Garap Proyek Energi Tenaga Surya, Cleantech Solar Jalin Kerja Sama dengan PT Elangperdana Tyre Industry

Oleh : Ridwan | Senin, 11 Januari 2021 - 16:41 WIB

Ilustrasi energi tenaga surya
Ilustrasi energi tenaga surya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu pengembang photovoltaic (PV) berskala industri dan komersil terbesar di Asia, Cleantech Solar menjalin kerja sama jangka panjang dengan PT Elangperdana Tyre Industry untuk proyek energi tenaga surya sebesar 4,5 MW.

Cleantech Solar menyajikan solusi menyeluruh dan menjamin kinerja sistem PV tenaga surya sepanjang masa perjanjian yang berlangsung selama 25 tahun.

Proyek kerja sama ini mendukung agenda keberlangsungan PT Elangperdana Tyre Industry dengan menghasilkan lebih dari 136.300 MWh listrik bersih atau setara dengan pengurangan lebih dari 117.500 ton emisi CO2.

Dengan beralih ke energi surya, PT Elangperdana Tyre Industry menikmati manfaat sumber listrik yang lebih bersih dan murah serta memberi daya pada proses manufaktur tanpa mengeluarkan investasi lebih lanjut. Langkah ini berkontribusi pada target Indonesia untuk meningkatkan jumlah energi terbarukan hingga ​23%​ pada tahun 2025.

"Selain bertujuan untuk membangun masa depan yang ramah lingkungan, kami ingin meningkatkan kesadaran umum tentang pelestarian lingkungan karena proyek tenaga surya ini akan memainkan peran penting dalam mengurangi emisi karbon kami," kata ​Dicky Mursalie, Managing Director PT Elangperdana Tyre Industry​ di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Tambahan lagi, letak Indonesia di wilayah tropis sangat strategis karena sinar matahari merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah. Melalui upaya berkesinambungan sebagai badan usaha ramah lingkungan yang membawa dampak positif bagi komunitas di mana kami beroperasi, PT Elang Perdana Tyre Industry akan senantiasa mengambil langkah serupa untuk memberikan kontribusi positif bagi karyawan, masyarakat, dan lingkungan," tambahnya.

Raju Shukla, Founder and Executive Chairman Cleantech Solar mengatakan, Cleantech Solar senang dapat bermitra dengan Elang Perdana dalam melakukan transisi menuju sumber daya energi terbarukan.

"Kami menantikan semakin banyak kolaborasi serupa di Indonesia, yang akan membantu perusahaan mencapai target keberlangsungan lingkungan dan penghematan biaya, serta berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia," kata Raju.

Cleantech Solar adalah salah satu pemasok energi terbarukan terbesar di Asia, menggabungkan kapabilitas wilayah dengan ketanggapan dan ketangkasan. Berkantor pusat di Singapura, Cleantech Solar ditunjuk sebagai penyedia pembangkit listrik tenaga surya
di India dan Asia tenggara, mencakup lebih dari 500 MW dalam berbagai tahap operasi, konstruksi dan pengembangan.

Pencapaian ini mencakup instalasi dan proyek di India, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mesin printing digital

Kamis, 25 Februari 2021 - 05:51 WIB

Bhinneka DPS Dukung Pelaku Industri Cetak dan Kemasan Skala Menengah

Gelombang digitalisasi di Indonesia mengalami dorongan yang luar biasa sepanjang 2020. Transformasi operasional bukan lagi sekadar pilihan, melainkan menjadi sebuah keniscayaan hampir di semua…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Rabu, 24 Februari 2021 - 21:01 WIB

Anggaran PEN Naik, Bakal Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Beragam kebijakan ekonomi dilakukan pemerintah pada 2021 ini. Kementerian Keuangan mengalokasikan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 sebesar Rp 699,43 triliun. Dana ini meningkat dari…

Pemkot Tegal resmikan pusat daur ulang sampah

Rabu, 24 Februari 2021 - 20:55 WIB

Jadi Pionir di Indonesia, Pemkot Tegal Resmikan Pusat Daur Ulang Sampah di Mintragen

Setelah resmi bergabung sebagai penyelenggara program "Yok Yok Ayok Daur Ulang!" bersama dengan Trinseo, Kemasan Group dan organisasi pendukung lainnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal hari ini,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 24 Februari 2021 - 19:35 WIB

Menperin Agus Minta Pemda Susun RPIK Sesuai Ketentuan yang Berlaku

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menghimbau setiap daerah untuk dapat menyusun Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kopi Ilustrasi

Rabu, 24 Februari 2021 - 18:59 WIB

Sabtu Besok, Harmonisasi Kopi Indonesia Akan Bahas Tren Bisnis Kopi di Tahun 2021

Event Harmonisasi Kopi Indonesia 2021 bertujuan membantu pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, meningkatkan minat masyarakat Indonesia, Pelaku Usaha, Petani dan Penggiat Kopi untuk lebih…