Hotel Image Bandung Raih Sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 26 Desember 2020 - 11:15 WIB

Hotel Image
Hotel Image

INDUSTRY.co.id - BandungIndustri pariwisata di kota Bandung masih tetap bertahan meski berada di tengah pandemi. Jelang libur Natal dan akhir tahun 2020, diperkirakan jumlah wisatawan yang datang ke kota kembang ini akan meningkat.

Pemerintah kota melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pun beberapa waktu yang lalu menghimbau agar pengelola hotel untuk bisa menjamin keamanan dan kenyamanan para tamu di masa pandemi Covid 19.

Tingkat okupansi menjelang libur panjang akhir tahun bisa mencapai 80 hingga 100 persen dilihat dari data tahun-tahun sebelumnya. 

Sebagai hotel yang berlokasi di pusat kota Bandung, banyak pelancong lokal dan mancanegara yang dengan anggaran terbatas memilih hotelnya sebagai tempat menginap.

“Konsep kami adalah budget hotel, jadi para tamu hanya membayar layanan sesuai yang dibutuhkan. Inilah menjadi daya tarik karena memang orang datang ke Bandung buat jalan-jalan, bukan untuk istirahat,” tutur General Manager Hotel Image Arianto Setiawan melalui keterangan yang diterima redaksi pada Sabtu (26/12).

Di masa pandemi ini, Hotel Image juga turut mematuhi aturan pemerintah dalam memberikan jaminan keamanan dan kesehatan bagi para tamu yang datang menginap di sana.

Salah satunya adalah dengan mengikuti sertifikasi CHSE (Cleanlineds, Health, Safety & Enviroment Sustainability) dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan hasil memuaskan.

“Sertifikas CHSE berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudsh memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan. Dan kami termasuk salah satu hotel pertama di Bandung yang menerima audit ini,” tutur Arianto.

Sertifikat CHSE diberikan kepada usaha pariwisata, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata. Adapun jenis usaha yang bisa didaftarkan antara lain Daya Tarik Wisata, Desa Wisata Homestay/Pondok Wisata, Hotel Restoran/Rumah Makan, Tempat Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi dan Pameran,  Arung Jeram, Golf  dan Usaha Wisata Selam.

Dalam mendapatkan sertifikasi ini pelaku industri harus melewati tiga tahapan yaitu Tahap Penilaian Mandiri, Tahap Deklarasi Mandiri, Tahap Penilaian dan Tahap Pemberian Sertifikat.

“Kami harus mendapatkan sertifikasi ini karena lokasi kami yang cukup strategis dengan pusat-pusat wisata di kota Bandung, sehingga pelancong tidak perlu khawatir dengan potensi terpapar virus korona saat berada di hotel. Lokasi kami mudah diakses dari Braga, Trans Studio Mall, Alun-Alun dan pusat perbelanjaan. Dan bagi pecinta sejarah dan budaya, area Jalan Asia Afrika tentu sudah cukup dikenal luas,” tambah Arianto.

Selain mematuhi prokes, hotel ini juga mengakomodasi kebutuhan penyandang disabilitas dengan memberikan jalur khusus.  Merujuk pasal 18 UU No. 8 tahun 2016, ditegaskan bahwa hak aksesibilitas untuk Individu difabel meliputi hak untuk memanfaatkan fasilitas publik dan mendapatkan akomodasi yang layak sebagai bentuk aksesibilitas bagi individu.

“Tentu kami sangat memperhatikan hal seperti ini, karena tamu kami yang difabel harus mendapat standard layanan yang sama dengan tamu-tamu lainnya.  Kami ingin mendukung kebijakan pemerintah kota Bandung yang membentuk tim khusus untuk mengakomodasi kebutuhan para difabel,“ ungkapnya.

Seperti diketahui, Walikota Bandung Oded M Danial telah membentuk Tim Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) bagi penyandang disabilitas.

RBM dibentuk sebagai wujud komitmen pemerintah memberikan akses seluas-luasnya kepada para difabel terhadap seluruh kebutuhannya. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga lapangan kerja.

“Kami mengambil bagian di industri pariwisata dengan memberikan fasilitas publik yang aman dan nyaman bagi mereka,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pupuk

Selasa, 13 April 2021 - 09:00 WIB

Pupuk Indonesia Kenalkan Inovasi Digitalnya ke Eropa Melalui Hannover Messe (HM) 2021

PT Pupuk Indonesia (Persero), menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe…

Pelatihan Konstruksi Layang

Selasa, 13 April 2021 - 08:40 WIB

Luar Biasa!!! Indonesia Bakal Punya Sarana Pelatihan Konstruksi Layang Berstandar Internasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan terhadap para pelaku jasa konstruksi nasional dalam meningkatkan…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:34 WIB

Di Pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Rayu Jerman untuk Bermitra Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Dalam sambutannya pada pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Joko Widodo menyebutkan, perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara dan akan…

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.