Hingga Kini, Samsung Galaxy M51 Tetap Jadi Smartphone Hemat Energi Berharga Ekonomis

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 08 Januari 2021 - 13:33 WIB

Tampak belakang smartphone Samsung Galaxy M51, ponsel hemat energi dengan fitur lengkap dan ditawarkan dengan harga ekonomis. (Foto: Samsung.com)
Tampak belakang smartphone Samsung Galaxy M51, ponsel hemat energi dengan fitur lengkap dan ditawarkan dengan harga ekonomis. (Foto: Samsung.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kebutuhan terhadap ponsel pintar (smartphone) di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini bukan lagi merupakan gaya hidup mewah (luxury lifestyle) akan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok sehari-hari (daily needs), terutama bagi masyarakat perkotaan.

Pasalnya, sebagian besar dari seluruh waktu kehidupan kita sehari-hari selalu mengandalkan smartphone untuk menjalankan berbagai kegiatan, mulai dari jual-beli online di berbagai maket place yang tersedia hingga kegiatan pekerjaan kantor yang harus dikerjakan dari rumah (work form home/WFH).

Kegiatan yang paling membosankan ketika menggunakan smartphone adalah keharusan kita untuk menyetrum (charge) baterainya berulang kali karena tingginya ritme kerja yang kita lakukan melalui gadget tersebut. Di samping itu, tingginya intensitas pengguna dalam mengandalkan handset tersebut juga mempengaruhi kinerja baterai.

Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka berbagai produsen smarphone terkemuka saat ini berlomba-lomba memproduksi berbagai produk yang hemat energi, dalam artian mereka memproduksi berbagai jenis handset yang dibekali dengan sumber daya listrik (battery) yang mumpuni untuk menampung arus listrik berkapasitas besar agar baterai handset yang digunakan tersebut tidak perlu di-charge bolak-balik.

Salah satu produsen smartphone yang mempertimbangkan kondisi tersebut adalah PT Samsung Electronic Indonesia. Di samping mempertimbangkan penerapan baterai berkapasitas besar, produsen smartphone Korea Selatan ini juga berupaya agar dapat menciptakan sebuah smartphone yang penuh dengan fitur-fitur terkini disertai dengan disain ponsel yang praktis serta dapat dipasarkan dengan harga yang tidak dapat membuat konsumen ‘kantongnya bolong’.

Berdasarkan hal tersebut, Samsung akhirnya menciptakan smartphone Samsung Galaxy M51, yaitu sebuah ponsel pintar yang penuh dengan berbagai fitur (full features smartphone) dan dilengkapi oleh baterai berkapasitas besar untuk mendukung pengoperasian gadget tersebut.

Samsung Galaxy M51 tersebut dibekali dengan baterai berkapasitas 7.000 mAh (milliAmpere hour). Baterai berkapasitas sebesar itu dapat mendukung pengoperasian gadget secara penuh selama dua hari berturut-turut, tepatnya hingga mencapai sekitar 40 jam tanpa harus di-charge.

Akan tetapi jika gadget tersebut dioperasikan secara reguler menurut standar yang ada, maka baterai berkapasitas sebesar itu dapat mendukung pengoperasian hingga mencapai tiga hari berturut-turut, atau hingga mencapai lebih dari 60 jam tanpa harus di-charge.

Di samping itu, ketika di-charge dengan menggunakan charger berkapasitas 25 watt, baterai itu dapat terisi hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Sedangkan agar dapat terisi penuh, maka charger tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mengisi ulang baterai tersebut. Bahkan, karena begitu besar kapasitas listrik yang dapat disimpan pada baterai gadget tersebut, maka Samsung Galaxy M51 dapat berpotensi menjadi powerbank bagi perangkat lainnya.

