PT WIKA Realty Siap Jadi Induk Hotel BUMN

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 29 Desember 2020 - 18:15 WIB

Penandatanganan Pembentukan Holding Hotel BUMN
Penandatanganan Pembentukan Holding Hotel BUMN

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT WIKA Realty [WIKA Realty] menunjukan kesiapannya menjadi induk holding hotel BUMN.

Hal itu ditunjukkan dengan ditandatanganinya Perjanjian Komitmen Jual Beli Saham antara PT WIKA Realty masing-masing dengan PT Aero Wisata - anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., PT Hotel Indonesia Natour (Persero) [HIN] dan PT Patra Jasa – anak usaha PT Pertamina (Persero), serta Perjanjian Komitmen Jual Beli Asset dengan PT  Pegadaian di Jakarta.

Mewakili WIKA Realty dalam penandatanganan tersebut adalah Direktur Utama, Koko Cahyo Kuncoro dan Direktur Utama Perseroan lainnya, yaitu: PLT Direktur Utama PT Patra Jasa, Teddy Kurniawan Gusti, Direktur Utama Hotel Indonesia Natour, Iswandi Said, Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, dan Direktur Utama Aero Wisata, Beni Guwanan.

Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, para Direktur Utama BUMN; PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk., PT Pertamina (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., dan Manajemen BUMN lainnya.

Lebih lanjut, Penandatanganan Perjanjian Komitmen Jual Beli tersebut adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Bersama Rencana Konsolidasi Bisnis Hotel BUMN yang telah ditandatangani pada September 2020 lalu.

“Konsolidasi bisnis hotel ini sejalan dengan langkah menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang kompetitif sekaligus mengatur lini bisnis hotel BUMN sehingga BUMN Induk yang sebelumnya membawahi anak-anak usaha hotel dapat dapat menjalankan bisnis sesuai bisnis inti yang dimiliki, ”ujar Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (29/12).

Selain itu, kebijakan ini terang Kartika juga didesain sesuai dengan rencana efisiensi, perampingan BUMN sebagai institusi bisnis dan global player, menjalankan dan mendukung program pemerintah di bidang pariwisata, serta meningkatkan daya saing dan penciptaan nilai dari konsolidasi bisnis hotel BUMN.

Perjanjiian ini merupakan bagian dari pembentukan holding hotel yang pada tahap pertama terdapat 22 hotel yang akan terkonsolidasi dalam pembentukan Holding Hotel BUMN yaitu 11 hotel milik Hotel Indonesia Natour, 1 Hotel milik Aero Wisata, 1 hotel milik PT Patra Jasa, dan 9 hotel milik PT Pegadaian.

Hotel Indonesia Natour, memiliki 11 unit hotel dan resort di Bali, Jawa, dan Sumatera yakni Inaya Putri Bali, Grand Inna Kuta, Grand Inna Padang, Grand Inna Malioboro, Grand Inna Tunjungan, Grand Inna Samudra Beach, Grand Inna Medan, Inna Tretes, Inna Parapat, Inna Sindhu Beach, dan Inna Bali Heritage.

PT Aero Wisata yang merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., memiliki Kila Senggigi Beach Lombok. Adapun PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Patra Jasa memiliki dan mengelola The Patra Bali Resort & Villas.

Sementara, PT Pegadaian memiliki 9 hotel yang dikelola oleh anak perusahaan PT Pesonna Indonesia Jaya dan tersebar di Makassar, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Tegal, Pekalongan dan Surabaya.

Sedangkan PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk., melalui entitas anaknya, PT Wika Realty saat ini mengelola 7 kondotel yakni Best Western Papilio Hotel di Surabaya, Best Western Premiere La Grande Hotel di Bandung, Wyndham Tamansari Jivva Resort, Golden Tulip Jineng Resort Bali, Best Western The Lagoon Manado Hotel, Best Western Premiere The Hive Hotel Jakarta dan Kyriad Hotel Airport Tangerang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Laptop Acer yang terus berinovasi

Senin, 01 Maret 2021 - 05:40 WIB

Acer Enduro N3 Hadir sebagai Laptop Tahan Banting Kondisi Ekstrem

Acer menghadirkan lini terbaru bernama Acer Enduro, perangkat komputasi tangguh yang memenuhi standar sertifikasi militer. Perangkat ini didesain untuk mereka yang bekerja di lingkungan keras…

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…