Masa Pandemi, UNSADA Gelar Wisuda ke-30 Secara Virtual

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 28 November 2020 - 17:17 WIB

Gelaran Wisuda ke-30 UNSADA
Gelaran Wisuda ke-30 UNSADA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Masa pandemi yang belum juga usai tak menyurutkan semangat Universitas Darma Persada (UNSADA) dalam menggelar wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya yang ke-30.

Berbeda dengan acara wisuda pada tahun-tahun sebelumnya, wisuda kali ini digelar secara virtual serta memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Pada Tahun Akademik 2020/2021 ini UNSADA berhasil meluluskan sebanyak 814 wisudawan yang terdiri dari 15 orang master dari 1 program studi jenjang pendidikan S2, 770 orang sarjana dari 12 program studi jenjang pendidikan S1 dan 29 orang ahli madya dari 2 program studi jenjang D3.

Dalam sambutanya Rektor UNSADA Dr. Tri Mardjoko, S.E., M.A. mengucapkan selamat kepada para Magister, Sarjana dan Ahli Madya baru yang telah diwisuda pada kesempatan tersebut meskipun dilakukan secara online.

"Wisuda kali ini menjadi wisuda yang bersejarah dimasa pandemi COVID-19 yang memberikan kenangan spesial bagi semua. Semoga wisudawan 2020 ini menjadi duta-duta UNSADA yang mencitrakan kampus kebanggaan," kata Dr. Tri Mardjoko, Sabtu (28/11/2020).

Dr. Mardjoko mengungkapkan, jumlah lulusan tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara, untuk penerimaan Mqhasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021 ini yang diterima adalah sebanyak 878 orang.

"Dimasa pandemi COVID-19 ini penerimaan mahasiswa baru turun 30 persen dibandingkan penerimaan mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2019/2020," ungkapnya.

Dr. Mardjoko juga menyampaikan bahwa Wisuda bukanlah akhir dari perjuangan wisudawan dalam meraih cita-cita, melainkan awal dari suatu perjuangan yang lebih besar untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mendarma baktikan ilmu yang diperoleh untuk kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.

Sementara, Penasehat Panitia Wisuda UNSADA ke-30, Toni P Sianipar, M.B.A mengatakan bahwa pihaknya sempat ragu untuk memutuskan wisuda virtual secara total atau hanya sebagian saja. Pasalnya, pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia hingga saat ini belum juga berakhir.

"Kami sempat ragu mau total virtual dan tidak ada wisudawan sama sekali atau sebagian, ahirnya karena situasi yang boleh dikatakan sudah bisa di kontrol kita memutuskan untuk bisa sebagian hadir dengan kehadiran wisudawan terbaik perjurusan sebanyak 15 jurusan," kata Toni.

Toni juga mengatakan, nantinya para wisudawan diperbolehkan untuk datang ke kampus untuk mengabadikan moment wisuda. "Wisudawan boleh datang kesini dengan dijadwalkan dihari hari mendatang untuk berfoto-foto di backdrop yang telah disediakan supaya ada yang dapat dikenang saat wisuda," ungkapnya.

"Terus terang ini wisuda yang berat buat kami. Bukan karena pelaksanaanya, tapi kami berusaha merasakan situasi psikologis anak-anak kita, kuliah begitu lama cuma diwisuda di rumah disaksikan orang tuanya. Itu kan bukan sesuatu yang mudah, makanya kami berusaha supaya suasananya tetap dapat," lanjut Toni.

Dalam Gelaran Wisuda ke-30 ini Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii dan perwakilan Kementerian Perindustrian turut memberikan sambutan lewat video message. Sementara itu, juga turut hadir Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Dadan Kusdiana yang secara langsung di kampus UNSADA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…