Pelaku Industri Teknologi Logistik Waresix Akuisisi Startup Jasa Angkut Barang Trukita

Oleh : Herry Barus | Minggu, 20 Desember 2020 - 14:00 WIB

Waresix Akuisisi Startup Jasa Angkut Barang dan Trukita
Waresix Akuisisi Startup Jasa Angkut Barang dan Trukita

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Waresix, perusahaan platform teknologi yang sedang berkembang pesat, mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi “Trukita”, sebuah startup teknologi logistik yang menawarkan jasa angkut barang dan truk untuk pengiriman first mile.

Strategi untuk mengakuisisi Trukita sejalan dengan visi Waresix untuk menciptakan jaringan logistik terbesar di Asia Tenggara.

Dengan selesainya akuisisi ini, Waresix berupaya untuk memperluas jangkauan perusahaan ke ranah pengiriman first mile dan meningkatkan jangkauan layanan bagi shipper dan transporter.

Sebelumnya, Waresix menjalankan pengiriman logistik mid-mile yang memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan shipper dan pelaku bisnis dengan berbagai truk dan gudang yang tersedia.

Waresix kini menawarkan layanan logistik end-to-end yang melayani semua aspek rantai pasokan termasuk truk, gudang, transportasi multimoda dan manajemen vendor.

Saat ini, Waresix fokus pada layanan mid-mile di Indonesia dan memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan pengirim dan bisnis dengan mulus ke truk dan gudang yang tersedia.

Sementara itu, Trukita mengoperasikan platform marketplace jasa angkut barang dan truk terbesar di Indonesia, dimana mereka menghubungkan pelaku bisnis dengan pemilik truk melalui dukungan teknologi.

Perusahaan ini menyediakan layanan real-time tracking, analisa bisnis, pembayaran online dan optimalisasi supply chain.

Andree Susanto, Co-founder and CEO of Waresix mengatakan langkah untuk melakukan akuisisi Trukita sebagai perusahaan terdepan di bidang first mile logistics telah sejalan dengan strategi perusahaan untuk melengkapi kemampuan kami di bidang jasa logistik mid mile.

"Strategi ini memungkinkan kami untuk menggabungkan keahlian dan jaringan perusahaan untuk memperluas jangkauan layanan kami, serta menawarkan rangkaian layanan yang lebih komprehensif kepada pelanggan kami," ujarnya.

Dengan menggabungkan kemampuan Trukita dan Waresix, pihaknya yakin akan menjadi salah satu perusahaan teknologi penyedia jasa logistik terbesar di Indonesia.

"Kami akan terus berupaya dalam menurunkan biaya logistik dengan cara penggunaan teknologi yang menekankan pada peningkatan efisiensi dan transparansi secara keseluruhan," jelasnya.

Andree Susanto menambahkan, langkah Waresix mengakuisisi Trukita akan meningkatkan akses jaringan perusahaan ke lebih dari 10.000 truk dan ratusan konsumen baru.

"hal itu menempatkan Waresix ke posisi terbaiknya untuk meraih lebih banyak peluang di pasar logistik pelabuhan dan laut Indonesia yang nilainya dapat mencapai USD 60 Milyar," tandasnya.

Sementara itu CEO dan Co-Founder Trukita Ady Bangun mengatakan di Trukita, dirinya melihat banyak peluang untuk bekerja sama dengan Waresix dalam mengatasi masalah efisiensi supply chain logistik di Indonesia, seperti ketidakpastian pengiriman dan tingginya biaya.

"Kedua perusahaan  memiliki visi yang sama untuk mentransformasi sektor logistik ke ranah digital dan menciptakan proses logistik yang lebih efisien," ucapnya.

“Trukita kini dapat memanfaatkan teknologi, serta jaringan gudang dan truk milik Waresix. Hal ini akan meningkatkan pelayanan kami kepada pelanggan secara lebih holistik, serta memperluas jangkauan layanan lebih dari sekadar first mile logistics saja.” imbuhnya lagi.

Asal tau saja, pengangkutan barang dari produsen kepada end users merupakan perjalanan multi-step yang cukup panjang.

Pengiriman first-mile, mid-mile and last-mile adalah istilah umum yang digunakan dalam industri logistik untuk menggambarkan pergerakan barang dalam proses rantai pasokan.

Dalam konteks logistik B2B, pengiriman first-mile biasanya mencakup pengangkutan barang dari pelabuhan dan gudang, sementara distribusi middle-mile memungkinkan pengiriman barang antar gudang atau pengiriman barang kepada distributor.

Lalu, last-mile adalah langkah terakhir dari rantai pasokan, dimana produk akan dikirimkan dari distributor kepada pengecer.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, keunikan geografi Indonesia menghadirkan tantangan yang cukup signifikan bagi para pelaku logistik sebab barang tidak dapat diangkut hanya dengan menggunakan truk atau moda transportasi darat saja.

Untuk itu, mutlak diperlukan transportasi multimoda, yang terdiri dari solusi darat, laut, dan pergudangan untuk dapat menjangkau pulau-pulau terpencil.

Perlu diketahui, Waresix didirikan pada tahun 2017 oleh Andree Susanto dan Edwin Wibowo, Waresix menyediakan solusi pengangkutan barang, logistik, dan pergudangan untuk perusahaan, yang menjelajahi 17.000 pulau di Indonesia.

Dengan menghubungkan shipper dan pelaku bisnis dengan truk dan gudang yang tersedia di seluruh Indonesia, Waresix menawarkan one stop solution untuk pengiriman menggunakan transportasi darat maupun laut, termasuk menyediakan layanan kargo umum dan gudang berpendingin.

Waresix saat ini beroperasi di lebih dari 100 kota di Indonesia dan mengelola lebih dari 40.000 truk dan 375 gudang.

Awal tahun ini, perusahaan ini telah menyelesaikan putaran pendanaan Seri B yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis dan kelanjutan pengembangan teknologi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…