Pengurus Dekopinwil Jakarta Dikukuhkan, Nurdin Halid Puji Langkah Cepat dan Taktis Ferry Juliantono

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 08 November 2020 - 22:55 WIB

Kiri-kanan: Ketua Penasehat Dekopinwil DKI Jakarta Agus Muharam, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Ketua Dekopinwil Jakarta Ferry Juliantono, Wakil Ketua Dekopinwil Jakarta, Syahnan Phalipi, dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Polda Metro Jaya KBP Albertus S. Sitorus.
Kiri-kanan: Ketua Penasehat Dekopinwil DKI Jakarta Agus Muharam, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Ketua Dekopinwil Jakarta Ferry Juliantono, Wakil Ketua Dekopinwil Jakarta, Syahnan Phalipi, dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Polda Metro Jaya KBP Albertus S. Sitorus.

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid memuji langkah cepat dan taktis  Ferry Juliantono selaku Ketua Dekopinwil DKI Jakarta. Selain efektif memerangi gangguan terhadap organisasi, Nurdin Halid melihat langkah-langkah progresif konstruktif Ferry Juliantono sebagai sinyal kuat dan positif dalam memajukan koperasi-koperasi di Ibu Kota.

Hal itu diungkapkan Nurdin Halid pada Acara Pengukuhan Pengurus dan Pembukaan Rapat Koordinasi Pimpinan Dekopinwil Provinsi DKI Jakarta, di Kantor Dekopinwil Provinsi DKI Jakarta Jl. Dharmawangsa Raya No. 18, Kebayoran Baru, Sabtu (7/11/2020). Acara pengukuhan dilakukan Nurdin Halid selaku Ketua Umum Dekopin periode 2020-2025 hasil Munas Dekopin pada 1114 November 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Dalam sambutannya, Nurdin Halid mengapresiasi Dekopinwil DKI Jakarta di bawah komando Pak Ferry Juliantono. Nurdin Halid menyebut beberapa langkah Ferry Juliantono yang patut diapresiasi, seperti DKI menggelar Muswil paling cepat dan sudah menggelar beberapa Musda. Gedung milik Dekopinwil DKI dalam waktu singkat sudah direnovasi dan dipercantik.

“Dan hari ini, DKI melakukan rakor, ini adalah rakor pertama di antara semua Dekopinwil. Ini artinya, saya tidak salah pilih ketika mengizinkan Pak Ferry untuk merangkap jabatan sebagai wakil ketua umum Dekopin sekaligus ketua Dekopinwil di Ibu Kota Negara. Pak Ferry ini sangat agresif dan dinamis, kaya gagasan serta bekerja taktis dan terukur,” ujar Nurdin Halid.

Gaya dan karakter Ferry Juliantono yang dinamis dan progresif tak lepas dari latar belakang politisi berdarah aktivis yang aktif memperjuangkan nasib buruh, petani, dan nelayan sejak awal tahun 2000. Dari belasan organisasi  maupun berbagai kegiatan pelatihan dan seminar tingkat nasional dan internasional yang diikutinya, umumnya terkait dengan ketiga kelompok masyarakat tersebut. Bahkan disertasi penyandang gelar Doktor Bidang

Sosiologi Universitas Indonesia (UI) ini terkait dengan nelayan, yaitu “Dinamika Relasi Agen-Struktur Dalam Reproduksi Kemiskinan Masyarakat Nelayan.”

Nurdin Halid juga menggarisbawahi kepemimpinan dan kewibawaan sosok Ferry Juliantono. Mantan ketua umum PSSI itu mengatakan bahwa kehadiran dan dukungan penuh Pemprov DKI Jakarta dalam Muswil dan Musda-Musda di DKI Jakarta adalah pengakuan terhadap sosok dan kepemimpinan Ferry Juliantono. Dalam Muswil Dekopinwil awal Oktober lalu, hadir wakil gubernur Achmad Reza Patria dan pejabat yang mewakili Kapolda dan Pangdam Jaya. 

Dalam struktur kepengurusan yang dilantik pun, tampak sejumlah tokoh dan mantan pejabat, baik sipil maupun militer. Salah satunya Agus Muharam, mantan sekretaris Menteri Koperasi dan UKM. “Itu juga berimplikasi pada kewibawaan organisasi Dekopinwil sekaligus kekuatan besar yang akan menopang gerak langkah Dekopinwil ke depan dalam menghidupkan dan membesarkan koperasi-koperasi di Ibu Kota,” ujar Nurdin Halid, Wakil Ketua Umum Partai Golkar. 

