Asiik! Kang Emil Perbolehkan Warga Jabar Lakukan Aktivitas Apa Saja: Mau Arisan Boleh, Asal Terapkan 3M

Oleh : Ridwan | Kamis, 03 Desember 2020 - 08:15 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

INDUSTRY.co.id - Depok - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut saat ini segala jenis aktivitas sudah kembali diperbolehkan meski pandemi corona belum usai. Hanya saja dia mengingatkan warga untuk selalu disiplin menerapkan 3M protokol kesehatan.

"Pokoknya segala boleh. Sekarang itu mau arisan boleh, mau apa boleh, asal 3M itu aja. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," kata pria yang sering disapa Emil saat berkunjung ke Situ Rawa Besar, Depok (2/12/2020).

Emil menuturkan, peningkatan produktivitas hidup saat ini sudah diperbolehkan. Namun sayangnya, menurut Emil, banyak warga yang lantas tak disiplin protokol kesehatan saat beraktivitas.

"Jangan sampai ingin produktif tapi lupa sama 3M atau protokol kesehatan," tutur Emil.

Dia menyebut, keseimbangan hidup antara tinggal, kerja, dan rekreasi, memang harus dijaga. Untuk rekreasi, dia menyarankan wisata outdoor karena potensi penyebaran coronanya lebih rendah.

Meski demikian, dia mengimbau wisatawan untuk tak datang dulu ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Sebab kedua daerah tersebut saat ini berstatus zona merah corona.

Sekarang, katanya, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Jawa Barat telah mencatat rekor di atas nasional, yaitu 85 persen. Persentase itu tertinggi kedua.

"Tingkat kematian kita konsisten paling rendah: yang lain ribu-ribuan orang, kita hanya 900 dari 51.000 total kasus," ucapnya.

Emil berharap media dapat menyiarkan kabar itu agar memacu semangat warga untuk terbebas dari pandemi corona.

Ia tak dapat memastikan faktor-faktor apa saja yang bersumbangsih pada tingkat kesembuhan yang tinggi dan tingkat kematian yang rendah itu.

Dia hanya menduga bisa saja, beberapa di antaranya, karena iklim yang kondusif dan upaya keras dan optimistis dari orang-orang yang terjangkit kemudian berhasil sembuh. "Dan mungkin orang-orangnya soleh," terang Emil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:00 WIB

Sriwijaya Air Dampingi Keluarga Penumpang Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182

Dengan menumpang KRI Semarang sekitar 50 orang perwakilan keluarga penumpang dibawa melepas beban kesedihan dengan memberikan penghormatan terakhir kepada para korban musibah SJ-182 tepat di…

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Sabtu, 23 Januari 2021 - 06:24 WIB

Pemerintah Serius Tindak TegasASN Terlibat Radikalisme

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian PANRB akan menindak tegas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Sabtu, 23 Januari 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Tingkaatkan Kebugaran Tubuh Korps Marinir

Mayjen TNI (Mar) Suhartono. M.Tr(Han). mengatakan bahwa fasilitas Olahraga Driving Range The Commander ini seyogyanya menjadi salah satu sarana pembinaan fisik atau kebugaran dari prajurit dan…

Prajurit Korps Marinir Peduli

Sabtu, 23 Januari 2021 - 05:30 WIB

Korps MarinirTerus Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

Pendistribusian yang menggunakan perahu karet ini mebutuhkan waktu 3 Jam untuk menuju desa sungai pinang baru, karna daerah ini adalah salah satu daerah yang terisolir, sehingga jarak dan medan…

Satgas Yonif 642 Tingkatkan Patroli Ciptakan Situasi Kondusif

Sabtu, 23 Januari 2021 - 05:00 WIB

Satgas Yonif 642 Tingkatkan Patroli Ciptakan Situasi Kondusif

Dansatgas menjelaskan bahwa kegiatan patroli bersama tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas serta melaksanakan fungsi pengawasan wilayah perbatasan RI-Malaysia baik di…