Investasi di RI Meluber! Bawa Duit US$ 70,14 Miliar, 152 Perusahaan Bakal Relokasi Pabrik dari China ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 27 November 2020 - 08:30 WIB

Kepala BKPM Bahlil (ist)
Kepala BKPM Bahlil (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia berpotensi kebanjiran investasi senilai US$70,14 miliar dari perusahaan-perusahaan yang berencana merelokasikan pabriknya dari China pada masa pandemi COVID-19.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengklaim bahwa Indonesia masih menjadi destinasi prioritas bagi perusahaan yang akan merelokasi pabrik-pabriknya dari China.

Dari total nilai potensi investasi tersebut, sudah terealisasi sekitar US$6,89 miliar. Nilai investasi tersebut berasal dari 13 perusahaan yang sudah membuat kepastian melakukan relokasi atau diversifikasi ke Indonesia.

"Dulu 2018-2019 tidak ada satu perusahaan pun yang dari China relokasi ke Indonesia, sekarang di era pandemi COVID-19 ada 13 yang sudah relokasi," kata Bahlil di Jakarta (26/11/2020).

Dijelaskan Bahlil, kurang lebih ada 15 perusahaan dengan  nilai investasi US$ 21,45 miliar yang sudah memiliki rencana untuk merelokasikan industrinya dari China ke Indonesia.

Sementara itu, yang berpotensi untuk merelokasikan pabriknya ke Indonesia diperkirakan Bahlil mencapai 124 perusahaan dengan potensi nilai investasi mencapai US$42 miliar.

Dengan catatan tersebut, Bahlil menyatakan bahwa total perusahaan yang akan merelokasikan atau mendiversifikasikan pabriknya dari China ke Indonesia sebanyak 152 perusahaan dengan nilai US$70,14 miliar.

"Yang sudah kita bicarakan ada 15 perusahaan dan 124 perusahaan ini sudah 30-40 persen lah. Jadi totalnya ada 152 perusahaan," tutur Bahlil.

Jika seluruh relokasi tersebut bisa Indonesia dapatkan, Bahlil memperkirakan bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia akan terbuka untuk 291.680 orang, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya.

"Kalau ini bisa dilakukan maka insya Allah pertumbuhan ekonomi kita ke depan mampu kita dorong dan mampu ciptakan lapangan kerja yang maksimal," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Denjaka Korps Marinir

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:56 WIB

KASAL Laksamana Yudo Akui Kemampuan Pasukan Denjaka

Pada kunjungan sekaligus acara olah raga bersama Kepala Staf Angkatan Laut beserta rombongan pejabat Utama Mabes TNI AL juga didampingi langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menjalal Fin Komodo

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:20 WIB

Cantiknya Fin Komodo, Hasil Kawin Teknologi Pesawat Terbang dan Kendaraan Darat

Jakarta-PT Fin Komodo Teknologi yang berasal dari Cimahi, Jawa Barat, dengan menciptakan desain Fin Komodo KD 250 X. Fin Komodo, yang didesain oleh Ibnu Susilo

Uji Swab Covid-19

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:06 WIB

Pengakuan Mengejutkan dari Menkes: Kita Tidak Disiplin, Cara Testing Salah!

Jakarta- Strategi tracing, tracking, dan treatment atau 3T yang dikembangkan Indonesia untuk atas pandemi Covid-19 salah sasaran, demikian pengakuan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin…

Siloam Hospital Balikpapan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:00 WIB

Siloam Hospital Balikpapan Berhasil Lakukan Operasi Bypass Jantung

Diharapkan dengan adanya pelayanan ini, masyarakat Balikpapan tidak perlu lagi ke luar kota ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung. Tentunya layanan bedah jantung yang ada di…

 Ekonomi Digital Ramaikan Pariwisata Batam

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:40 WIB

Ekonomi Digital Ramaikan Pariwisata Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hari ini (22/01/2021) melakukan kunjungan kerja ke sejumlah proyek terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif dan…