Nurdin Halid mengakui menaruh harapan besar pada segenap jajaran pengurus Dekopinwil DKI yang dipimpin Ferry Juliantono. Selain seorang aktivis dan sarat pengalaman mengurus ekonomi rakyat, Nurdin Halid juga melihat Ferry Juliantono yang  memiliki jaringan luas dan dukungan politik (ekonomi) yang kuat di tingkat nasional maupun daerah. 

Selain menjabat wakil ketua umum Dekopin dan ketua Dekopinwil DKI, Wakil ketua Umum Gerindra itu juga adalah Ketua Umum Induk Koperasi Pasar (Inkoppas) dan wakil ketua umum Partai Gerindra. “Di bawah pimpinan Pak Ferry, saya optimistis bahwa Koperasi-koperasi di DKI Jakarta akan mengalami lompatan besar di tahun-tahun mendatang,” kata Nurdin Halid.

 Kibarkan Bendera Koperasi di Jakarta

Pengurus Dekopinwil DKI Jakarta periode 2020-2025 berpose usai dikukuhkan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, di Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Di bagian akhir sambutannya, Nurdin Halid membakar semangat jajaran pengurus Dekopinwil DKI Jakarta. Gerakan Koperasi, kata Nurdin Halid, dituntut untuk terlibat aktif dalam mengatasi krisis bangsa akibat pandemi Covid-19. Disebutkan, Dekopin Pusat telah membentuk empat tim recovery kesehatan dan ekonomi Koperasi sejak Maret 2020.

“Harus ada keseimbangan antara kerja-kerja di bidang kesehatan dengan bidang ekonomi. Aktivitas ekonomi koperasi-koperasi harus tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Aktivitas adalah sebuah keharusan agar tercipta produktivitas. Tanpa produktivitas, bisa berakibat krisis kemanusiaan yang justru berdampak jauh lebih luas,” ujar Nurdin Halid. 

Salah satu kegiatan Dekopinwil yang nyata yang strategis di masa new normal ialah menjawab kebutuhan mendesak koperasi saat ini yaitu digitalisasi koperasi-koperasi di Jakarta. Nurdin Halid melihat sisi positif lain dari pandemi Covid-19 yaitu masyarakat Indonesia, termasuk komunitas Koperasi, dipaksa untuk masuk lebih jauh ke dalam arus dinamika industri 4.0.

Dekopin, kata Nurdin Halid, sudah menjalin kerjasama dengan PT Digikop sebagai penyedia platform digital khusus untuk komunitas koperasi. Program digitalisasi koperasi dicanangkan oleh Dekopin pada Hari Koperasi 12 Juli 2020 sebagai langkah nyata mewujutkan digitalisasi koperasi-koperasi di Tanah Air.

“Saya berharap, Dekopinwil DKI bekerjasama dengan PT Digikop menjadi mesin penggerak digitalisasi koperasi-koperasi di Jakarta. PT Digikop telah memiliki aplikasi digital untuk kelembagaan maupun bisnis Koperasi seperti database anggota, marketplace, transaksi bisnis, laporan kinerja dan keuangan koperasi. Ini tuntutan kebutuhan di era industri 4.0,” tegas Nurdin Halid.

“Saya meminta segenap Pengurus untuk kibarkan panji kebesaran koperasi di Ibu Kota melalui program dan kegiatan-kegiatan nyata bagi masyarakat kelas bawah yang rentan terhadap dampak buruk Covid-19. Dengan menjalin kerjasama yang kuat dengan segenap stakeholders, terutama Pemerintah DKI, para pengurus baru harus memiliki tekad kuat untuk jadikan koperasi sebagai penggerak utama ekonomi masyarakat di Ibu Kota,” tandas Nurdin.

