Dukung Pembelajaran Online, Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah untuk Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Oleh : Ridwan | Selasa, 01 Desember 2020 - 22:30 WIB

Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah untuk Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah untuk Dinas Pendidikan DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin meluas sejak awal tahun 2020 mengharuskan sekolah-sekolah di seluruh penjuru negeri ditutup sementara sehingga kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah mulai dari bulan Maret 2020. 

Maka dari itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia merekomendasikan para guru dan murid untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui perangkat seluler pintar (smartphone) dan komputer secara online (daring).

Terkait dengan sistem pembelajaran online, UNICEF mengadakan survei terhadap sekitar 4,000 murid SD sampai SMA di 34 provinsi di Indonesia sejak bulan Mei sampai Juni 2020. Berdasarkan hasil dari survei tersebut, 66% murid 
menjawab bahwa mereka tidak merasa puas dengan sistem pembelajaran online. 

Dari segi kendala pembelajaran online, 38% murid menjawab bahwa mereka merasakan kurangnya bimbingan langsung dari guru, dan 35% murid menjawab bahwa mereka kesulitan belajar online dikarenakan infrastruktur internet yang tidak mendukung.

Sebagai salah satu program khusus dalam dukungan di masa pandemi COVID-19 untuk pengembangan sistem pembelajaran online, Casio mendonasikan 100 buah kalkulator ilmiah tipe Classwiz kepada Dinas Pendidikan Jakarta pada tanggal 23 Oktober yang mana direncanakan untuk dibagikan kepada 50 SMA dan 50 SMK. 

Donasi ini adalah bentuk dukungan Casio untuk memudahkan proses pembelajaran matematika di sekolah-sekolah tersebut.

Chief Representative dari Casio Singapore Pte Ltd. Jakarta Representative Office, Kimura mengatakan, sebagai dukungan Casio untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, pihaknya telah mengadakan banyak program pelatihan untuk para pengajar matematika secara tatap muka dan online. 

"Kami terus berjalan ber sama para guru untuk terus mengembangkan materi pembelajaran inovatif yang didasari pada kemajuan teknologi kalkulator ilmiah. Sebagai ibukota dari Indonesia, Jakarta merupakan kota dimana sistem serta lingkungan pendidikannya terus berkembang secara cepat. Kami berharap donasi kalkulator ilmiah ini bisa membantu pembentukan lingkungan pembelajaran yang kian berkembang, terutama dalam era dimana murid-murid harus belajar dari rumah secara online dikarenakan pandemi COVID-19," katanya di Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Selain itu, lanjut Kimura, pihaknya berharap kepada para guru untuk dapat menggunakan kemudahan teknologi yang ada di kalkulator ilmiah Classwiz seperti fitur spreadsheet dan fitur QR code dalam rangka mengembangkan cara pengajaran yang efektif dan menarik.

"Selain itu, kepada para murid agar bisa menggunakan kalkulator ilmiah sebagai salah satu sarana mencari cara yang menyenangkan untuk memecahkan soal-soal dan tantangan yang ditemui," terang Kimura.

Bukan hanya dari segi peningkatan kemampuan matematika para murid, Casio juga akan terus bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Jakarta dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis yang menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para murid di era saat ini dan yang akan datang.

Menanggapi hal ini, Kepala Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan Jakarta, Soni berkomentar, kami berterima kasih kepada Casio untuk segala program yang telah diadakan untuk pengembangan kemampuan guru-guru, serta untuk donasi kalkulator ilmiah ini sebagai bentuk dukungan Casio untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. 

"Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan Casio di banyak kesempatan yang akan datang dalam segi mengembangkan kualitas pendidikan," kata Soni.

Khoir, selaku Staff Hubungan Masyarakat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika DKI Jakarta, menambahkan, kami bersyukur atas dukungan Casio untuk program-program pelatihan pengembangan kualitas para guru matematika di Jakarta dan di Indonesia, serta untuk donasi kalkulator ilmiah ini terutama di masa pandemi COVID-19 yang semakin memprihatinkan. 

"Saya yakin bahwa kalkulator ilmiah ClassWiz ini akan membantu para guru dalam membimbing murid-muridnya. Saya juga berharap agar semakin banyak guru matematika bisa bergabung dalam program pelatihan online supaya mereka dapat memanfaatkan fitur-fitur dan teknologi canggih yang terdapat di dalam kalkulator ilmiah ini secara efektif demi meningkatkan kualitas lingkungan pengajaran di sekitar mereka," ungkap Khoir.

