Gus Halim Bakal Bangun 752 Homestay di Sekitar Sirkuit Mandalika, Anggarannya Bikin Geleng-geleng

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 November 2020 - 08:01 WIB

Ilustrasi Sirkuit Mandalika
Ilustrasi Sirkuit Mandalika

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia telah masuk kalender MotoGP 2021 yang bakal digelar di kawasan Mandalika, NTB. Menyambut gelaran balap motor bergengsi di dunia itu, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, mendorong pembangunan 752 homestay di desa-desa sekitar lokasi sirkuit.

Hal itu disampaikan Abdul Halim Iskandar saat mengikuti Rapat Koordinasi membahas Persiapan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2021 yang dipimpin Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Panjaitan, secara virtual, (3/11/2020).

Mendes PDTT menyatakan, pihaknya diminta mengembangkan 787 desa di 4 kabupaten sekitar lokasi MotoGP dengan anggaran Rp 9,4 miliar.

Dengan anggaran tersebut, Gus Halim (sapaan Abdul Halim Iskandar) mengalokasikannya untuk pembangunan homestay di 4 kecamatan sekitar kawasan Mandalika yaitu 3 kecamatan di Lombok Tengah yakni Kecamatan Pujut, Kecamatan Praya Barat, dan Praya Timur serta 1 kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yakni Kecamatan Jero Waru.

Ia menuturkan, pembangunan homestay turut menyertakan dana desa sekitar Rp 20,7 miliar. Sehingga total dana yang terkumpul untuk membangun homestay sekitar Rp 31 miliar, terdiri dari anggaran Kemendes PDTT senilai Rp 9,4 miliar yang dihibahkan ke BUMDes setempat dan anggaran dana desa sekitar Rp 20,7 miliar.

"Sehingga akan terkumpul dana Rp 31 miliar untuk 51 desa. Jika diasumsikan pembangunan Rp 40 juta, terbangun 752 homestay," ucap Gus Halim dalam keterangannya, Selasa (3/11).

Untuk mewujudkan langkah tersebut, Gus Halim akan menerjunkan tim khusus ke kawasan Mandalika pada November ini. Selanjutnya hingga Januari 2021, tim mengidentifikasi potensi dan masalah di lapangan.

"Februari 2021 bakal dimulai proses pembangunan homestay dan diperkirakan selesai Juni 2021. Selanjutnya langsung digelar promosi di Official Website MGPA," ucapnya.

Selain itu, kata Gus Halim, pihaknya bakal menggencarkan digitalisasi promosi dan pemasaran kultur maupun keindahan desa di sekitar kawasan pariwisata Mandalika.

"Kemendes PDTT juga bakal mendorong pemasaran produk unggulan desa melalui BUMDes untuk masuk ke even MotoGP, hotel, dan tempat wisata," tutup Gus Halim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…