Dalam menjalankan tugas dan tanggunjawab, Nurdin Halid mengingatkan para pengurus Dekopinwil tentang tiga fungsi dan peran utama Dekopin sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 1992. Pertama, memperjuangkan nilai, cita, dan prinsip-prinsip Koperasi. Kedua, menyuarakan kepentingan koperasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Ketiga, menjadi mitra strategis Pemerintah dalam mewujutkan tatanan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Pada tataran implementasi, Nurdin menjelaskan tiga cakupan tugas dan tanggungjawab Dekopin-Dekopinwil-Dekopinda sebagai wadah tunggal

Gerakan Koperasi Indonesia, yaitu di bidang edukasi, advokasi, dan fasilitasi. Dalam bidang edukasi terkait nilai-nilai, prinsip, dan cara kerja Koperasi seperti keadilan, kesetaraan, transparansi, solidaritas, dan Kerjasama. Organisasi Koperasi Internasional (ICA) menyebut jatidiri koperasi tersebut sebagai ‘identitas koperasi’ (cooperative identity). 

“Itu perintah UU Nomor 25 Tahun 1992. Selain pendidikan koperasi melalui Lapenkop (Lembaga Pendidikan Koperasi), kita memerangi koperasi bodong untuk menjaga kemurnian jatidiri koperasi. Kita membela kepentingan koperasi-koperasi kita, termasuk dalam pembuatan regulasi dan kebijakan pemerintah. Untuk itu, Dekopin punya Badan Pelayanan Konsultasi Hukum (BPKH). Kita juga memfasilitasi usaha-usaha koperasi. Untuk itu, kita memiliki JUK (Jaringan Usaha Koperasi),” Nurdin Halid memaparkan. 

Forum Bisnis Koperasi

Dalam sambutannya, Ferry Juliantono menyoroti asas kekeluargaan dan gotong-royong koperasi. Menurut Ferry, asas kekeluargaan dan semangat kebersamaan itu terasa memudar dalam masyarakat kita, khususnya di kotakota besar seperti Jakarta. Padahal, tegas Ferry, hakikat koperasi adalah  kumpulan orang, bukan kumpulan modal. 

Karena itu, Ferry dan jajaran pengurus yang akan dipimpinnya akan fokus pada upaya-upaya menyatukan gerakan koperasi di wilayah DKI Jakarta. Sebab, lanjut Ferry, semangat kekeluargaan dan kerjasama adalah modal dasar sekaligus kekuatan utama koperasi.

“Fokus kami ke depan ialah melakukan konsolidasi Gerakan Koperasi di DKI Jakarta. Kami ingin perkuat lagi semangat kerjasama antara koperasi-koperasi di wilayah DKI Jakarta,” ujar Ferry.

Ferry menyebut, salah satu cara untuk memupuk semangat kekeluargaan dan kerjasama itu ialah dengan menggelar Forum Bisnis Koperasi Jakarta untuk menelorkan gagasan dan kegiatan-kegiatan produktif.  

“Kami akan menggelar secara rutin Forum Bisnis Koperasi Jakarta. Melalui forum bisnis itu, muncul berbagai gagasan dan model-model kerja sama antarkoperasi yang bisa dijalankan dalam kerja-kerja nyata,” ujar Ferry Juliantono.

Dalam semangat kerjasama berdasarkan asas kegotong-royongan itu pula, Ferry mempersilahkan kegiatan-kegiatan Koperasi maupun Dekopinda untuk menggunakan Gedung milik Dekopinwil DKI Jakarta. 

“Gedung ini merupakan asset Gerakan Koperasi DKI Jakarta. Dalam dua bulan ini, kami sudah rapihkan. Sebagai aset gerakan, kami persilahkan Dekopinda dan koperasi-koperasi di Jakarta untuk memanfaatkannya. Gedung ini juga terbuka untuk dimanfaatkan Dekopin Pusat jika ada Kegiatan,” ujar Ferry.

Ferry Juliantono terpilih secara aklamasi dalam Muswil Dekopinwil DKI Jakarta pada awal September 2020. Ferry menjelaskan, struktur dan personil kepengurusan Dekopinwil periode 2020 – 2025 adalah kombinasi pengurus lama yang berpengalaman dan pengurus baru yang masih fresh. Ferry  meyakini, pengurus yang baru mampu mewujutkan harapan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid maupun Pemprov DKI Jakarta, yaitu koperasi menjadi mesin penggerak ekonomi masyarakat di Jakarta. Dalam hal ini, mengorganisir dan menggerakkan UMKM-UMKM dalam wadah koperasi. 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.