Sejumlah Perusahaan Besar Asal UEA Berbondong-bondong Bawa Duit Gepokan ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 Desember 2020 - 13:30 WIB

Uni Emirate Arab (UEA)
Uni Emirate Arab (UEA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Minat perusahaan-perusahaan Uni Emirat Arab (UAE) untuk melakukan ekspansi ke Indonesia tetap tinggi meski masih diliputi dampak negatif pandemi COVID-19.

Minat yang tinggi itu ditandai dengan kehadiran delegasi bisnis Uni Emirat Arab pada gelaran Indonesia-UAE Week 2020, demikian disampaikan KBRI Abu Dhabi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (17/12/2020). 

KBRI Abu Dhabi mencatat tujuh perusahaan UAE yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yakni Masdar, Abu Dhabi Holding, Emirates Global Aluminium (EGA), Taqa, Alfoah, FAB dan Silverpumps.

Dubes RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis menyampaikan bahwa di tengah masa pandemi memang tidak mudah bagi mobilitas orang. Namun demikian, kehadiran sejumlah petinggi perusahaan tersebut di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia masih menarik bagi investor asing.

Menurut Dubes Husin, para perwakilan perusahaan UAE tersebut memiliki tujuan yang beragam.

"Ada yang statusnya sudah tahap realisasi seperti Masdar, ada yang sedang akan eksekusi kontrak, ada pula yang masih penjajakan, seperti Abu Dhabi Holding, Taqa, Alfoah dan Silverpumps," ungkapnya.

Husin menilai bahwa kehadiran mereka harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pihak Indonesia untuk mencari peluang kerja sama.

"Kami di KBRI (Abu Dhabi) nanti yang akan mengawal kesepakatan dan perjanjian yang ada tersebut," katanya.

Menurut keterangan, perusahaan industri pompa air terintegrasi Dubai, Silverpumps, menjajaki kerja sama dengan PT Sang Hyang Seri (SHS) untuk pembuatan pabrik pompa untuk irigasi pertanian.

Anggota staf ahli PT SHS, Felix Sitorus, menyampaikan bahwa kerja sama dengan Silverpumps cukup prospektif mengingat kondisi irigasi di dalam negeri yang saat ini belum banyak menggunakan pompa irigasi.

"Masih banyak yang menggunakan gravitasi. Oleh karena itu, dengan harga yang ditawarkan untuk tipe per unit 18 dolar AS untuk volume besar tentunya akan sangat terjangkau oleh petani," ujar Felix.

CEO Silverpumps Dubai Moin Siddiqui menyampaikan bahwa pihaknya siap menanamkan modalnya di Indonesia selama ada kebutuhan yang jelas dari produk-produk yang mereka tawarkan.

"Kami akan siapkan letter of intent untuk PT SHS dan segera membangun komunikasi yang lebih intensif untuk menindaklanjuti kerja sama ini," ungkapnya.

Sejumlah pertemuan bisnis dilakukan dalam rangkaian Indonesia-UAE Week 2020 yang digelar oleh KBRI Abu Dhabi bekerja sama dengan Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di Jakarta.

Rangkaian kegiatan Indonesia-UAE Week 2020 dimulai dari pembukaan kantor perwakilan First Abu Dhabi Bank (FAB), kerja sama pengiriman lebih banyak perawat Indonesia ke UAE, peresmian pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Terapung Cirata, eksekusi kontrak EGA-Inalum, dan serangkaian pertemuan bisnis lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kamis, 04 Maret 2021 - 16:03 WIB

Pariwisata Indonesia Diprediksi Bangkit Semester II - 2021

Optimistis kebangkitan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif kini makin menguat seiring program vaksinasi covid-19 dan berbagai kebijakan pemerintah terkait sektor pariwisata. Namun untuk…

PT PP

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:59 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek MUTIP Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism…

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:31 WIB

Tahun 2020, Pendapatan Semen Indonesia Melorot Sebesar 12,87 Persen

penurunan disebabkan oleh turunnya permintaan akan produk bahan bangunan serta beberapa proyek strategis nasional yang mengalami penundaan, akibat kebijakan realokasi anggaran pemerintah.

Label Kemasan

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:24 WIB

Cegah Diabetes, Nutrifood: Masyarakat Harus Cerdas Baca Label Kemasan

Jakarta– Dalam rangka peringatan Hari Obesitas Sedunia, Nutrifood bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengedukasi…

PT Brantas Abipraya (persero)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:20 WIB

Mantap!!! Brantas Abipraya Raih Penghargaan K3L Tingkat Dunia

Level ini menunjukkan bahwa Brantas Abipraya telah teruji proaktif sistem budaya K3L-nya baik di lapangan maupun di bagian administrasi melalui hasil survei dan observasi mendalam.