Staycation dan Roadtrip Menjadi Tren Favorit Traveloka EPIC SALE 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 November 2020 - 15:00 WIB

Kawasan Wisata Labuan Bajo
Kawasan Wisata Labuan Bajo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam peran aktifnya mendorong pemulihan sektor pariwisata Indonesia, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara Traveloka berhasil mencatat beberapa pencapaian dari program promosi Traveloka EPIC SALE yang diadakan pada hari Kamis, 5 November 2020 hingga Rabu, 11 November 2020 lalu. 

Berbagai kota tujuan populer staycation dan roadtrip seperti Jakarta, Puncak, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya masih memiliki animo tinggi. Adanya animo tinggi terhadap destinasi domestik yang mengedepankan keindahan alam juga tercermin dari kenaikan permintaan yang tinggi untuk Bali, Labuan Bajo, Lombok, dan Banyuwangi.

Selain itu, destinasi lokal populer lainnya juga terlihat dari minat para pengguna terhadap tempat wisata, hiburan, hingga kesehatan dan kecantikan dari Traveloka Xperience seperti Jakarta, Surabaya, Bogor dan wilayah Jawa Barat lainnya. Sedangkan minat pengguna Traveloka Eats juga terlihat meningkat di tiga kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Serta produk transportasi tercatat bahwa minat pengguna meningkat di kota besar Indonesia lainnya seperti Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Dengan menawarkan potongan harga fantastis hingga 80%, program promosi ini diikuti oleh hampir seluruh produk Traveloka yang sukses meningkatkan minat masyarakat berkat beragam penawaran spesial.

Selama periode Traveloka EPIC SALE 2020 berlangsung, Bali merupakan destinasi dengan pertumbuhan permintaan paling tinggi untuk produk hotel, sebanyak 42x dibandingkan periode pandemi. Menggandeng 992 mitra di wilayah Bali dan sekitarnya, Traveloka telah berupaya untuk mendorong kemajuan pariwisata Bali dengan membantu lebih dari 4500 pekerja industri pariwisata Bali dan sekitarnya melalui program EPIC SALE.


Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (17/11/2020)  mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi program promosi pariwisata #DiIndonesiaAja dengan inovasi berbasis teknologi yang dijalankan Traveloka melalui EPIC SALE dan kanal live stream. Merujuk pada perubahan tren perjalanan yg  protokol-protokol kesehatan menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan perjalanan, Kemenparekraf/ Baparekraf juga mengusung kampanye InDOnesia CARE/ I DO CARE yang bertujuan untuk memastikan seluruh industri pariwisata telah melaksanakan protokol-protokol kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan lestari (CHSE) di seluruh alur perjalanan wisatawan di destinasi. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk kembali berwisata dengan tetap menerapkan protokol-protokol CHSE. Gerakan ini diharapkan dapat kembali meningkatkan pemulihan perekonomian nasional melalui konsumsi sektor pariwisata.”

Mendapatkan sambutan positif dan antusiasme yang luar biasa dari para pengguna, Traveloka EPIC SALE kali ini berhasil mencapai kesuksesan yang lebih fantastis dari EPIC SALE sebelumnya di bulan Oktober tahun lalu. Hal ini terlihat dari meningkatnya traffic pengguna di platform Traveloka yang sangat fantastis hingga mencapai 5,8 juta kunjungan, yakni tercatat 2.5 kali lipat dibandingkan traffic selama periode pandemi. Tak hanya itu, pencapaian lainnya terlihat dari rekor transaksi meningkat hingga 13 kali lipat transaksi untuk unit bisnis Akomodasi.

 

Selain memberikan penawaran menarik melalui aplikasi Traveloka, EPIC SALE juga akan dilaksanakan melalui kanal live streaming yang dapat diakses melalui akun resmi media sosial Traveloka serta aplikasi versi 3.20 ke atas. Dilakukan 2 kali di setiap harinya sepanjang periode program, live streaming bertajuk Traveloka EPIC LIVEstyle berhasil meraih 3.8 juta penonton, dari yang sebelumnya kami targetkan bisa mencapai lebih dari 1 juta penonton dan tercatat 2.5 kali lipat lebih besar dibandingkan live streaming biasanya sepanjang bulan Mei hingga Oktober 2020.

