Menperin: Global Sustainability Terobosan Hadapi Persaingan

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2017 - 13:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, Global Sustainability merupakan salah satu terobosan baru untuk menghadapi persaingan dan membuat akses pasar baru dengan fokus pada standar yang berkelanjutan dan Global Value Chain.

"Melalui 'Global Sustainability Standards Symposium' kita perlu menyamakan persepsi dan saling bersinergi diantara sesama pemangku kepentingan terkait kebijakan pembangunan yang berkelanjutan," ungkap Airlangga saat pembukaan forum 'Global Sustainability Standards Symposium' di Jakarta (3/5/2017).

Menurut Airlangga, saat ini kita sudah melakukan pelaksanaan standar misalnya, di kelapa sawit dengan ISPO, kemudian di industri kehutanan dangan SLVK.

"Untuk industri besar ini tidak bermasalah, justru bagi industri kecil ini merupakan suatu masalah," terang Menperin.

Sustainable Standard bagi industri kecil merupakan suatu masalah, karena pengeluaran harus ditanggung oleh mereka, sedangkan produk yang sudah bersertifikat tidak mendapatkan premium price dibandingkan produk dari negara lain tanpa sertifikat.

"Saya minta negara-negara lain supaya fair, kalau mereka menuntut hal ini dari Indonesia, tentu mereka harus menuntut hal yang sama pada negara-negara lain," imbuh Airlangga.

Airlangga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah melaksanakan sustainability standar di beberapa industri, tetapi negara lain tidak melakukan itu.

"Hal itu yang kita himbau kepada yang pegang sustainability standar, agar mereka fair trade bukan political trade," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:05 WIB

Pemerintah Mendadak 'Setop' Penerimaan PNS Baru, Ada Apa?

Pemerintah tidak akan membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam dua tahun ke depan, kecuali untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer.

Para Model Jakarta Fashion Week 2021

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:01 WIB

Audisi Model Jakarta Fashion Week 2021 Berakhir, Ini Jajaran Para Model Terpilih

Pekan mode tahunan terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 telah melaksanakan audisi terakhir JWF Model Search sekaligus Grand Final yang dilangsungkan secara terbatas di Fashionlink…

Bali United (Ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:00 WIB

Puluhan Ribu Masker Donasi Bali United untuk Kabupaten Tabanan

Kabar gembira untuk pecinta sepak bola Indonesia, terutama tim asal pulau dewata, Bali United. Melalui langkah serius manajemen tim Serdadu Tridatu, Kabupaten Tabanan menjadi lokasi Pemerintahan…

vivo X50 Series

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:43 WIB

vivo X50 Series Sudah Bisa di Pesan Mulai Hari ini  

Official TVC vivo X50 Series memperlihatkan rangkaian fitur dan teknologi dari professional photography flagship smartphone pertama vivo Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di sela kunjungan kerjanya mendampingi Presiden Joko Widodo pada agenda meninjau Kawasan Industri Batang

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:40 WIB

Rayu Investor Kelas Kakap, Kemenperin Siapkan Kawasan Industri Terpadu

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus menyiapkan sejumlah kawasan industri terpadu (KIT) yang akan dilengkapi dengan infrastruktur penunjang untuk kegiatan bisnis baru.