Asiik! Kang Emil Perbolehkan Warga Jabar Lakukan Aktivitas Apa Saja: Mau Arisan Boleh, Asal Terapkan 3M

Oleh : Ridwan | Kamis, 03 Desember 2020 - 08:15 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

INDUSTRY.co.id - Depok - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut saat ini segala jenis aktivitas sudah kembali diperbolehkan meski pandemi corona belum usai. Hanya saja dia mengingatkan warga untuk selalu disiplin menerapkan 3M protokol kesehatan.

"Pokoknya segala boleh. Sekarang itu mau arisan boleh, mau apa boleh, asal 3M itu aja. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," kata pria yang sering disapa Emil saat berkunjung ke Situ Rawa Besar, Depok (2/12/2020).

Emil menuturkan, peningkatan produktivitas hidup saat ini sudah diperbolehkan. Namun sayangnya, menurut Emil, banyak warga yang lantas tak disiplin protokol kesehatan saat beraktivitas.

"Jangan sampai ingin produktif tapi lupa sama 3M atau protokol kesehatan," tutur Emil.

Dia menyebut, keseimbangan hidup antara tinggal, kerja, dan rekreasi, memang harus dijaga. Untuk rekreasi, dia menyarankan wisata outdoor karena potensi penyebaran coronanya lebih rendah.

Meski demikian, dia mengimbau wisatawan untuk tak datang dulu ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Sebab kedua daerah tersebut saat ini berstatus zona merah corona.

Sekarang, katanya, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Jawa Barat telah mencatat rekor di atas nasional, yaitu 85 persen. Persentase itu tertinggi kedua.

"Tingkat kematian kita konsisten paling rendah: yang lain ribu-ribuan orang, kita hanya 900 dari 51.000 total kasus," ucapnya.

Emil berharap media dapat menyiarkan kabar itu agar memacu semangat warga untuk terbebas dari pandemi corona.

Ia tak dapat memastikan faktor-faktor apa saja yang bersumbangsih pada tingkat kesembuhan yang tinggi dan tingkat kematian yang rendah itu.

Dia hanya menduga bisa saja, beberapa di antaranya, karena iklim yang kondusif dan upaya keras dan optimistis dari orang-orang yang terjangkit kemudian berhasil sembuh. "Dan mungkin orang-orangnya soleh," terang Emil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.