Shirley Lesmana, VP Marketing Accommodation Traveloka, mengatakan, “Tingginya peningkatan traffic maupun transaksi para pengguna pada saat periode Traveloka EPIC SALE ini memperlihatkan bahwa program promosi ini dapat menjadi angin segar bagi para pengguna yang membutuhkan dan menginginkan liburan, sembari memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi pariwisata Indonesia. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Traveloka terus mendukung upaya pemerintah dalam membangkitkan dan menggerakkan kembali sektor pariwisata dan mengaktifkan operasi bisnis berbagai pelaku usaha pariwisata dengan tetap patuh terhadap protokol kesehatan berbasis CHSE karena kenyamanan mitra dan pengguna merupakan prioritas utama kami.”

Sejalan dengan komitmen Traveloka dalam berkontribusi pada akselerasi pemulihan ekonomi pariwisata, melalui program EPIC SALE, Traveloka telah menggandeng lebih dari 10.500 mitra dan berhasil membantu lebih dari 190 ribu pekerja industri pariwisata tanah air dalam menghadapi masa sulit saat ini. Kesuksesan program Traveloka EPIC SALE 2020 ini juga dapat menjadi bukti nyata pentingnya  faktor pemulihan kepercayaan wisatawan melalui penerapan protokol kesehatan oleh pelaku industri serta persiapan infrastruktur yang dilakukan oleh berbagai destinasi pariwisata. Hal ini tercermin dari kenaikan permintaan untuk berbagai destinasi di Indonesia, baik yang populer untuk tujuan staycation, roadtrip, maupun yang antar pulau.

“Kami optimis dengan adanya inovasi dan kolaborasi dengan pihak pemerintah dan para pelaku industri terkait yaitu para mitra kami merupakan kunci agar industri pariwisata dapat cepat pulih dari dampak pandemi COVID-19. Kami juga hendak berterima kasih kepada para mitra bisnis Traveloka yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk dapat saling bergandeng tangan dalam menghadapi masa sulit ini dengan berpartisipasi dalam program Traveloka EPIC SALE 2020,” tutup Shirley.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (foto Ist)

Minggu, 18 April 2021 - 10:15 WIB

Goks, Perlu Ditiru dan Dicontoh! Soal Isu Reshuffle, Erick Thohir: Saya Siap Diangkat dan Dicopot

Isu perombakan (Reshuffle) Kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) semakin menguat. Meski begitu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tidak terlalu cemas dengan hal…

Kain wastra nusantara

Minggu, 18 April 2021 - 10:02 WIB

Yuk Intip! Ini Dia Tiga Jenama Lokal Berbasis Wastra Nusantara yang Mendunia

Kain khas atau wastra nusantara memang begitu beragam dan menarik. Berbekal pola dan warna yang variatif, wastra nusantara bisa jadi pilihan bahkan andalan dalam berbagai suasana. Aneka busana…

Ilustrasi rendang

Minggu, 18 April 2021 - 09:31 WIB

Miliki Kelengkapan Sertifikat, KemenkopUKM Pacu Ekspor Rendang Payakumbuh ke Seluruh Belahan Dunia

Sumatera Barat khususnya Payakumbuh dengan ikonnya rendang, juga mampu menguasai pasar domestik setidaknya. Rendang ini bisa diterima dari Sabang sampai Merauke, berarti ada 270 juta pasar domestik…

Jejeran Unit Produksi Astra Daihatsu Motor di Fasilitas Logistik

Minggu, 18 April 2021 - 08:27 WIB

Permintaan Mobil Melonjak, Tak Nyangka, Daihatsu Lakukan Ini..

Jakarta-Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan…

Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif Berupa Refused Derived Fuel (Photo by BUMN)

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Ini Dia Terobosan Keren, Gerakan Sedekah Sampah Berbasis Masjid

Jakarta– Pendekatan keagamaan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola sampah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 47/2014 tentang pengelolaan…