Siap-siap! Sanksi Menanti Bagi Warga yang Menolak Vaksinasi Covid-19

Oleh : Candra Mata | Minggu, 27 Desember 2020 - 19:10 WIB

926 Pegawai Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Disuntik Vaksin dan Vitamin
926 Pegawai Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Disuntik Vaksin dan Vitamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah tengah gencar mengedukasi masyarakat terkait pentingnya Vaksinasi dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Hal tersebut menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, agar kekebalan imunitas atau herd Immunity semakin mudah tercapai. 

"Pemerintah juga memastikan bahwa vaksin yang nanti digunakan aman, berkhasiat minim efek samping dan tentunya halal," ungkap Wiku dalam keterangannya beberapa waktu lalu seperri dikutip redaksi Industry.co.id pada Minggu malam (27/12).

Adapun untuk masyarakat yang menolak, menurutnya, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sanksi. 

"Sanksi ini agar masyarakat patuh dan ikut serta dalam program vaksinasi, agar tercapai herd immunity," tegasnya.

Selain itu, Pemerintah juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi vaksin Covid-19 berjalan dengan lancar. 

Dijelaskan Wiku, saat ini secara umum kesiapan daerah sudah cukup baik.  

"Untuk distribusi vaksin itu sendiri, nantinya akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi pada tingkat penularan yang tinggi," jelasnya. 

Lalu, terkait update uji klinis vaksin Sinovac, sebut Wiku saat ini tengah berlangsung dilakukan Universitas Padjajaran dan PT Bio Farma.

"Uji klinis ini dilakukan untuk melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi," ungkapnya.

"Hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya ermergency use of authorization (EUA)," pungkasnya. 

Perlu diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo  (Jokowi) menegaskan akan menggratiskan pemberian vaksin Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya sampaikan pemberian vaksin tidak dipungut biaya alias gratis, sekali lagi gratis. Saya harap semua mau (divaksin), tidak ada yang menolak," ujar Jokowi dalam keterangan virtualnya di kanal Sekretariat Presiden di Youtube, Jumat, 18 Desember 2020 lalu.

Jokowi berharap masyarakat tidak menolak untuk disuntik vaksin Covid-19 karena vaksinasi merupakan salah satu upaya agar Indonesia terbebas dari pandemi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…