsisten menjalin hubungan dengan konsumennya. Oleh karena itu, Panasonic kini menerapkan strategi Direct-to-Consumer (D2C) melalui perbaikan distribusi konten di seluruh saluran e-commerce, peningkatan strategi pengelolaan promosi dan harga produk, penguatan keamanan dan kemudahan akses data, serta perbaikan layanan konsumen sebelum dan setelah transaksi.

Tim IT Panasonic mencari partner yang dapat menyajikan pemahaman mendalam tentang industri dan dapat membantu mempercepat penyelesaian sistem.

“Salah satu prasyarat bagi kami di Panasonic adalah mencapai kepuasan pelanggan. Kami mengadopsi dan mengoptimalkan strategi multi kanal kami tidak sebatas meningkatkan penjualan saja, melainkan juga meningkatkan engagement pelanggan. E-commerce akan menjadi jendela untuk melihat seluruh kategori produk kami sebab kami menyadari bahwa pelanggan saat ini sangat gemar menggunakan teknologi. Dengan adanya pembagian pasar e-commerce di Asia Tenggara, kami membutuhkan solusi sistem pengelolaan pesanan atau Order Management System (OMS) yang mampu mengintegrasikan seluruh aspek online dan offline dengan kemampuan skalabilitas dan perluasan yang sudah teruji. Hal ini yang ditawarkan oleh Anchanto,” tutur Mr. Jiro Nakami, Marketing Director Panasonic Appliance Marketing Asia Pacific melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (12/1).

Teknologi SelluSeller milik Anchanto membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi Panasonic dan mengintegrasikan seluruh sistem penting. Tidak hanya itu, Anchanto membantu Panasonic dalam menerapkan solusi yang meningkatkan sistem pelacakan pesanan dan pengiriman, pengelolaan inventaris, pengelolaan penagihan, dan integrasi sistem SAP yang lebih mudah dan cepat.

“Kami memiliki infrastruktur dan prioritas yang berbeda di setiap negara. Dengan teknologi Anchanto yang memudahkan kami dalam memperkuat webstore dan marketplace, kemampuan mereka dalam mengintegrasikan sistem dengan SAP, serta kehadiran Anchanto di kawasan APAC menjadi faktor terpenting bagi kami untuk mempercayakan solusi marketplace kami kepada Anchanto. Panasonic kini telah memasuki dekade baru dengan tujuan bisnis yang semakin besar. Kami ingin menjadi pemain e-commerce terdepan dengan mengembangkan setiap lini bisnis kami,” kata Mr. Jake Hirose, Managing Director Panasonic Appliances Marketing Asia Pacific.

“Kami selalu berupaya mendampingi perusahaan untuk menjalankan dan mengembangkan e-commerce mereka dengan menerapkan teknologi yang kuat dan cepat. Kami bangga dapat bermitra dengan Panasonic dan membantu menerapkan strategi multi kanal jangka panjang miliknya. Kami siap mendukung rencana besar bisnis digital Panasonic di seluruh target pasarnya,” tambah Vaibhav Dabhade, selaku Founder & Chief Executive Officer Anchanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.