Wow! RI Sebentar Lagi Bakal Kebanjiran Duit, 105 Perusahaan Asal Norwegia Siap Investasi Energi Terbarukan di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Desember 2020 - 18:05 WIB

Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya
Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oslo, Norwegia melaporkan sekitar 105 perusahaan migas dan energi terbarukan asal negara tersebut siap bekerja sama dan berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Duta Besar RI di Oslo, Todung Mulya Lubis dengan Norwep, Greater Stavanger dan Pemerintah Kota di Stavanger, Norwegia (17/12), kemarin.

Adapun Stavanger merupakan kota ketiga terbesar di Norwegia yang terkenal dengan industri migas, energi terbarukan dan pengembangan digital.

Minat perusahaan Norwegia tersebut disampaikan Bjørn Khars, Direktur untuk Inggris, Australia, Indonesia, Mesir dan Afrika Barat di Norwep/Norwegian Energi Partners.

Norwep adalah organisasi nonprofit Norwegia untuk membantu pengembangan industri dan bisnis bidang energi Norwegia di luar negeri.

"Para perusahaan ini telah menghubungi kami untuk menggali potensi dan mencari mitra kerja di Indonesia," ujar Bjørn dalam keterangan resmi KBRI Oslo dikutip kumparan, Senin (21/12). 

Beberapa perusahaan tersebut antara lain adalah SN Power, Scatec Solar, Equinor, Tinfoss, dan Nexans Norway.

Rencana ini pun disambut baik oleh Dubes RI Todung Mulya Lubis. Todung menyatakan, Indonesia siap merealisasikan minat tersebut menjadi kerja sama yang konkret. 

"Ini adalah waktu yang tepat untuk investasi di Indonesia khususnya dengan pengesahan UU Cipta Kerja yang semakin memudahkan proses investasi di Indonesia," ujarnya.

Apalagi Indonesia dan Norwegia juga tengah dalam tahap akhir untuk memulai perjanjian Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) yang akan membuka lebih banyak potensi baru untuk kedua negara.

Tak hanya soal migas, dalam pertemuan tersebut perwakilan dua negara juga membahas mengenai pengembangan kerja sama digital dengan kota Stavanger.

"Stavanger sedang meningkatkan kapasitas industri digital dan pembangunan smart city sebagai solusi tenaga kerja dan tingkat populasi usia lanjut di Norwegia" ujar Birger Haraldseid, Opportunity Manager Greater Stavanger, organisasi kamar dagang wilayah Stavanger.

Potensi ini pun akan dimanfaatkan Indonesia untuk mengembangkan industri digital ekonomi nasional dan pengembangan sumber daya manusia di bidang digital. 

Adapun kunjungan ke Stavanger ini merupakan bagian dari usaha Kedutaan Besar RI di Oslo untuk membuka kerja sama konkret dan menarik investasi Norwegia ke Indonesia. Khususnya untuk membantu pemulihan ekonomi nasional yang saat ini tengah mengalami tantangan akibat situasi Pandemi COVID-19.

Norwegia adalah salah satu mitra penting Indonesia di kawasan Skandinavia. Pada tahun 2019, total perdagangan kedua negara mencapai USD 286 juta dengan investasi Norwegia di Indonesia senilai USD 16,88 juta di 32 proyek.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cup 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…

 Helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation

Selasa, 13 April 2021 - 05:00 WIB

Aksi Keji, KKB Teror Satu Helikopter di Puncak Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan. Kali ini, satu unit helikopter…