Isu Reshuffle Kabinet, Pengusaha Mardani H. Maming Layak Jadi Menteri

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 November 2020 - 08:00 WIB

Ketua Hipmi Mardani H.Maming
Ketua Hipmi Mardani H.Maming

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ancaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan perombakan kabinet atau reshuffle direspon positif oleh pengamat politik. Dinilai, butuh perbaikan kerja kabinet untuk mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Pengamat Politik Rico Marbun mengatakan, dalam kondisi yang berat, Presiden Jokowi perlu didukung tim yang tangguh. Namun, menurutnya, Presiden Jokowi kurang terbantu oleh kabinet saat ini.

"Sepertinya memang terlihat jelas sekali Pak Jokowi kurang puas dengan kerja pembantu dan menterinya. Rasanya dalam tahap ini beliau kecewa ke hampir sebagian besar jajarannya," ujar Rico kepada awak media, Rabu (4/11/2020).

Di tengah lemahnya support menteri, muncul isu reshuffle kabinet. Yang jelas, Presiden Jokowi memerlukan menteri yang profesional dan mampu mengikuti ritme kerja Presiden. Bukan bagi-bagi kursi politik.

"Mungkin saja Presiden merasa bahwa formasi kabinet saat ini bukanlah formasi krisis. Jadi perlu diganti, meski di saat yang sama bisa saja beliau menghadapi dilema dividen politik partai koalisi. Itu mungkin menambah tekanan hebat Presiden," ucapnya.

Terkait reshuffle kabinet, Direktur Eksekutif Lembaga Media Survei Nasional (Median) itu melihat bahwa ada sosok pengusaha nasional yang memang lebih cocok masuk ke dalam kabinet sekarang ini. Menurut Rico, hal tersebut bagus asal dijelaskan bahwa orang yang bersangkutan cocok dan di situasi perekonomian yang tidak menentu seperti ini, orang-orang dengan background kewirausahaan bisa membawa ke arah yang lebih baik.

"Saya pikir kalau misalnya memang Presiden melihat bahwa ada menteri-menteri dengan latar belakang pengusaha yang lebih cocok masuk ke dalam kabinet sekarang ini bagus, asal dijelaskan bahwa orang yang bersangkutan cocok, harapannya seperti itu. Tapi, kita punya banyak contoh pengusaha-pengusaha yang cukup berhasil di Indonesia yang mungkin bisa kalau memang reshuffle itu ada, bisa menggantikan beberapa menteri yang ada di dalamnya," ungkapnya.

Rico menyebut, pengusaha yang masuk salah satunya yaitu CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) karena dinilai mempunyai kompetensi. Di sisi lain, Hary Tanoesoedibjo disebutkan memimpin partai dan mempunyai jaringan media yang cukup besar, dua keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh beberapa menteri yang lain.

"Untuk posisinya (menteri) tidak tahu, tapi yang jelas orang seperti beliau memimpin partai dan mempunyai jaringan media yang cukup besar apalagi saya pikir Pak HT ini mempunyai dua keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh beberapa menteri yang lain. Saya ambil contoh seperti ini, Pak Presiden akhir-akhir ini sering mengeluhkan komunikasi yang sangat buruk sekali, Undang-Undang (UU) Cipta Kerja contohnya, harusnya yang menjadi garda terdepan itu menteri-menteri yang terkait seperti Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, dan menteri di bidang ekonomi lainnya, tapi itu tidak terlihat pada penjelasan yang cukup memadai, termasuk vaksin Covid-19. Sepertinya Presiden harus mengambil semua tugas ini sendirian," tuturnya.

Menurutnya, posisi menteri tidak bisa tergantikan oleh juru bicara (jubir) karena sering kali pemahaman jubir terhadap teknis situasinya tidak sedalam menteri-menteri terkait. Public figure seperti Hary Tanoesoedibjo yang memiliki pengalaman sebagai pengusaha dan di sisi lain berpengalaman juga sebagai pengusaha yang bergerak di bidang komunikasi, serta memiliki jaringan yang cukup luas.

"Saya pikir kegelisahan Pak Jokowi yang mengatakan bahwa komunikasi dari menteri-menteri itu buruk sekali tentang beberapa kebijakan, mungkin bisa tertangani, itu yang saya pikir sampai sekarang ini belum bisa tergantikan. Tapi kalau misalnya beliau dapat posisi yang sesuai dengan kapasitas sebagai pengusaha, mungkin-mungkin saja dan saya pikir perlu juga dipertimbangkan. Menurut saya kalau untuk posisi menteri cocok beliau," pungkasnya.

Selain Hary Tanoesoedibjo, Rico juga menyebut pengusaha yang masuk karena dinilai mempunyai kompetensi adalah Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming. Ia menilai, pemuda-pemuda milenial yang mempunyai kualifikasi sama, bagus juga jika diajak ke dalam kabinet sekarang.

"Cocok. Artinya, bagus-bagus saja kalau memang Presiden melihat ada kompetensi di sosok pengusaha muda. Jadi, usia tidak menjadi persyaratan utama bahwa yang menjadi menteri itu harus usia di atas 40 tahun, itu tidak fair apalagi situasi seperti sekarang, tapi kalau memang ada milenial yang punya kualifikasi lebih dari sekedar menjadi jubir, itu bagus sekali kalau bisa diajak masuk ke dalam kabinet," jelasnya.

Di sisi lain, Rico menambahkan, Mardani H. Maming disebutkan pernah menjadi kepala daerah atau Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan selama dua periode, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan juga Ketua PDIP Kalimantan Selatan. Artinya, Mardani H. Maming mempunyai pengalaman eksekutif, pernah berpengalaman menangani birokrasi, menangani ekonomi, dan menangani masalah sosial. Semuanya ditangani di daerah tersebut.

"Artinya, wajar-wajar saja kalau dia diajak masuk menjadi menteri karena dia bukan sekedar milenial dari sisi nama, tapi milenial berisi. Yang penting kalau dia memang punya kompetensi dan tidak harus terkenal, kalau yang dipantau oleh lembaga survei itu kan yang terkenal. Kadang-kadang tidak perlu yang terkenal-terkenal, kalau menjadi menteri yang perlu kompetensinya bukan keterkenalannya. Milenial yang pantas masuk," imbuhnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…