Kembali Bergairah! Menperin Sebut Tiga Sektor Industri Manufaktur Ini Bakal Tumbuh Ciamik

Oleh : Candra Mata | Rabu, 06 Januari 2021 - 12:27 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Peridusterian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) mengungkapkan rasa optimistisnya ditahun 2021 ini aktivitas industri dan tren investasi industri di tanah air akan semakin membaik.

Hal tersebut lantaran capaian gemilang PMI Manufaktur yang kembali ekspansif atau kembali kelevel 51,3 pada desember 2020 lalu.

Selain manufaktur, industri pengolahan non migas juga terus menunjukkan tren pertumbuhan positif meskipun PDB diproyeksikan mengalami kontraksi 2,23% akibat dampak pandemi Covid-19.

"Sepanjang 2020, nilai investasi industri pengolahan nonmigas diperkirakan mencapai Rp265,28 triliun atau naik 24,48% dari realisasi investasi pada 2019 senilai Rp213,11 triliun," ungkap Menperin Agus dalam keterangannya yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Rabu (6/1/2021).

"Pada tahun ini (2021-red) investasi diproyeksikan naik 21,97% menjadi Rp323,56 triliun," jelasnya lagi.

Selain itu, Menperin AGK juga mengungkapkan setidaknya terdapat tiga subsektor yang diproyeksi bakal mampu mencatatkan akselerasi pertumbuhan ciamik pada 2021 ini.

Tiga sektor tersebut ialah industri makanan, minuman, serta kertas dan barang dari kertas. 

"Kemenperin mencatat, industri minuman misalnya, dapat tumbuh 4,39% secara tahunan pada 2021," paparnya.

Tak hanya itu, Agus juga optimistis sektor industri manufaktur lainnya akan terus menunjukkan pemulihan ditahun kerbau logam ini.

"Kita juga akan terus memberikan perhatian khusus pada beberapa sektor manufaktur, seperti industri farmasi, produk obat, kimia, obat tradisional, bahan kimia, barang dari bahan kimia, logam dasar, dan makanan," ungkapnya.

Industri tersebut dan seluruh sub sektor manufaktur akan kembali ke jalur positif dan kembali bergairah. 

“Dengan asumsi pandemi sudah bisa dikendalikan dan aktivitas ekonomi sudah bisa kembali pulih, kami memproyeksikan pertumbuhan industri manufaktur pada 2021 akan tumbuh 3,95%,” jelasnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, meskipun masih di tengah tekanan berat akibat pandemi Covid-19, geliat industri manufaktur di dalam negeri terus menunjukkan tren positif dan menembus fase ekspansif.

Hal tersebut tercermin dari Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Desember 2020 yang tercatat di level 51,3 atau naik dibanding capaian bulan sebelumnya (November-red) yang berada di posisi 50,6. 

Bahkan capaian tersebut meningkat nyaris 100 persen dari indeks PMI Manufaktur dibulan April 2020 yang merosot tajam ke level 27,4.

Peningkatan indeks ini sendiri didukung adanya pertumbuhan pesanan baru, yang mengacu ekspansi solid pada output. 

Kenaikan ini juga merupakan tercepat kedua dalam sejarah survei selama hampir sepuluh tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…