Selain itu, Khoir juga berharap kalkulator ilmiah ini dapat digunakan sebagai alat pembantu dalam pencanangan program ‘Asesmen Kemampuan Minimum’ pada tahun 2021 yang menitikberatkan peningkatan kualitas guru demi terwujudnya tujuan akhir daripada program ini dimana murid-murid bisa terus meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Selain Ibu Khoir, Iman selaku Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika DKI Jakarta juga mengucapkan terima kasih epada Casio untuk semua yang telah mereka lakukan terus-menerus sampai saat ini terutama dalam hal pengadaan program pelatihan kepada guru-guru matematika, untuk kerja sama mereka dalam kelangsungan kompetisi matematika serta untuk donasi kalkulator ilmiah ini. 

"Saya harap kalkulator ilmiah yang penuh dengan fitur-fitur serta teknologi canggih ini dapat membantu proses belajar-mengajar terutama di lingkungan dengan infrastruktur internet yang kurang mendukung serta untuk memudahkan para murid dan para guru dalam memecahkan soal-soal yang sulit," kata Iman.

Dengan adanya fitur-fitur dan teknologi canggih seperti QR code dalam kalkulator ilmiah ClassWiz dari Casio ini, Iman berharap para guru dan para murid dapat membagikan cara penyelesaian soal yang mereka kerjakan kepada seluruh kelas melalui layar yang besar demi terus mengembangkan kualitas lingkungan pengajaran di tempat tersebut. 

"Bukan hanya itu, saya berharap bahwa para murid dapat menggunakan kalkulator ilmiah untuk tidak hanya membantu mereka memecahkan soal, tapi juga untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk memecahkan soal tersebut dalam hal bagaimana caranya memecahkan soal tersebut dengan lebih efektif dan efisien, yang mana proses berpikir ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka," paparnya.

Casio juga telah berkolaborasi dengan YouTuber bernama Jerome Polin, seorang murid dari jurusan Matematika Aplikasi, fakultas Sains dan Teknologi Universitas Waseda untuk memperkenalkan dan mengajak murid-murid menggunakan kalkulator ilmiah. 

Adapun tujuannya adalah supaya murid-murid dapat belajar secara menyenangkan dan efektif di tengah pandemi COVID-19. 

Selain itu, Jerome dan timnya juga membuat video battle matematika di channel Youtube-nya agar dapat menemani serta menginspirasi murid-murid di Indonesia dalam mengerjakan soal-soal matematika. Video battle matematika tersebut dapat dilihat melalui channel Youtube “Nihongo Mantappu”. 

Di masa depan, bersamaan dengan pengembangan kualitas kalkulator ilmiah yang sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru, Casio juga akan terus mengadakan beragam program pelatihan untuk guru-guru dan ikut serta dalam mengembangkan materi pelajaran yang akan lebih lanjut diberikan dalam bentuk total solution package dengan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia secara menyeluruh sebagai tujuan utamanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi

Selasa, 19 Januari 2021 - 23:03 WIB

Shure Menyediakan Ekosistem Audio Konferensi Lengkap

Masa pandemi COVID-19 mendorong penetapan standar baru pada komunitas bisnis dan profesional untuk menerapkan protokol kesehatan yang membatasi kontak fisik. Adaptasi atas prinsip new normal…

Ustaz Fadlan Rabbani Garamatan, Pimpinan Ponpes AFKN Nuuwar

Selasa, 19 Januari 2021 - 21:50 WIB

Terapi Woukouf Tingkatkan Imun Hadapi Corona

Masa pandemi Covid-19 yang belum menunjukan tanda-tanda kapan berakhir mendorong masyarakat berupaya meningkatkan imunitas. Salah satu cara yang diyakini dapat meningkatkan imunitas adalah dengan…

MenParekraf Sandiaga Uno bersama MenkopUKM Teten Masduki

Selasa, 19 Januari 2021 - 20:05 WIB

Tinggalkan Ego Sektoral, MenParekraf Sandiaga Uno Ajak MenkopUKM Teten Kembangkan Lima Destinasi Super Prioritas

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen untuk konsisten mengembangkan potensi di lima Destinasi Super Prioritas antara lain, Labuan Bajo (NTT),…

Undian Depo Bangunan

Selasa, 19 Januari 2021 - 19:54 WIB

Apresiasi Pelanggan, Depo Bangunan Laksanakan Undian Berhadiah Rp 10 Miliar

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelangganya supermarket bahan bangunan, Depo Bangunan menyelenggarakan undian berhadiah Rp 10 Miliar untuk periode 1 tahun di 2020 yang dimulai dari 1 februari…

Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato

Selasa, 19 Januari 2021 - 19:52 WIB

Tak Hanya Cantik, Bos Herbalife Nutrition Membagi Tips Bagaimana Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat Meski Sering Menggunakan Masker

Jakarta–Penggunaan masker wajah di saat pandemi telah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Masker menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan saat melakukan kegiatan baik…