Dubes RI Nana Yuliana Sampaikan Salinan Surat Kepercayaan Presiden Jokowi untuk Presiden Kuba

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 09 Januari 2021 - 20:15 WIB

Dubes Indonesia Nana Yuliana Serahkan Salinan Surat Kepercayaan Presiden RI (Photo by Kemlu)
Dubes Indonesia Nana Yuliana Serahkan Salinan Surat Kepercayaan Presiden RI (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Havana – Duta Besar Indonesia untuk Kuba, Nana Yuliana temui Wakil Menteri Luar Negeri Kuba, Anayansi Rodriquez untuk menyerahkan salinan Surat Kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Presiden Republik Kuba, Diaz Canel Bermudez.

Dubes Nana sampaikan apresiasi atas bantuan beasiswa yang telah diberikan Pemerintah Kuba kepada 9 pelajar asal Indonesia untuk menempuh pendidikan di Escuela Latinoamericana de Medicina (ELAM).

Dua diantara mahasiswa tersebut saat ini sudah menyelesaikan pendidikannya dan berada di Indonesia.

Wamenlu Anayansi berjanji bahwa Kuba akan melanjutkan pemberian beasiswa kedokteran bagi pelajar Indonesia.

“Peluang dan potensi kerja sama antara Indonesia dan Kuba di beberapa bidang untuk terus ditingkatkan pada tahun 2021. Diplomasi ekonomi, kesehatan dan olahraga menjadi prioritas KBRI Havana kedepannya," ujar Dubes Nana melalui keterangan yang diterima redaksi pada Sabtu (9/1).

Anayansi menyambut baik kehadiran Dubes Nana sebagai Duta Besar RI wanita pertama di Kuba dan semakin meningkatkan peran wanita dalam diplomasi internasional. Terdapat sejumlah Duta Besar wanita dari beberapa negara yang berada di Kuba.

Kemlu Kuba berkomitmen untuk finalisasi draft perjanjian bebas visa diplomatik dan dinas pada tahun 2021. Adapun Indonesia menawarkan capacity building di bidang pertanian dan perikanan guna peningkatan SDM Kuba di sektor tersebut.

Dubes RI menyampaikan dengan kondisi Covid-19 tidak menutup peluang dilakukannya pelatihan maupun diklat-diklat yang dapat dilakukan melalui media virtual.

Dalam bidang ekonomi, investasi dan perdagangan Wamenlu Kuba menyambut baik rencana program Dubes RI untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan, kesehatan, olah raga maupun biofarmasi yang perlu ditingkatkan.

Wamenlu Kuba menyampaikan bahwa kedua negara memiliki persamaan geografis yang dapat menjadi peluang terjadinya kerja sama di bidang pertanian, aquamarine, dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan Konstruksi Layang

Selasa, 13 April 2021 - 08:40 WIB

Luar Biasa!!! Indonesia Bakal Punya Sarana Pelatihan Konstruksi Layang Berstandar Internasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan terhadap para pelaku jasa konstruksi nasional dalam meningkatkan…

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Selasa, 13 April 2021 - 07:50 WIB

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sambutannya mengatakan, latar belakang pemberian nama Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cup 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…