Harapan Seni Pertunjukan dari Bibit dan Format Baru.

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Desember 2020 - 13:00 WIB

EKI Dance Company (Foto Dok Djarum Foundation.org)
EKI Dance Company (Foto Dok Djarum Foundation.org)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta, Indonesia Kaya, dan BOOW LIVE menyelenggarakan Jakarta Dance Extravaganza (JDE) 2020 secara daring.  JDE 2020 adalah sebuah pentas tari yang bekerja sama dengan insan sineas, sehingga memiliki format baru yang menggarap pentas tari seperti layaknya sebuah film, karena ada keterlibatan sutradara film AJi Rahmansyah, Director of Photography (DOP) Bella Pangabean, juga  ada sutradara panggung musikal Rusdy Rukmarata serta  produser  Bayu Pontiagust.

Yola Yulfianti selaku Ketua Komite Tari DKJ mengungkapkan JDE 2020 menjadi harapan baru bagi seni pertunjukan Indonesia karena menghadirkan koreografer muda dan format pementasan yang dibuat khusus untuk makin menarik, karena saat ini penonton lebih banyak menyaksikan pertunjukan melalui gawai secara daring. “Eksistensi panggung diperluas dan melibatkan kerja sama dengan seniman dari wilayah seni lain yang membuat setiap sajian koreografi lebih menarik,” kata Yola.

Rusdy Rukmarata selaku konsultan menyatakan JDE 2020 menjadi bukti bahwa seni justru menemukan ‘nyawa’ baru walau ditengah pandemi, “berkat kegigihan seniman dan kemauan kerja sama dengan banyak pihak, asal kita terus mau berusaha, bekerja sama, kesulitan harusnya tidak menghentikan kita, namun malah melahirkan kreasi baru yang adaptif,” kata Rusdy.

JDE 2020 menghadirkan karya baru dari 5 koreografer muda dari berbeda genre, yakni Ara Ajisiwi (broadway), Deny Howman (ballroom dance), Ufa Sofura (lyrical dance), Chikal Mutiara Diar Swargaloka (tradisi), dan Michael Halim (ballet). Karya mereka merupakan respon dari  tema Kembaran Jiwa - Twin Flames yang diberikan panitia. Hadir juga di JDE 2020 sebuah kolaborasi antara Rusdy Rukmarata, Reda Gaudiamo dan Josh Marcy dalam sebuah sajian tari plus musikalisasi puisi dari Alm. Sapardi Djoko Damono, Di Restoran dan Seperti Kabut.

Chikal menerjemahkan Twin Flames sebagai sebuah  penyerahan diri. “Pasrah, penerimaan  hingga berserah adalah proses yang saling terkait dan harus kita lewati dalam menerima fenomena apapun”, jelasnya. Sedangkan Deny Howman menyajikan pasang surut dalam konteks hubungan cinta. ”Saya merasa tarian Tango paling bisa membawakan tema ini,” katanya. Sedangkan Ufa Sofura membawakan tema dari sudut pandang pencarian yang bisa berujung pada pencerahan atau proses yang terus ada, tidak berkesudahan.”Dengan adanya kamera, sutradara film dan dop, saya merasa karya ini mampu menghantarkan pesan dengan utuh,” ungkapnya. Sementara itu, Michael Halim mengaku  sangat tertantang untuk memvisualkan tema yang sangat tidak mudah ini. “Kemampuan ada pada keberhasilan mengungkap emosi dan menyatakan dalam tari,” katanya. Terakhir, Ara Ajisiwi menekankan pada konsep kehidupan, yang menurut Ara walau ada kelahiran maupun kematian, namun bukan awal ataupun akhir. “Hidup ini adalah lingkaran yang terus berproses dan akan saya gambarkan dalam narasi kisah cinta”.

Jakarta Dance Extravaganza dapat disaksikan di kanal Youtube Indonesia Kaya pada tanggal 11 Desember pukul 15.00 WIB hingga 13 Desember 2020 . Jakarta Dance Extravaganza merupakan bagian dari Jakarta Dance Meet Up, program tahunan Komite Tari  DKJ.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Selasa, 13 April 2021 - 07:50 WIB

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sambutannya mengatakan, latar belakang pemberian nama Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cup 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…