Selamat Ulang Tahun Ke 46 Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 17 Desember 2020 - 19:25 WIB

Ilustrasi Radio (Photo by INDOZONE)
Ilustrasi Radio (Photo by INDOZONE)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Radio masih memiliki tempat di hati pendengarnya bahkan di masa pandemi seperti saat ini. Survey Nielsen menunjukkan  jumlah  pendengar  radio di  bulan  April­‐Juni  2020  untuk  Jakarta  mengalami kenaikan  lebih  dari setengah juta pendengar.

Begitu pula jumlah pendengar di 10 kota di Indonesia mengalami kenaikan lejbih dari satu juta pendengar dari periode Januari – Maret 2020 (sebelum pandemi).

Data Radex (Radio Advertising Expenditure) yang dibangun dan diterbitkan PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia) di bulan Desember ini diharapkan dapat memberikan gambaran seberapa besar industri radio masih dipercaya oleh Pengiklan untuk mempromosikan produknya.

Realisasi belanja iklan radio periode Januari hingga Oktober 2020 sebesar 947 Milyar Rupiah memperlihatkan bahwa belanja iklan  radio  di  setiap  bulan  pada  periode  tersebut  mengalami  naik-­‐turun.  

Kabar  baiknya  adalah  pada September dan Oktober 2020 memperlihatkan adanya tren positif dimana belanja iklan radio mengalami kenaikan mendekati pencapaian di bulan Januari 2020.

Data Radex PRSSNI menunjukkan Produk Minuman, Produk Kesehatan dan Sosialisasi Program Pemerintah merupakan 3 kategori produk yang paling banyak beriklan di radio selama periode Januari – Oktober 2020.

“Data Radex yang dikeluarkan oleh PRSSNI mencakup hampir 60% dari jumlah kota yang memiliki Kepengurusan Daerah PRSSNI, dengan jumlah radio yang dimonitor sebanyak 20% dari 580 radio anggota PRSSNI. Dan PRSSNI akan terus berupaya memperbanyak jumlah kota dan jumlah radio agar data Radex bisa semakin mewakili nilai belanja iklan radio yang sesungguhnya,” ujar Ketua Umum PRSSNI Erick Thohir melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (17/12).

Pada ulang tahun ke 46 yang jatuh pada hari ini tanggal 17 Desember 2020; PRSSNI sebagai organisasi radio siaran swasta yang eksis dan berizin yang terbesar di Indonesia juga mengadakan Edisi Spesial ZOOMPA yaitu kegiatan ngobrol bareng radio siaran se­‐Indonesia yang membahas beragam topik diskusi untuk memajukan radio melalui platform Zoom Webinar.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga turut mengapresiasi eksistensi radio di Indonesia dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun dan ungkapan terima kasih kepada seluruh radio swasta di Indonesia yang telah menjadi partner efektif bagi Pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-­19.

Selain itu juga ada ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh anggota PRSSNI dari Ketua Umum PRSSNI, Erick Thohir yang mengungkapkan bahwa PRSSNI telah mengambil  posisi  strategis  sebagai  partner  Pemerintah,  dalam  berkolaborasi memerangi  Covid­‐19.

Dan juga ungkapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Pendengar Radio Indonesia beserta seluruh  stake  holder industri Radio Indonesia.

Dalam rangka HUT Ke­‐46, PRSSNI juga menyelenggarakan Lomba Iklan Layanan Masyarakat (ILM) RADIOLAWANCOVID19. Lomba ini khusus bagi Radio Anggota PRSSNI serta Lomba ILM terkait Sosialisasi TIGA M; mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak untuk para pendengar Radio dengan total  hadiah  puluhan  juta rupiah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara LPDB-KUMKM dengan ID FOOD

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:35 WIB

LPDB-KUMKM – ID FOOD Jalin Sinergi Perkuat Program Swasembada Pangan

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menjalin kerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD guna memperkuat program…

Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) memberikan sertifikat kepada pembicara usai diskusi Swasembada Pangan

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:19 WIB

Peluang Wujudkan Swasembada Pangan 2027 Terbuka Lebar

Presiden Prabowo Subianto telah mencanangkan swasembada pangan, khususnya beras pada tahun 2027. Dengan potensi sumber daya lahan yang cukup luas, peluang merealisasikan swasembada pangan cukup…

Siswa-siswi SDN Cilendek Timur Bogor Mengantri Membeli Susu MILKU di gerai Alfamart.

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:17 WIB

MILKU dan Alfamart Gelar Edutrip untuk Ribuan Anak, Kenalkan Pentingnya Bekal Seimbang

Dalam program edukasi MILKU Edutrip Alfamart, lebih dari 5.000 siswa dari berbagai SD mendapatkan edukasi mengenai konsep Isi Piringku, sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh…

EGM Operation AdMedika dr. Rizal Hakim (Paling Kiri), CEO TelkomMetra Prama Saleh H. Utomo (Kedua dari Kiri), CEO AdMedika Dian Prambini (Ketiga dari Kiri), Sekertaris Yayasan Sobokartti Semarang Darmadi (Ketiga dari Kanan), CMO AdMedika Muhamas Nasrun Ihsan (Kedua dari Kanan), CFRO AdMedika Danang Rizki Ginanjar (Paling Kanan).

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:02 WIB

AdMedika Dukung Sanggar Sobokartti Semarang Lestarikan Warisan Budaya Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kelestarian budaya Indonesia, serta mendukung terwujudnya Asta Cita, AdMedika yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali melaksanakan…

Gedung BNI

Jumat, 07 Februari 2025 - 12:15 WIB

Perkuat ESG, BNI Pacu Pertumbuhan Pembiayaan Berkelanjutan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat komitmennya dalam menyalurkan pembiayaan di sektor hijau atau green banking sebagai wujud dukungan terhadap pembiayaan berbasis…