Wow! RI Sebentar Lagi Bakal Kebanjiran Duit, 105 Perusahaan Asal Norwegia Siap Investasi Energi Terbarukan di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Desember 2020 - 18:05 WIB

Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya
Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oslo, Norwegia melaporkan sekitar 105 perusahaan migas dan energi terbarukan asal negara tersebut siap bekerja sama dan berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Duta Besar RI di Oslo, Todung Mulya Lubis dengan Norwep, Greater Stavanger dan Pemerintah Kota di Stavanger, Norwegia (17/12), kemarin.

Adapun Stavanger merupakan kota ketiga terbesar di Norwegia yang terkenal dengan industri migas, energi terbarukan dan pengembangan digital.

Minat perusahaan Norwegia tersebut disampaikan Bjørn Khars, Direktur untuk Inggris, Australia, Indonesia, Mesir dan Afrika Barat di Norwep/Norwegian Energi Partners.

Norwep adalah organisasi nonprofit Norwegia untuk membantu pengembangan industri dan bisnis bidang energi Norwegia di luar negeri.

"Para perusahaan ini telah menghubungi kami untuk menggali potensi dan mencari mitra kerja di Indonesia," ujar Bjørn dalam keterangan resmi KBRI Oslo dikutip kumparan, Senin (21/12). 

Beberapa perusahaan tersebut antara lain adalah SN Power, Scatec Solar, Equinor, Tinfoss, dan Nexans Norway.

Rencana ini pun disambut baik oleh Dubes RI Todung Mulya Lubis. Todung menyatakan, Indonesia siap merealisasikan minat tersebut menjadi kerja sama yang konkret. 

"Ini adalah waktu yang tepat untuk investasi di Indonesia khususnya dengan pengesahan UU Cipta Kerja yang semakin memudahkan proses investasi di Indonesia," ujarnya.

Apalagi Indonesia dan Norwegia juga tengah dalam tahap akhir untuk memulai perjanjian Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) yang akan membuka lebih banyak potensi baru untuk kedua negara.

Tak hanya soal migas, dalam pertemuan tersebut perwakilan dua negara juga membahas mengenai pengembangan kerja sama digital dengan kota Stavanger.

"Stavanger sedang meningkatkan kapasitas industri digital dan pembangunan smart city sebagai solusi tenaga kerja dan tingkat populasi usia lanjut di Norwegia" ujar Birger Haraldseid, Opportunity Manager Greater Stavanger, organisasi kamar dagang wilayah Stavanger.

Potensi ini pun akan dimanfaatkan Indonesia untuk mengembangkan industri digital ekonomi nasional dan pengembangan sumber daya manusia di bidang digital. 

Adapun kunjungan ke Stavanger ini merupakan bagian dari usaha Kedutaan Besar RI di Oslo untuk membuka kerja sama konkret dan menarik investasi Norwegia ke Indonesia. Khususnya untuk membantu pemulihan ekonomi nasional yang saat ini tengah mengalami tantangan akibat situasi Pandemi COVID-19.

Norwegia adalah salah satu mitra penting Indonesia di kawasan Skandinavia. Pada tahun 2019, total perdagangan kedua negara mencapai USD 286 juta dengan investasi Norwegia di Indonesia senilai USD 16,88 juta di 32 proyek.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…