Kendati baterai berkapasitas besar, namun desain Samsung Galaxy M51 ini tetap terlihat ramping (slim). Pada generasi sebelumnya, jika ada produk handset yang dilengkapi baterai berkapasitas besar, maka tampilan desainnya akan tampak besar sehingga terkesan kurang praktis untuk dibawa atau dikantongi. Tetapi berbeda dengan desain Samsung Galaxy M51 yang tetap terlihat slim, sehingga membuat banyak konsumen yang hampir tidak percaya ketika memegangnya.

Dengan ketebalan 9,5 milimeter (mm), desain Samsung Galaxy M51 terlihat seperti kebanyakan smartphone pada umumnya. Itu setelah dibandingkan dengan Samsung Galaxy M31S yang memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAh dan ketebalan 9,3 mm serta Samsung Galaxy A31 yang memiliki ketebalan 8,6 mm dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Tetapi yang membedakan dengan produk lainnya adalah Samsung Galaxy M51 memiliki energi yang cukup besar dan dapat melakukan berbagai pekerjaan berat tetapi tetap terasa ringkas di tangan seiring dengan bobot yang hanya 213 gram. Karena itu, smartphone ini tetap nyaman ketika dipegang dengan satu tangan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Untuk penampilannya, Samsung Galaxy M51 ini masih mengadopsi desain khas ponsel Samsung yang di bagian atas layarnya terdapat punch hole yang bernama Infinity O Display. Bagian belakang dari gadget ini dibuat dari material plastik yang sangat bening seperti kaca (glasstic) dan dilengkapi dengan rangka plastik yang mengkilap. Material ini juga tidak licin saat digenggam tangan.

Meski demikian, konsumen gadget ini disarankan untuk memasang casing yang harus dibeli secara terpisah karena Samsung menjual paket smartphone ini tidak memberikan bonus casing silikon yang transparan.

Semua tombol pada Samsung Galaxy M51 ini terletak di sisi kanan. Tombol pengaturan suara (volume) dan tombol on/off aliran listrik (power) ditempatkan menyatu dengan sensor sidik jari sehingga sensor tersebut lebih mudah dijangkau dan lebih cepat dalam memindai.

Di sisi kiri gadget tersebut terdapat slot dual nano SIM Card dan microSD yang mendukung memory hingga 512 GB. Sedangkan di sisi bawah gadget tersebut terdapat lubang jack audio berdiameter 3,5 mm; USB Type C yang biasanya digunakan untuk men-charge baterai gadget; serta speaker dan microphone hub.

Ponsel Samsung Galaxy M51 ini juga mengusung layar display Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci disertai resolusi berkapasitas 1.080 x 2.400 pixel dengan kerapatan 392 ppi dan aspek rasio 20:9 sehingga layar terlihat cerah dan memiliki reproduksi warna yang baik kendati digunakan di bawah sinar matahari.

Layar display ini juga dilengkapi dengan filter cahaya biru yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata pengguna gadget ini untuk waktu yang panjang. Itu dimungkinkan karena pengguna dapat mengatur jadwal pengaktifan filter tersebut. Selain itu, terdapat pula mode gelap terang untuk memberikan kenyamanan mata.

Samsung Galaxy M51 mengusung empat kamera yang diletakkan di sudut kiri atas bagian belakang, yang terdiri dari kamera utama berkapasitas 64 megapixel (MP) dengan sensor IMX682, kamera ultra wide berkapasitas 12 MP, kamera makro berukuran 5 MP, serta kamera depth berkapasitas 5 MP. Keempat kamera ini menghasilkan gambar yang cerah dan tajam sehingga dapat menampilkan detail foto yang sangat baik. Adapun kamera bagian depan berkapasitas 32 MP yang dilengkapi sensor IMX616.

Selain itu, Samsung Galaxy M51 ini memiliki fitur beragam yang bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan fotografi yang dibuat gadget tersebut. Salah satu fitur tersebut adalah Single Take yang dapat mengambil foto dan video secara bersamaan sehingga tidak melewatkan berbagai momen indah yang terjadi ketika penggunaan gadget tersebut berlangsung.

