Pinta Puan Maharani ke Pemerintah Terkait APBN 2021: Perhatikan Efektifitas Program, Jalankan Prinsip Good Governance

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 12 Desember 2020 - 07:42 WIB

Ketua DPR RI - Puan Maharani
Ketua DPR RI - Puan Maharani

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengemukakan bahwa DPR RI terus melakukan evaluasi atas efektivitas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 di kementerian atau lembaga. 

"Fokus pembahasan evaluasi APBN Tahun Anggaran 2020 diarahkan pada penanganan dampak pandemi Covid-19 pada program strategis kementerian dan lembaga, serta program pemulihan ekonomi nasional, penyerapan anggaran di kementerian atau lembaga serta  capaian pembangunan nasional," ungkap Puan dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Sabtu (12/12).

Politisi asal PDI Perjuangan itu menyampaikan, di tengah pertumbuhan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, maka stimulus fiskal menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

Untuk itu, menurutnya, DPR RI terus melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional agar dapat berjalan secara tepat sasaran dan tepat manfaat.

Dikatakannya, DPR juga mengapresiasi pemerintah yang telah menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) kepada kementerian dan lembaga, serta para gubernur sebagai tindak lanjut telah diundangkannya UU No. 9 Tahun 2020 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2021.

"Kami meminta pemerintah agar dapat segera memastikan percepatan realisasi belanja pada Kuartal Pertama 2021, untuk memperluas konsumsi dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga dapat membantu pemulihan sosial dan ekonomi masyarkat," tandasnya.

"Pemerintah dalam menjalankan APBN untuk program pembangunan nasional, agar tetap memperhatikan efektivitas program, efisiensi anggaran, menjalankan prinsip transparansi, akuntabilitas dan good governance," pungkas Puan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali Trail Running 2022 di Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menparekraf: Bali Trail Running 2022 Tanda Parekraf Bali Kian Bangkit

Menghadiri “Bali Trail Running 2022” di Kabupaten Bangli, Bali, Minggu (15/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi event tersebut yang dipercaya…

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…