Harapan Seni Pertunjukan dari Bibit dan Format Baru.

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Desember 2020 - 13:00 WIB

EKI Dance Company (Foto Dok Djarum Foundation.org)
EKI Dance Company (Foto Dok Djarum Foundation.org)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta, Indonesia Kaya, dan BOOW LIVE menyelenggarakan Jakarta Dance Extravaganza (JDE) 2020 secara daring.  JDE 2020 adalah sebuah pentas tari yang bekerja sama dengan insan sineas, sehingga memiliki format baru yang menggarap pentas tari seperti layaknya sebuah film, karena ada keterlibatan sutradara film AJi Rahmansyah, Director of Photography (DOP) Bella Pangabean, juga  ada sutradara panggung musikal Rusdy Rukmarata serta  produser  Bayu Pontiagust.

Yola Yulfianti selaku Ketua Komite Tari DKJ mengungkapkan JDE 2020 menjadi harapan baru bagi seni pertunjukan Indonesia karena menghadirkan koreografer muda dan format pementasan yang dibuat khusus untuk makin menarik, karena saat ini penonton lebih banyak menyaksikan pertunjukan melalui gawai secara daring. “Eksistensi panggung diperluas dan melibatkan kerja sama dengan seniman dari wilayah seni lain yang membuat setiap sajian koreografi lebih menarik,” kata Yola.

Rusdy Rukmarata selaku konsultan menyatakan JDE 2020 menjadi bukti bahwa seni justru menemukan ‘nyawa’ baru walau ditengah pandemi, “berkat kegigihan seniman dan kemauan kerja sama dengan banyak pihak, asal kita terus mau berusaha, bekerja sama, kesulitan harusnya tidak menghentikan kita, namun malah melahirkan kreasi baru yang adaptif,” kata Rusdy.

JDE 2020 menghadirkan karya baru dari 5 koreografer muda dari berbeda genre, yakni Ara Ajisiwi (broadway), Deny Howman (ballroom dance), Ufa Sofura (lyrical dance), Chikal Mutiara Diar Swargaloka (tradisi), dan Michael Halim (ballet). Karya mereka merupakan respon dari  tema Kembaran Jiwa - Twin Flames yang diberikan panitia. Hadir juga di JDE 2020 sebuah kolaborasi antara Rusdy Rukmarata, Reda Gaudiamo dan Josh Marcy dalam sebuah sajian tari plus musikalisasi puisi dari Alm. Sapardi Djoko Damono, Di Restoran dan Seperti Kabut.

Chikal menerjemahkan Twin Flames sebagai sebuah  penyerahan diri. “Pasrah, penerimaan  hingga berserah adalah proses yang saling terkait dan harus kita lewati dalam menerima fenomena apapun”, jelasnya. Sedangkan Deny Howman menyajikan pasang surut dalam konteks hubungan cinta. ”Saya merasa tarian Tango paling bisa membawakan tema ini,” katanya. Sedangkan Ufa Sofura membawakan tema dari sudut pandang pencarian yang bisa berujung pada pencerahan atau proses yang terus ada, tidak berkesudahan.”Dengan adanya kamera, sutradara film dan dop, saya merasa karya ini mampu menghantarkan pesan dengan utuh,” ungkapnya. Sementara itu, Michael Halim mengaku  sangat tertantang untuk memvisualkan tema yang sangat tidak mudah ini. “Kemampuan ada pada keberhasilan mengungkap emosi dan menyatakan dalam tari,” katanya. Terakhir, Ara Ajisiwi menekankan pada konsep kehidupan, yang menurut Ara walau ada kelahiran maupun kematian, namun bukan awal ataupun akhir. “Hidup ini adalah lingkaran yang terus berproses dan akan saya gambarkan dalam narasi kisah cinta”.

Jakarta Dance Extravaganza dapat disaksikan di kanal Youtube Indonesia Kaya pada tanggal 11 Desember pukul 15.00 WIB hingga 13 Desember 2020 . Jakarta Dance Extravaganza merupakan bagian dari Jakarta Dance Meet Up, program tahunan Komite Tari  DKJ.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:22 WIB

Menperin Agus Pastikan Industri Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat di Masa PPKM Darurat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri (KI) tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…