Astaga! Perempuan Lebih Tertarik Beli Mobil Ketimbang Beli Rumah, Gara-Gara Gaji di Bawah 5 Juta

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 26 November 2020 - 11:07 WIB

Mobil segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi kendaraan andalan industri otomotif dalam negeri untuk meningkatkan laju ekspor.
Mobil segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi kendaraan andalan industri otomotif dalam negeri untuk meningkatkan laju ekspor.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek di Masa Pandemi yang digelar Lifepal.co.id menunjukkan bahwa sebagian responden lebih ingin menyimpan dana di rekening tabungan, ketimbang belanja. Keinginan untuk membeli aset properti maupun kendaraan untuk penggunaan pribadi pun tidak sampai 50%.

Sebelumnya, Bank Indonesia juga telah melakukan survei terkait Indeks Harga Properti Residensial (IHPR). Diberitakan bahwa, IHPR di kuartal III 2020 tumbuh 1,51% (yoy). Meski dinyatakan tumbuh namun pertumbuhan ini sifatnya terbatas. Di samping itu, ada pula penurunan penjualan di sektor yang sebesar 30,93% yoy untuk segala tipe rumah.

Sementara itu, mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume penjualan mobil selama 10 bulan di tahun 2020 mencapai 421.089 unit. Jumlah ini jelas menyusut 50,53% ketimbang periode yang sama di tahun 2019 yaitu 851.222 unit.

Lantas seperti apakah keinginan masyarakat dalam membeli aset properti dan kendaraan di Triwulan IV 2020? Berikut ulasan dari survei tersebut.

Bicara soal keinginan membeli aset properti untuk penggunaan pribadi, maka sebagian responden masih memilih rumah. Namun keinginan membeli rumah bagi para responden hanya sebesar 46,9% saja.

Adapun, aset properti lain yang diinginkan setelah rumah adalah tanah, disusul apartemen. Kendaraan yaitu mobil dan motor menduduki posisi paling buncit di antara aset-aset fisik lainnya. 

Di masa pandemi, perempuan lebih tertarik beli mobil, laki-laki pilih motor

Terkait aset properti seperti rumah, tanah, maupun apartemen, laki-laki masih cukup mendominasi dari segi keinginan. Namun tidak demikian dalam hal kepemilikan kendaraan.

Responden perempuan terlihat lebih tertarik membeli mobil. Hal itu tertera dari hasil survei yang menunjukkan bahwa keinginan responden perempuan membeli mobil mencapai 31,1% sementara itu pria hanyalah 29,8%.

Namun untuk motor, keinginan dari responden pria mencapai 27,4%, sementara itu perempuan hanya 24,6%.

Responden berpenghasilan lebih dari Rp 20 juta, kurang tertarik beli rumah, tanah, dan apartemen

Ketertarikan dalam membeli aset properti maupun kendaraan bermotor ternyata didominasi oleh responden berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan, dan yang berpenghasilan Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Lantas seperti apa minat responden berpenghasilan di atas Rp 20 juta?

Dengan penghasilan di atas Rp 20 juta, secara tidak langsung responden memiliki daya beli yang jauh lebih tinggi daripada yang lain.

Di masa pandemi ini, responden dengan tingkat penghasilan di atas Rp 20 juta kurang tertarik dalam membeli rumah, apartemen, maupun tanah. Meski demikian, keinginan mereka untuk memiliki properti masih jauh lebih besar ketimbang responden berpenghasilan Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. 

Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek era Pandemi COVID-19

Survei dilakukan dengan metode random sampling terhadap 400 responden yang merupakan warga domisili Jabodetabek. Survei berlangsung pada awal Triwulan IV 2020 yaitu, 6 Oktober hingga 18 November 2020.

Perbandingan jumlah responden dalam survei ini adalah, pria 47,4% dan wanita 52,6%

Responden dikategorikan pula dalam kategori penghasilan. Sebanyak 13% responden memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan, 40,4% berpenghasilan Rp 5 hingga 10 juta, 29,3% berpenghasilan Rp 10 hingga Rp 20 juta per bulan, dan 17,3% dengan penghasilan Rp 20 juta ke atas per bulan.

Catatan penulis: Riset dan survei ini dibuat oleh Aulia Akbar CFP®, Financial Educator dan Periset Lifepal.  Riset dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis lifepal.co.id.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi

Selasa, 19 Januari 2021 - 23:03 WIB

Shure Menyediakan Ekosistem Audio Konferensi Lengkap

Masa pandemi COVID-19 mendorong penetapan standar baru pada komunitas bisnis dan profesional untuk menerapkan protokol kesehatan yang membatasi kontak fisik. Adaptasi atas prinsip new normal…

Ustaz Fadlan Rabbani Garamatan, Pimpinan Ponpes AFKN Nuuwar

Selasa, 19 Januari 2021 - 21:50 WIB

Terapi Woukouf Tingkatkan Imun Hadapi Corona

Masa pandemi Covid-19 yang belum menunjukan tanda-tanda kapan berakhir mendorong masyarakat berupaya meningkatkan imunitas. Salah satu cara yang diyakini dapat meningkatkan imunitas adalah dengan…

MenParekraf Sandiaga Uno bersama MenkopUKM Teten Masduki

Selasa, 19 Januari 2021 - 20:05 WIB

Tinggalkan Ego Sektoral, MenParekraf Sandiaga Uno Ajak MenkopUKM Teten Kembangkan Lima Destinasi Super Prioritas

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen untuk konsisten mengembangkan potensi di lima Destinasi Super Prioritas antara lain, Labuan Bajo (NTT),…

Undian Depo Bangunan

Selasa, 19 Januari 2021 - 19:54 WIB

Apresiasi Pelanggan, Depo Bangunan Laksanakan Undian Berhadiah Rp 10 Miliar

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelangganya supermarket bahan bangunan, Depo Bangunan menyelenggarakan undian berhadiah Rp 10 Miliar untuk periode 1 tahun di 2020 yang dimulai dari 1 februari…

Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato

Selasa, 19 Januari 2021 - 19:52 WIB

Tak Hanya Cantik, Bos Herbalife Nutrition Membagi Tips Bagaimana Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat Meski Sering Menggunakan Masker

Jakarta–Penggunaan masker wajah di saat pandemi telah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Masker menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan saat melakukan kegiatan baik…