Mampu Kerek PMI ke Level 51,3, Sejumlah Asosiasi Industri Apresiasi Tangan Dingin Menperin AGK: Terimakasih Pak...

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Januari 2021 - 17:53 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia berhasil menembus level 51,3 pada Desember 2020. Torehan tersebut naik dibanding capaian bulan November yang berada di posisi 50,6. 

Bahkan hasil tersebut meningkat nyaris 100 persen dari catatan PMI Manufaktur Indonesia pada April 2020 lalu yang merosot hingga menyentuh level 27,5.

Kembalinya level ekspansif tersebut tentunya tidak lepas dari kinerja gemilang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang berhasil menciptakan sejumlah kebijaakan penting untuk sektor industri di masa pandemi Covid-19, salah satunya yaitu Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pak Menteri beserta jajarannya di Kemenperin. Terimakssih Pak, selama masa pandemi Covid-19 ini terutama dengan pemberian IOMKI sehingga pabrik dapat beroperasi selama pandemi," kata Ketua Umum Asosiasi Produsen Gelas Kaca Indonesia (APGI) Henry Sutanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Selain itu, APGI juga mengapresiasi usaha Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita yang telah berhasil merealisasika  Perpres Nomor 40 Tahun 2016 tentang penurunan harga gas menjadi USD 6 pper MMBTU.

"Penurunan harga gas menjadi kunci penting untuk mendongkrak daya saing industri khususnya dalam menghadapi pandemi covid-19," terangnya.

Menurutnya, gerak cepat Menperin Agus dengan dua kebijakan tersebut menjadi angin segar yang menyemangati industri Tanah Air di tengah lesunya sektor industri tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 dan persaingan pasar internasional yang sangat ketat.

"Kami berharap di tahun 2021 ini industri gelas kaca dapat menggunakan utilisasi ekstra yang belum terpakai selama ini hingga bisa terpakai secara maksimal dan bahkan ekspansi," ungkap Henry.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto. Menurutnya, Menperin Agus merupakan sosok yang responsif dan pro industri dalam negeri.

"Ya, beliau sangat responsif dan pro industri," kata Edy saat dihubungi Industry.co.id.

Dijelaskan Edy, kegiatan produksi industri keramik memanh berangsur-angsur meningkat dari kuartal ke kuartal.

Berdasarkan catatan Asaki, kapasitas produksi pada kuartal I/2020 mencapai 65%, di kuartal II/2020 anjlok menjadi 30%. Sedangkan di kuartal III/2020 kembali merangkak naik ke angka 60%, dan kembali meningkat ke angka 70% di kuartal IV/2020.

"Kami memproyeksikan kapasitas produksi akan tembus angka 70-72,5 % di kuartal I-2021," ungkap Edy.

Sebelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan rasa gembiranya terkait beberapa indikator ekonomi yang sudah mulai menunjukkan pemulihan pada kuartal empat atau tepatnya di Desember 2020 lalu.

Bahkan dirinya sangat optimistis di tahun 2021 ini akan menjadi momentum pemulihan industri dan ekonomi nasional.

"Kita bisa lihat, PMI manufaktur telah kembali ke level ekspansif dan indeks keyakinan konsumen mulai mengalami peningkatan," kata Rosan dalam keterangannya yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Selasa (5/1).

"Ini sangat menggembirakan," pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Perindusterin Agus Gumiwang Kartasasmita yang dihubungi redaksi Industry.co.id pada Selasa (5/1/2021) mengucapkan rasa syukurnya atas berbagai strategi kebijakan dan kerja keras Kemenperin bersama-sama seluruh stake holder dapat mengembalikan PMI Manufaktur Indonesia ke level 51,3.

"Alhamdulillah, ini capaian yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada para pelaku industri yang tetap berusaha semaksimal mungkin mengoptimalkan sumber daya yang ada di tengah keterbatasan yang ada," ucapnya.

"Hal ini juga menunjukkan bahwa langkah-langkah kebijakan Kementerian Perindustrian mampu mendorong hal ini," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…

Loker Perpusnas Jl Medan Merdeka Selatan Jakarta

Rabu, 17 April 2024 - 22:20 WIB

Perpusnas Mohon Maaf Atas Kehilangan Barang di Loker Perpusnas Jl Medan Merdeka Selatan

Perpusnas mengimbau kepada pemustaka baik secara langsung maupun melalui pengeras suara untuk selalu membawa ponsel, laptop, dompet serta barang berharga lainnya dan tidak meninggalkannya di…