Berpengalaman Melewati Krisis! Ciputra Development Raih Marketing Sales Rp 3,8 Triliun di Tengah Pandemi

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 03 Desember 2020 - 12:50 WIB

Ir. Ciputra Founder Ciputra Group
Ir. Ciputra Founder Ciputra Group

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Perusahaan properti terkemuka dengan banyak proyek yang tersebar di Indonesia, PT Ciputra Development Tbk dengan kode saham CTRA berhasil meraih marketing sales sebesar Rp3,8 triliun hingga triwulan ketiga tahun 2020. Pencapaian ini diperoleh dari penjualan rumah hunian dan tanah kavling sebesar Rp3,4 triliun sedangkan sisanya dari penjualan ruko, apartemen, dan perkantoran.

Demikian disampaikan Direktur Utama CTRA Candra Ciputra, dalam acara Public Expose CTRA 2020, di Jakarta, Kamis (3/12). Beliau mengatakan, pencapaian selama triwulan III-2020 ini turun sebesar 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait meluasnya dampak penyebaran Corona Viruses Diseases (Covid-19).

Meski demikian, CTRA melihat adanya tren yang cukup meyakinkan terlihat dari kenaikan angka marketing sales cukup signifikan yakni Rp548 miliar di bulan Juli, Rp552 miliar di Agustus, dan Rp654 miliar pada September. CTRA berharap bahwa tren positif ini dapat diteruskan sampai akhir tahun untuk mencapai target marketing sales sebesar Rp4,5 triliun. Diluar pencapaian marketing sales, prioritas juga diberikan untuk memperkuat likuiditas perusahaan di tengah tingkat ketidakpastian yang tinggi karena pandemi Covid-19.

Direktur Perseroan sekaligus Sekretaris Perusahaan Tulus Santoso menambahkan, untuk mendukung pencapaian target marketing sales di 2020, CTRA meluncurkan klaster-klaster baru di proyek-proyek yang sedang berjalan. Klaster-klaster yang telah diluncurkan hingga kuartal III-2020 meliputi klaster Elecio di proyek CitraGarden Puri Jakarta Barat; klaster Benoa, Ayodya dan Seminyak di proyek Citra Maja Raya; ruko Academia, klaster Avante, dan klaster Viale di proyek CitraRaya Tangerang; klaster Orinoco di proyek Citra Sentul Raya; Ruko Delft Shop Office di proyek CitraLand City Losari Makassar.

“Peluncuran klaster baru di proyek tersebut sukses karena produknya sangat diminati konsumen. Hal ini tak terlepas dari pengalaman dan reputasi Grup Ciputra dalam mengkaji pasar, persiapan tim digital marketing, infrastruktur jaringan database dan kerjasama tim sales yang baik, serta pengembangan konsep produk yang ditawarkan. Untuk kuartal IV-2020, kita akan terus meluncurkan kluster-kluster baru dengan berfokus pada segmen pasar menengah ke bawah,” demikian disampaikan Tulus Santoso.

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berdiri pada tahun 1981 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1994, merupakan grup pengembang proyek perumahan dan kawasan komersial skala besar yang didirikan oleh Alm. Bapak Dr. (HC) Ir. Ciputra beserta keluarga. Dalam mengembangkan setiap kawasan, CTRA memegang prinsip

"Membangun Kota, Membangun Kehidupan". Hingga sekarang, CTRA telah mengembangkan dan mengelola 78 proyek residensial dan komersial yang tersebar di 34 kota di seluruh Indonesia. Properti residensial yang dikembangkan meliputi landed-house dan highrise, sedangkan properti komersial yang dikembangkan meliputi pusat perbelanjaan, hotel, perkantoran, pergudangan, lapangan golf dan tempat rekreasi. Selain itu CTRA juga mengembangkan rumah sakit/klinik yang menjadi fasilitas kesehatan bagi kawasan residensial yang dikembangkannya. Hal ini menjadikan CTRA sebagai perusahaan properti terbesar yang paling terdiversifikasi di Indonesia dari segi produk, lokasi geografis dan segmentasi pasar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…