Sementara itu, ultra wide mode dapat menangkap area foto yang cukup luas sehingga tidak menyebabkan masalah perubahan warna foto dengan warna asli obyek foto. Lensa makro gadget tersebut dapat menangkap beberapa bidikan jarak dekat dengan hasil yang memuaskan. Adapun Live Focus Mode dapat berfungsi dengan baik sehingga menciptakan efek bokeh yang baik.

Berbagai keunggulan kinerja Samsung Galaxy M51 tersebut ditopang oleh eksistensi Snapdragon 730G SoC yang menjadi jantung penggerak operasional gadget tersebut. Ponsel ini memiliki RAM sebesar 8 GB dan dilengkapi ROM 128 GB. Untuk penggunaan harian, ponsel ini mampu dioperasikan secara seamless untuk menangani seluruh pekerjaan multitasking yang berat hingga bermain game Call of Duty Mobile dengan mudah.

Dengan demikian, Samsung Galaxy M51 ini secara keseluruhan merupakan salah satu ponsel terbaik Samsung yang hemat energi dan berharga ekonomis hingga kini. Kendati memiliki baterai berkapasitas besar, tetapi bodinya tidak terlihat bongsor, bahkan masih nyaman digenggam dengan satu tangan.

Layar display cukup luas dan menyajikan warna-warni yang menawan dan cerah. Kinerja untuk melaksanakan beragam tugas cukup lancar karena baterainya mampu mendukung seluruh kegiatan pemilik gadget tanpa harus memikirkan charger maupun powerbank.

Samsung Galaxy M51 ini juga memiliki fitur Near Field Communication (NFC) dan Dolby Atmos. Fitur NFC memungkinkan konsumen untuk melakukan isi ulang uang elektronik secara praktis melalui gadget tersebut. Adapun Dolby Atmos sangat memanjakan telinga ketika menikmati berbagai konten gadget tersebut.

Seluruh keunggulan yang disajikan Samsung Galaxy M51 ini dapat kita nikmati dengan hanya mengeluarkan dana Rp5,499 juta saja. Harga tersebut cukup wajar disematkan pada sebuah smartphone secanggih Samsung Galaxy M51 yang dapat melakukan berbagai tugas kerja yang berat serta menyediakan berbagai fitur yang berguna. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:31 WIB

Tahun 2020, Pendapatan Semen Indonesia Melorot Sebesar 12,87 Persen

penurunan disebabkan oleh turunnya permintaan akan produk bahan bangunan serta beberapa proyek strategis nasional yang mengalami penundaan, akibat kebijakan realokasi anggaran pemerintah.

Label Kemasan

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:24 WIB

Cegah Diabetes, Nutrifood: Masyarakat Harus Cerdas Baca Label Kemasan

Jakarta– Dalam rangka peringatan Hari Obesitas Sedunia, Nutrifood bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengedukasi…

PT Brantas Abipraya (persero)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:20 WIB

Mantap!!! Brantas Abipraya Raih Penghargaan K3L Tingkat Dunia

Level ini menunjukkan bahwa Brantas Abipraya telah teruji proaktif sistem budaya K3L-nya baik di lapangan maupun di bagian administrasi melalui hasil survei dan observasi mendalam.

Anggota HIPMI

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:05 WIB

Siap-siap! Jumat Besok, Bos-bos Muda di RI Bakal 'Serbu' Jakarta, Presiden Jokowi Dipastikan Hadir!

Ketua Panitia Rakernas HIPMI XVII Rohalim Boy Sangadji mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) merangkul dan mengajak tokoh nasional baik pengusaha…

Apotik PT Kimia Farma (Persero) (BeritaSatu)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:03 WIB

Kabar Baik untuk Pelaku UKM, Produknya Bisa Jualan di Apotek Kimia Farma, Begini Caranya

Jakarta - Kabar baik datang untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM) karena produknya berpeluang masuk apotek PT Kimia Farma Tbk.