Gus Yaqut Jadi Menag, Netizen: Kehidupan Beragama di Republik Ini Akan Semakin Damai & Rukun

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 20:58 WIB

H. Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama (Doc:tribun)
H. Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama (Doc:tribun)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Jokowi resmi menunjuk Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Penunjukan Gus Yaqut-sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas itu, disambut baik netizen.

Beragam komentar diramaikan netizen baik di media sosial Twitter maupun Facebook. Mereka rata-rata mengucapkan selamat atas terpilihnya Gus Yaqut sebagai Menteri Agama dan berharap amanah.

Netizen juga menilai penunjukan Gus Yaqut sebagai Menteri Agama sangat tepat karena selama ini Ketua Umum GP Ansor itu dinilai yang paling getol menyuarakan perang terhadap radikalisme dan intoleransi.

“Keluarga Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan selamat dan sukses kepada Gus Yaqut Cholil Qoumas (@Ansor_Satu) atas amanah barunya menjadi Menteri Agama RI 2020-2024. Semoga berkah dan manfaat untuk kemajuan bangsa dan negara. Amin. Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad," tulis aku @nahdlatululama.

Penunjukan Gus yaut sebagai Menteri Agama juga disikapi positif netizen lainnya dan berharap negara ini bisa rukun.

"Saya pribadi yg umat Katolik menyambut baik & bersyukur atas amanah Presiden @jokowi kepada Gus Yaqut sebagai Menag baru. Saya yakin, kehidupan beragama di Republik ini kedepannya akan makin damai & rukun yg sebenarnya. #AkuCintaNKRI_Pancasila," cuit @inaTioDee

Komika Ernest Prakasa juga ikut mengucapkan selamat kepada Gus Yaqut.

"Bagi Gus @Ansor_Satu, pasti kejadian itu hanya sebuah pertemuan biasa. Tapi bagi saya, malam itu amatlah berkesan. Saya datang dengan ketakutan dan pulang dengan hati yang lebih tenang. Ternyata ada yang peduli & mendukung. Makasih banyak Gus. Selamat mengemban amanat," tulis @ernetsprakasa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pergantian menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Hal ini diumumkan langsung oleh Jokowi secara virtual.

"Sore yang berbahagia ini saya dengan bapak wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di Anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu saya akan memperkenalkan satu persatu," katanyaa, Selasa (22/12/2020).

Selain nama Gus Yaqut, lima menteri baru lainnya yaitu Tri Rismaharini yang didapuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara.

Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama.

Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan dr Terawan.

Nama lainnya adalah, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo, dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 11:15 WIB

Bangkitkan Ekonomi, Pentas Seni Sastra Saraswati Sewana diharapkan Bisa digelar Tiap Tahun

Saat menghadiri Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali beberapa waktu lalu,…

Anthony Leong Pakar Digital

Senin, 16 Mei 2022 - 11:05 WIB

Ini Saran Pakar Agar Perang Digital di Pilpres 2024 Kondusif

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi masih akan diwarnai oleh perang buzzer atau pendengung. Fenomena perang buzzer sebelumnya terjadi pada Pilpres 2014 dan 2019.