PT Mokko Otomasi Indonesia Sabet Startup4Industry 2020, Kemenperin: Ini Jadi Ajang Show Off Solusi Teknologi Karya Startup Indonesia

Oleh : Candra Mata | Kamis, 07 Januari 2021 - 15:05 WIB

Ilustrasi Industry 4.0
Ilustrasi Industry 4.0

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian terus mendorong industri kecil menengah (IKM) dapat terus bersaing dikancah global dengan cara bertransformasi ke arah digital seiring dengan perkembangan era industri 4.0. 

Salah satunya dengan menyelenggarakan ajang Startup4Industry 2020. Kegiatan ini sendiri merupakan bagian implementasi program prioritas pada peta jalan Making Indonesia 4.0. 

Dari gelaran Startup4Industry 2020 ini, sebanyak 20 startup Indonesia dipilih menjadi finalis dan ikut serta dalam Expose Day, salah satunya ialah PT Mokko Otomasi Indonesia.

CEO PT. Mokko Otomasi Indonesia M. Fajar Adiatmoko menyampaikan, semakin bertumbuhnya industri di Indonesia, semakin banyak pula sistem otomasi dan conveyor yang ada untuk menunjang produksi yang efesien dan efektif. 

“Sistem otomasi bertujuan untuk menciptakan sistem kendali yang bekerja secara otomatis dalam menjalankan mesin dan peralatan untuk fasilitas dan pabrik produksi,” jelasnya melalui keterangan tertulis yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Kamis (7/1/2021).

PT. Mokko Otomasi Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang berpengalaman sejak awal tahun 2016 dalam bidang industri manufaktur dan proses industri.

Perseroan memiliki beberapa produk unggulan dengan sistem otomasi, antara lain Programable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), Servo Drive & Motor, Inverter (VFD), SCADA, dan Internet of Thinks (IoT).

Sedangkan sistem konveyor merupakan suatu sistem mekanik yang mempunyai fungsi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Sistem ini banyak dipakai di industri untuk transportasibarang yang jumlahnya sangat banyak dan berkelanjutan. 

“Sebagai contoh, produk unggulan kami untuk mendukung ini adalah Belt Conveyor, Roller Conveyor, Modular Conveyor, Table Top Chain Conveyor, dan Palletizing System,” pungkas Fajar.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan Expose Day merupakan ajang show off solusi teknologi karya startup Indonesia kepada masyarakat dan para pelaku industri sehingga tema kompetisi tahun 2020 yaitu Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri dapat terwujud.

Dalam ajang tersebut, menurutnya dipilih lima pemenang dengan mempertimbangkan empat aspek, yakni peluang bisnis, teknis, kelayakan implementasi, dan dampak inovasi. 

“Salah satu pemenang Startup4Industry 2020 adalah PT. Mokko Otomasi Indonesia, sebuah perusahaan di Gresik, JawaTimur yang bergerak dibidang Automation, IT dan Sistem Kontrol di industri,” pungkas Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…